Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Masuk DFU Mode iPhone X, Mudah dan Simpel! Ini Tipsnya!

Cara Masuk DFU Mode iPhone X, Mudah dan Simpel! Ini Tipsnya!

Cara masuk DFU Mode iPhone X memang berbeda daripada generasi sebelumnya. Ada beberapa jenis iPhone terutama model X yang bisa masuk DFU mode dengan cara lebih mudah. Sehingga tidak selamanya harus menggunakan tombol Home pada iPhone.

Apabila Anda sudah mencoba sekali namun belum berhasil juga masuk DFU Mode, maka Anda harus mengulanginya kembali. Itu artinya kemungkinan Anda membutuhkan beberapa kali untuk mencobanya. Supaya iPhone benar-benar masuk ke DFU Mode.

Baca Juga: Cara Membuat Shortcut di iPhone, Ini Langkah-Langkah Mudahnya!

Cara Masuk DFU Mode iPhone X yang Perlu Anda Ketahui

DFU Mode sendiri merupakan fitur yang ada pada iPhone yang berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah. Biasanya DFU Mode iPhone ini merupakan trik terakhir apabila Recovery Mode pada iPhone tidak berhasil alias gagal.

DFU sendiri merupakan kepanjangan dari Device Firmware Update dan memang jarang digunakan karena beberapa masalah pada iPhone. Pada intinya bahwa DFU Mode ini memungkinkan perangkat iPhone agar berkomunikasi dengan iTunes pada PC maupun Mac dan melakukan update firmware.

Sebelum lanjut ke cara masuk DFU Mode iPhone X, ada baiknya jika Anda sudah memiliki aplikasi iTunes terlebih dahulu.

Pada beberapa model iPhone terbaru tak terkecuali seri X ini, untuk masuk DFU mode memang berbeda daripada model-model sebelumnya yang masih memiliki tombol fisik Home.

Sehingga cara untuk melakukannya pun juga berbeda dari setiap jenis maupun tipe iPhone tersebut. Namun jika Anda adalah pengguna iPhone X, XS, dan XR maka bisa melakukan cara ini dengan mudah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Status Bar iPhone Hilang yang Mudah dan Praktis

Pengertian DFU Mode

Sebelum lanjut ke cara masuk DFU Mode iPhone X, ada baiknya lagi jika Anda mengetahui apa sebenarnya pengertiannya.

Seperti pembahasan awal, bahwa DFU Mode ini merupakan langkah terakhir apabila iPhone mengalami error maupun terjadi masalah pada Recovery Mode.

Pada intinya bahwa langkah yang satu ini akan membantu Anda untuk mengembalikan perangkat tersebut supaya kembali normal. Terlebih lagi jika iPhone Anda muncul logo maupun masalah lain, maka bisa langsung melakukan trik ini.

Sementara itu ketika masuk ke DFU Mode, maka perangkat iOS juga masih dapat terdeteksi pada aplikasi iTunes Mac maupun laptop.

Karena setiap jenis iPhone itu berbeda-beda, maka tutorial atau langkah-langkah yang harus Anda lakukan pun juga berbeda.

Namun untuk kali ini kita akan membahas untuk bisa masuk menggunakan iPhone model X, baik itu XS maupun XR sekalipun. Daripada Anda terus penasaran, maka bisa menyimak beberapa tips mudah berikut ini dengan seksama!

Cara untuk Masuk yang Mudah

Cara masuk DFU Mode iPhone X ini memang sedikit berbeda daripada jenis iPhone lain seperti iPhone 4, 5, 6, maupun 7 itu. Hal ini karena jenis iPhone X seperti ini memang tidak memiliki tombol Home seperti model-model pendahulunya.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui langkah-langkah ini. Pertama pastikan dulu bahwa Anda sudah install aplikasi iTunes versi terbaru ke laptop atau komputer. Selanjutnya hubungkan iPhone ke komputer tersebut.

Nah, dalam kondisi menyala, tekan saja tombol Volume Up lalu tekan lagi tombol Volume Down dan tekan & tahan tombol power sampai layar menjadi gelap. Tahan selama 10 detik, jika iPhone sudah mati segera tekan lagi tombol Vol Down kurang lebih selama 5 detik.

Jika sudah kemudian langsung lepas tombol Power, akan tetapi jangan lupa untuk menekan tombol Vol Down hingga muncul iTunes telah terdeteksi di laptop. Apabila dalam tahap ini sudah berhasil, maka Anda sudah masuk ke DFU Mode.

Baca Juga: Cara Scan Dokumen di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan, Mudah!

Bagaimana Cara Keluarnya?

Tak hanya tahu soal bagaimana cara masuk DFU Mode iPhone X saja, melainkan Anda juga harus tahu cara untuk keluarnya. Biasanya keluar dari mode pemulihan ini akan terjadi setelah iPhone dipulihkan secara otomatis.

Meski demikian, Anda juga tetap bisa keluar dari mode ini tanpa harus memulihkan dengan cara mengeluarkan reboot paksa. Caranya sangat mudah, pertama-tama putuskan saja sambungan iPhone dari komputer maupun laptop Anda.

Selanjutnya tekan dan lepas tombol volume naik, lalu tekan dan lepaskan juga tombol volume turun di iPhone Anda. Kemudian tekan dan tahan lagi tombol power pada iPhone dan tahan hingga Anda melihat logo Apple muncul di layar HP. Mudah bukan?

Sebenarnya keluar dari mode pemulihan ini akan langsung mengembalikan iPhone ke kondisi sebelumnya tadi. Apabila iPhone macet pada layar sambungkan ke iTunes, maka iPhone tidak bisa boot kembali ke layar beranda.

Semua mode iPhone memang juga bisa masuk ke mode pemulihan ini untuk memecahkan suatu masalah. Hanya saja langkah-langkahnya cukup berbeda tergantung dari modelnya.

Namun kali ini adalah tentang bagaimana cara masuk DFU Mode iPhone X. Memang mudah dan praktis untuk Anda coba. (R10/HR-Online)