Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mematikan Voice Control iPhone Praktis, Simak Tutorial!

Cara Mematikan Voice Control iPhone Praktis, Simak Tutorial!

Cara mematikan Voice Control iPhone dapat dilakukan dengan beberapa langkah praktis. Di perangkat iPhone, pengguna dapat memanfaatkan Voice Control pada Siri untuk memberikan perintah suara. Meskipun pengguna tidak mengaktifkan Siri, namun salah satu fitur di iPhone ini masih dapat digunakan.

Pasalnya, fitur Voice Control terpisah dari pengaturan Siri. Dalam hal ini, pengguna dapat mematikan atau menonaktifkan fitur Voice Control melalui menu pengaturan Settings.

Baca Juga: Cara Mendengarkan Radio di iPhone, Gunakan Aplikasi Ini!

Cara Mematikan Voice Control iPhone Paling Praktis

Apple telah sejak lama mengumumkan kemampuan perintah suara pada perangkat iPhone atau yang lainnya. Kemampuan perintah suara tersebut populer dengan istilah Voice Control.

Ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna yang mempunyai keterbatasan fisik dalam menelusuri serta mengoperasikan perangkat yang mereka gunakan, hanya dengan berbicara.

Melalui fitur ini, pengguna dapat meminta penambahan emoji ketika menulis email. Bisa juga membagi layar dalam beberapa menu berangka. Dengan demikian pengguna dapat memberikan perintah dengan berdasarkan angka tersebut.

Mengetahui Sistem Voice Control

Voice Control pada perangkat iPhone ataupun iPad memiliki manfaat untuk mengakomodasi para pengguna dalam mencari aplikasi, penjelajah internet atau memanggil telepon.

Akan tetapi, terkadang terdapat pengguna yang merasa terganggu dengan adanya voice control yang sering muncul secara tiba-tiba pada perangkat iPhone.

Oleh karena itu, sebelum mengetahui bagaimana cara mematikan voice control ini, pengguna perlu mengetahui bagaimana cara kerja dari fitur satu ini.

Voice Control dapat pengguna aktifkan dengan cara menekan tombol home dalam beberapa saat. Selanjutnya dengan menekan tombol pemindah musik earpod earphone atau handset.

Baca Juga: Cara Connect Headset Bluetooth ke iPhone, Mudah dan Cepat!

Menonaktifkan Voice Control dengan Mematikan Siri

Fitur Voice Control secara teknis tidak dapat kita nonaktifkan. Dalam hal ini, Siri akan mengambil alih Voice Control dengan mengaktifkan kunci sandi serta mengaktifkan Siri pada layar yang terkunci.

Hal ini akan menjadikan tombol Home mengaktifkan Voice Control atau Siri apabila layar terkunci, sehingga Anda dapat mencegah panggilan telepon yang tidak Anda inginkan.

Cara mematikan Voice Control iPhone yang pertama adalah dengan mematikan perintah Siri pada perangkat iPhone. Siri merupakan perintah bunyi yang bisa pengguna aktifkan dengan cara menekan tombol Home beberapa saat.

Dengan cara ini pengguna dapat menghentikan Voice Control yang muncul secara tiba-tiba. Lebih lengkapnya, simak langkah berikut:

  1. Langkah pertama silahkan buka menu pengaturan/setting pada perangkat iPhone
  2. Kemudian pilih “General”, lalu tekan “Siri”
  3. Setelah itu, geser pilihan Siri menjadi ON. Dalam hal ini pengguna perlu menyalakan Siri terlebih dahulu untuk mengambil alih kendali Voice Control
  4. Langkah berikutnya kembali ke menu Pengaturan dan pilih “Passcode”. Apabila Anda menggunakan iOS 7 atau yang lebih awal lagi, maka pilihan ini dapat Anda temukan di bagian “Umum”.
  5. Cara mematikan Voice Control iPhone berikutnya adalah dengan Tekan “Turn Passcode On” dan buat sandi terlebih dahulu jika Anda belum punya.
  6. Berikutnya tekan “Voice Dialing” agar dapat mematikan panggilan suara.
  7. Lalu tekan “Siri”agar Siri dari layar terkunci mati.
  8. Pengguna harus ubah pada pengaturan “Require Passcode” menjadi “Immediately”. Hal ini akan membuat ponsel meminta sandi dengan segera setelah mematikan layarnya. Dengan demikian dapat mencegah panggilan yang tidak disengaja.
  9. Kunci perangkat iPhone yang Anda gunakan. Setelah pengaturannya benar, maka pengguna tidak akan bisa mengaktifkan Voice Control atau Siri saat menekan panjang tombol Home selama perangkat iPhone dalam keadaan terkunci di dalam kantong atau dompet pengguna.

Baca Juga: Cara Custom Ringtone iPhone, Jadi Lebih Menarik dan Unik

Mematikan Voice Control dengan Jailbreak

Pilihan cara mematikan Voice Control iPhone selanjutnya adalah dengan Jailbreak perangkat. Para pengguna dapat menonaktifkan Voice Control pada perangkat iOS yang telah hilang batasannya. Akan tetapi tidak semua perangkat iPhone dapat dihilangkan batasannya.

  1. Langkah pertama buka menu Pengaturan dan pilih “Activator”. Ketika pengguna melakukan jailbreak, maka aplikasi Activator biasanya akan terinstall secara otomatis. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengubah berbagai pengaturan di iPhone.
  2. Selanjutnya buka Cydia
  3. Tekan “Anywhere”. Ini memungkinkan pengguna dapat mengubah pengaturan yang berlaku untuk ponsel kapan saja.
  4. Kemudian klik “Long Hold” yang ada di bawah “Home Button”.
  5. Pilih “Do Nothing” untuk mematikan kemampuan tombol Home untuk mengaktifkan Voice Control.

Cara mematikan Voice control iPhone lainnya adalah dengan mengganti earpod yang tidak layak. Pasalnya, earpod yang sudah tidak lagi layak pakai atau yang tidak orisinil, earpod Apple secara otomatis dapat memunculkan pesan kontrol suara. Meskipun pengguna sama sekali tidak mengklik tombol apapun. (R10/HR-Online)