Senin, September 26, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Hapus Clipboard Android, iPhone, dan PC, Privasi Aman

Cara Hapus Clipboard Android, iPhone, dan PC, Privasi Aman

Cara hapus clipboard Android, iPhone, dan PC cukup sederhana. Dengan tujuan untuk menjaga privasi di Android, iPhone, maupun PC, cara hapus clipboard penting untuk Anda praktikan. Anda bisa ikuti tutorial HP Android, iPhone, maupun PC di bawah ini.

Baca Juga: Cara Hapus Akun Bigo di Android Secara Permanen dan Termudah

Tutorial Cara Hapus Clipboard Android, iPhone, dan PC

Clipboard seringkali pengguna manfaatkan untuk memudahkan copy paste. Apabila clipboard ini menyimpan data penting, tentu akan terasa was-was apabila ponsel dipinjam oleh orang lain. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghapusnya segera mungkin.

Mengenai cara menghapusnya terbilang mudah. Anda bisa menerapkannya sesuai dengan perangkat yang digunakan. Apakah Anda menggunakan perangkat Android, iPhone, ataupun PC.

Tak hanya mudah, langkahnya juga praktis karena Anda tidak perlu mendownload aplikasi tambahan. Karena tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, maka ruang penyimpanan di perangkat Anda juga tak perlu akan berkurang. Maka dari itu, tak ada salahnya Anda mengetahui dan mempraktikkan tutorialnya.

Baca Juga: Cara Hapus Akun Tinder Android yang Benar dan Mudah, Ini Langkahnya!

Via HP Android

Salah satu perangkat yang memudahkan Anda dalam menghapus clipboard yaitu HP Android. Tentu Anda sering menyalin informasi melalui clipboard di HP Android bukan? Supaya tidak disalahgunakan oleh orang lain, bisa ikuti cara hapus clipboard Android di bawah ini.

  1. Anda bisa membuka aplikasi yang di dalamnya mendukung pilihan salin konten. Misalnya saja aplikasi chatting.
  2. Tekanlah lama pada spasi di teks.
  3. Tunggu dan klik opsi papan klip.
  4. Klik opsi tiga titik yang ada di pojok kanan.
  5. Pilih Delete agar semua konten clipboard terhapus.
  6. Klik Hapus untuk menghapus konten clipboard yang tak terpilih secara otomatis. Hal ini bisa Anda lakukan ketika ada pop-up yang muncul di layar.

Via iPhone

Selain di HP Android, menu clipboard juga bisa Anda temukan saat menggunakan iPhone. Mengenai bagaimana cara hapus clipboard di iPhone, sebenarnya tak kalah mudah dari tutorial Android sebelumnya. Cek saja langkahnya berikut ini.

  1. Bukalah aplikasi Catatan yang ada di iPhone.
  2. Pilih Catatan Baru.
  3. Ketuk sekaligus tahan pada ruang yang kosong.
  4. Pilih Tempel. Nantinya akan terlihat semua konten clipboard yang sebelumnya Anda salin.
  5. Untuk menghapusnya, Anda bisa mengetik kata-kata secara acak sesuai keinginan. Contohnya mengetik qwe.
  6. Pilih kata qwe sampai muncul menu.
  7. Klik Cut atau Copy.
  8. Nantinya data penting yang sebelumnya tersimpan pada clipboard telah diganti dengan kata qwe.
  9. Untuk memastikannya, Anda bisa klik Tempel pada ruang kosong. Pasti kata qwe yang akan muncul di layar.

Cara di atas sangat sesuai bagi Anda yang ingin menghilangkan data penting di clipboard. Dengan menggantinya menggunakan kata acak atau bebas, maka data penting tersebut tak akan bocor ke orang lain.

Via Microsoft

Hapus clipboard di PC juga bisa dilakukan tanpa ribet seperti halnya cara hapus di Android. Nah, khusus untuk Anda yang menggunakan Microsoft, cara menghapusnya bisa melalui langkah di bawah ini.

  1. Klik Beranda.
  2. Pilih peluncur kotak dialog saat berada di grup Clipboard.
  3. Nantinya Anda bisa melihat semua konten klip yang ada di clipboard ketika panel tugas muncul di bagian kiri lembar bentang.
  4. Cermati daftar clipboard.
  5. Pilih tombol Hapus Semua.
  6. Sementara jika Anda hanya ingin menghapus klip individu, bisa mengarahkan mouse ke samping klip. Kemudian klik panah yang ada di sisi kanan. Baru setelah itu, klik Hapus.

Dengan mengikuti cara di atas, memang ada 2 metode hapus clipboard. Anda pilih saja salah satu metodenya sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Cara Hapus Smartphonelogs di HP Android, Sangat Mudah!

Via Mac

Lain halnya untuk Anda yang menggunakan Mac, cara menghapus clipboard bisa mengikuti langkah mudah berikut. Sama halnya cara hapus clipboard Android, Anda perlu memperhatikan setiap langkahnya dengan seksama.

  1. Pilih folder Aplikasi dari pilihan menu yang ada di sisi kiri.
  2. Pilih Utilitas.
  3. Klik Terminal.
  4. Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu mengetikkan teks pbcopy.
  5. Pilih Enter yang ada di keyboard PC Anda.

Cara hapus clipboard Android, iPhone, dan PC bisa Anda praktikkan sekarang juga. Dengan mengikuti tutorial di atas, maka Anda tak perlu khawatir lagi saat ponsel dipinjam oleh orang lain. Privasi maupun data penting Anda bisa terjaga dengan baik. (R10/HR-Online)