Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Import Lagu ke Spotify Android, Ikuti Tutorial Mudah Ini!

Cara Import Lagu ke Spotify Android, Ikuti Tutorial Mudah Ini!

Cara import lagu ke Spotify Android ada beragam. Hal yang pasti, import lagu ke Spotify di Android membutuhkan cara cukup mudah. Saking mudahnya, pemula pun tak perlu ragu untuk mengikuti tutorial HP Android ini.

Baca Juga: Cara Melihat Data Game di Android Mudah Tanpa Menyita Waktu

Tutorial Cara Import Lagu ke Spotify Android

Perlu untuk Anda ketahui, saat ini ramai beredar kabar yang menyebutkan Spotify tengah merencanakan peluncuran fitur import musik bagi pengguna Android.

Bahkan fitur ini sudah masuk dalam tahap pengujian. Beredarnya kabar tersebut membuat pengguna sangat antusias menantikan rilisnya fitur terbaru ini.

Menyadari akan pengujian fitur tersebut, membuktikan bahwa Spotify memang benar-benar mengakomodasi keperluan pemutaran audio serba bisa.

Pengguna Spotify bisa melakukan streaming album terbaru mendengarkan radio online, mengoleksi penyimpanan lokal, hingga podcast. Bagi Anda yang hobi mendengarkan musik, tentu sayang apabila melewatkan fitur ini.

Namun tahukah Anda bahwa import lagu ke Spotify Android tidak hanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan pengujian fitur tersebut.

Namun masih ada banyak cara lainnya yang bisa Anda gunakan. Mau tahu apa saja cara tersebut? Bisa cek ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Cara Membuat VPS Sendiri di Android, Simak Langkah Mudahnya!

Melalui Aplikasi Spotify di Android

Bagi Anda yang ingin mempraktikkan cara yang satu ini bisa download dan install aplikasi Spotify terlebih dahulu di Google Play Store. Kemudian buka aplikasinya.

Jika sudah, Anda tinggal mengikuti langkah berikut.

  1. Langkah pertama, Anda bisa klik ikon roda gigi yang ada di sudut kanan atas. Hal ini untuk memudahkan Anda masuk ke Setting panel.
  2. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan opsi Show Local Audio File. Anda tinggal mengaktifkan opsi tersebut.
  3. Ketuklah menu Your Library.
  4. Pilih Local Files.
  5. Nantinya Anda bisa menemukan semua file audio dalam format MP3, MP4, ataupun M4P di HP. Anda hanya perlu membuat daftar putar dengan ketuk 3 titik. Kemudian klik Add to Playlist.

Melalui TuneCore

Cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk import lagu ke Spotify di Android yaitu memanfaatkan TuneCore.

Langkahnya pun tak kalah mudah dari cara di atas. Bagaimana caranya? Cek langkah berikut.

  1. Anda bisa mulai dengan mendaftar akun TuneCore terlebih dahulu. Akun ini nantinya bermanfaat untuk memasukkan musik ke Spotify.
  2. Setelah akun Anda miliki, bisa langsung memilih jenis musik yang ingin dirilis di Spotify. Apakah itu album atau single.
  3. Anda tinggal mengunggah musik lengkap dengan gambar sampul di Spotify.
  4. Berikutnya Anda bisa menambahkan kontributor musik. Dengan begitu, mereka yang berjasa bisa memperoleh kredit ketika musik tersebut dimainkan.
  5. Masukkan musik setelah mendapat persetujuan dari TuneCore.
  6. Cek laporan penjualan dan streaming yang Anda miliki.

Pada dasarnya, cara di atas memungkinkan Anda untuk menerima 100% pendapatan tanpa ada potongan. Dengan demikian, Anda bisa merasa lebih beruntung. Menariknya lagi, TuneCore tidak berhenti pada Spotify sehingga kian menguntungkan.

Baca Juga: Cara Update GPU Android, Optimalkan Kualitas Grafis

Melalui Distributor Musik

Distributor musik bisa jadi solusi terbaik untuk memasukkan lagu ke Spotify. Saat Anda ingin import musik ke Spotify di HP Android melalui cara ini, bisa ikuti langkah berikut.

  1. Awali dengan mendaftarkan diri melalui distributor musik. Dalam distributor musik ini, ada beberapa layanan yang bisa dipilih. Beberapa di antaranya yaitu DistroKid, LANDR, AWAL, RouteNote, dan CD Baby.
  2. Langkah selanjutnya, Anda bisa mengunggah lagu ke dalam distributor musik tersebut.
  3. Kemudian beri metadata yang tepat pada distributor musik.
  4. Beri gambar cover pada distributor musik.
  5. Apabila semua ketentuan dan informasi sudah Anda masukkan secara lengkap, maka akan berlanjut ke tahapan persetujuan.
  6. Jika sudah mendapatkan persetujuan, maka musik Anda akan masuk ke Spotify.

Hanya dengan mengikuti langkah di atas, Anda sudah bisa import lagu ke Spotify. Namun perlu Anda pahami bahwa musik demo perlu memberikan foto musisi lengkap dengan namanya ataupun menyertakan logo.

Sementara untuk soal import musik ke Spotify pada umumnya membutuhkan waktu 5 hari kerja.

Cara import lagu ke Spotify Android di atas bisa Anda praktikkan sekarang juga. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa cara di atas sesuai keinginan. Namun agar langkah yang Anda lakukan berhasil, pastikan tidak melewatkan satu poin pun. (R10/HR-Online)