Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Melepas Spion Motor yang Berkarat, Perhatikan Ini!

Cara Melepas Spion Motor yang Berkarat, Perhatikan Ini!

Cara melepas spion motor yang berkarat cukup sulit bagi yang tidak biasa melakukannya. Namun Anda dapat mencoba terlebih dahulu untuk melepas spion motor tersebut. Spion motor suatu saat dapat bermasalah atau macet, bahkan sulit untuk Anda lepaskan akibat karat yang menempel.

Biasanya motor yang seringkali terparkir tanpa atap, akan terkena hujan dan panas terus-menerus.

Lama-kelamaan akan memunculkan karat dan membuat Anda semakin sulit untuk membukanya. Munculnya karat ini memang menjadi masalah yang akan sangat mengganggu.

Apalagi jika Anda harus berurusan dengan baut-baut yang sudah melekat untuk waktu yang lama. Anda harus menghabiskan banyak waktu dan juga tenaga agar dapat melepas spion yang sangat keras ini.

Jika Anda hanya memiliki waktu yang terbatas, maka membutuhkan tips untuk melepas spion yang sudah terlalu keras tersebut.

Baca Juga: Cara Agar Spion Motor Tidak Getar dan Supaya Aman Selama Berkendara

Cara Melepas Spion Motor yang Berkarat dengan Mudah

Setiap sepeda motor yang berasal dari pabrikan pasti memiliki kaca spion. Namun setelah cukup lama penggunaannya, maka beberapa pemilik motor memilih menggantinya atas beberapa pertimbangan.

Seperti yang telah kita ketahui, spion memiliki fungsi sebagai instrumen penting yang akan menunjang keselamatan saat Anda berkendara.

Kemudian penggunaan spion yang benar ini dapat membantu Anda melihat dengan cepat. Anda dapat memantau kondisi belakang dan juga mengukur jarak dengan pengendara lainnya. Dengan begitu, Anda bisa memiliki inisiatif jika ternyata ada bahaya yang berasal dari arah belakang.

Bahkan penggunaan komponen motor yang satu ini juga memudahkan pengendara untuk mundur saat berada pada kawasan yang padat. Namun, saat kondisi spion motor terlihat berkarat, mungkin Anda berpikir untuk mengetahui cara melepas spion motor yang berkarat tersebut.  

Baca Juga: Spion Variasi Motor Menambah Kendaraan Semakin Terlihat Sporty

Penyebab Karat

Selama ini banyak pengguna motor hanya fokus pada area body dan mesin saat melakukan perawatan. Namun bagian-bagian kecil seperti spion justru seringkali terlupakan saat melakuan perawatan motor.

Padahal posisi spion sendiri tergolong rawan terlebih saat terkena air, baik dari air hujan maupun saat mencuci motor. Spion ini akan menjadi rawan berkarat pada area baut dan drat-nya.

Terlebih jika karet pelindung spion rusak, bahkan tidak terpasang. Padahal karet tersebut berguna untuk menahan air dan kotoran masuk ke area baut dan drat.

Batang spion umumnya terbuat dari besi sehingga jadi rawan karat. Jika sudah muncul karat spion berakibat macet dan sulit memutarnya.

Apapun penyebabnya, kini terdapat beberapa cara menjadi solusi agar tidak membuang waktu lebih banyak untuk melepaskan spion motor yang berkarat.

Panaskan Baut untuk Melonggarkannya

Kondisi spion berkarat menjadi sangat sulit untuk Anda buka, bahkan menjadi salah satu masalah yang sangat menyebalkan untuk dihadapi. Untuk itu, Anda dapat mencoba panaskan minyak yang biasanya berguna untuk melepaskan sebagian besar mur dan baut pada logam.

Berikan minyak panas yang cukup untuk membuat ekspansi pada seluruh baut. Akan lebih baik jika menggunakan blow torch untuk menghemat waktu Anda.

Setelah itu, Anda dapat semprotkan minyak penetrasi. Kemudian pukul pada kepala baut beberapa kali dengan menggunakan palu. Jika sudah, coba membuka bautnya menggunakan kunci Anda.

Khususnya pada motor matic pasti akan sulit untuk membuka batok depan karena harus melepas spion.

Cara melepas spion motor yang berkarat, sebaiknya sering melumasi area baut spion dengan penetran. Tujuannya untuk menghindari karat pada area tersebut.

Baca Juga: Mengatasi Spion Motor Longgar dan Lepas dengan Mudah

Gabungkan Kunci Pas dan Obeng

Untuk melepas spion motor berkarat, Anda akan membutuhkan tenaga ekstra saat menggunakan obeng.  Sehingga, akan membantu untuk mengalahkan sekrup besar yang tidak dapat bergerak. Pastikan untuk memilih obeng terbesar yang pas dan ketuk gagang obeng dengan palu.

Hal ini dilakukan agar dapat melonggarkan ikatan ulir. Gunakan kunci pas untuk memutar obengnya. Pastikan berhati-hati, torsi yang terlalu besar akan menekuk ujung obeng.

Setelah melakukan cara tersebut, cukup putar menggunakan tangan. Memang kadang perlu sedikit tenaga, tapi cara ini menjadi lebih aman.

Selain itu, hal yang terpenting untuk Anda perhatikan karet dudukan spion, jangan sampai robek atau lepas. Sebab, karet tersebut berguna sebagai pelindung agar baut spion tidak mudah berkarat akibat terkena air.

Kini Anda mengetahui cara melepas spion motor yang berkarat dan dapat mencoba mempraktikkannya. Cara melepas spion motor tersebut terbilang cukup sederhana. (R10/HR-Online)