Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Kelelawar Terbang di Malam Hari yang Gelap, Sangat Unik!

Cara Kelelawar Terbang di Malam Hari yang Gelap, Sangat Unik!

Cara kelelawar terbang di malam hari yang gelap sangat unik. Kelelawar akan memiliki cara terbang khusus di malam hari. Bagaimana hewan nokturnal ini bisa tidak menabrak di tengah kegelapan malam?

Kelelawar merupakan hewan yang bergerak dengan cara terbang. Mereka memakan berbagai macam buah-buahan yang ada di pohon.

Satu hal yang menjadi ciri khas hewan ini adalah mereka hidup di malam hari. Artinya mereka akan aktif mencari makan ketika malam hari dan tertidur atau bersembunyi ketika siang datang.

Baca Juga: Habitat Rubah Merah si Hewan Cerdik, Ini Dia Ciri-cirinya!

Bagaimana Cara Kelelawar Terbang di Malam Hari?

Apakah kamu tahu tokoh superhero Batman? Ia adalah manusia kelelawar yang memiliki kostum berwarna hitam khas.

Tampilan dari batman memang cukup mirip dengan kelelawar asli. Kelelawar jarang terlihat keberadaannya karena memang hanya aktif di malam hari.

Terdapat hampir 1.000 jenis kelelawar yang tersebar di seluruh dunia. Kebanyakan dari mereka memakan serangga, buah, biji-bijian, dan bahkan serbuk sari dari bunga.

Keunikannya adalah kelelawar mencari makan pada malam hari yang gelap gulita. Kelelawar bahkan dapat terbang dengan cepat tanpa tersesat atau menabrak objek di sekitarnya tanpa penerangan lampu. Bagaimana hal itu dapat terjadi?

Baca Juga: Hewan Paling Bau di Dunia yang Harus Dihindari Saat Bertemu!

Kemampuan Ekolokasi pada Kelelawar

Nyatanya kelelawar memiliki sistem unik tersendiri pada tubuhnya. Mereka memiliki sebuah sistem yang bernama ekolokasi.

Sistem ekolokasi ini sangat berguna untuk kelelawar yang terbang di dalam kegelapan malam dan menentukan lokasi mangsanya.

Kelelawar akan memancarkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi yang tinggi, gelombangnya bisa mencapai 20-100 Hz.

Kemudian suara kelelawar tersebut akan terpantul ke lingkungan. Setelah itu mengenai berbagai objek dan akan kembali sebagai gema.

Pola penerbangan kelelawar di siang hari akan lebih mudah. Mereka akan menggunakan penglihatan untuk menavigasi dan terbang di dalam garis lurus untuk mencapai tujuannya.

Namun cara kelelawar terbang di malam hari lebih rumit. Kelelawar akan naik dan turun di dalam lintasan terbang yang melengkung dengan gerasan besar untuk dapat mendorong tubuh mereka sendiri.

Baca Juga: Cara Laba-Laba Mengeluarkan Jaring dari Dalam Tubuhnya

Membantu dalam Berburu Mangsa

Kelelawar akan berburu makanan di malam hari. Selain cara terbangnya, kelelawar juga memiliki pola unik dalam berburu.

Mereka memiliki kemampuan untuk menyaring suara bising dari hujan, angin, dan juga salju yang mengganggu gema mereka. Pergerakan kelelawar di malam hari juga akan mengganggu sinyal gema.

Namun demikian, mereka berhasil menangkap mangsa yang menjadi target meski dalam kondisi cuaca buruk sekalipun.

Kelelawar akan menyaring kebisingan di sekitar mereka yang akan mengganggu suara gema dengan menggunakan penyaringan low-pass. Suara yang tidak berguna akan mereka hilangkan sehingga membuat lingkungan lebih “transparan”.

Sebagai hewan nokturnal yang berburu, cara kelelawar terbang di malam hari ini tentu sangat bermanfaat untuk mereka. Dengan organ istimewa lainnya, maka kelelawar dapat berburu di malam hari dengan lancar. (R10/HR-Online