Senin, September 26, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Port Charger iPhone yang Kotor, Ini Trik-nya!

Cara Membersihkan Port Charger iPhone yang Kotor, Ini Trik-nya!

Cara membersihkan port charger iPhone penting untuk Anda ketahui. Langkah ini bisa Anda lakukan ketika port charger sudah mulai kotor. Jika Anda tidak bisa mengecas iPhone, maka Anda harus tahu bagaimana cara mengatasinya dengan tutorial HP berikut.

Seperti yang kita ketahui, bahwa perangkat iPhone ini memang cukup berbeda dengan Android, baik dari OS sampai komponen yang lain. Apabila ada masalah pada iOS kesayangan Anda, maka Anda harus segera mengatasinya, tak terkecuali jika port charger kotor.

Baca Juga: Ciri-Ciri Port Charger iPhone Rusak Penting Dipahami, Apa Saja?

Cara Membersihkan Port Charger iPhone Termudah dan Simpel

Seperti yang kita tahu bahwa HP iPhone besutan perusahaan Apple ini memang terkenal sangat stylish dengan kinerja terbaik. Akan tetapi seringkali sebagian besar pengguna mengalami masalah saat mereka menggunakan perangkat iPhone tersebut.

Nah, salah satu masalah yang seringkali terjadi bagi kebanyakan orang adalah tidak dapat mengisi daya secara maksimal. Biasanya hal seperti ini terjadi karena bagian post charger Anda sudah kotor atau mungkin justru malah rusak.

Sehingga apabila sewaktu-waktu iPhone Anda sudah tidak bisa mengisi daya lagi, mungkin port pengisi daya sudah rusak. Dari sini maka Anda harus segera membersihkannya supaya bisa Anda gunakan lagi dan seterusnya.

Jika port pengisi daya pada iOS Anda kotor, ada baiknya untuk langsung membersihkannya sendiri dengan alat seadanya saja. Daripada Anda terus penasaran bagaimana cara melakukannya, maka simak pembahasan kali ini sampai selesai.

Baca Juga: Tips Agar iPhone Tidak Cepat Rusak Lebih Tahan Lama, Simak!

Siapkan Peralatan Seadanya

Sebelum lanjut ke cara membersihkan port charger iPhone, maka Anda harus menyiapkan beberapa peralatan seadanya terlebih dahulu. Sehingga saat port charger iPhone Anda sudah kotor, maka peralatan sudah tersedia dan siap digunakan.

Pertama-tama Anda bisa menyiapkan tusuk gigi, karena ini memudahkan Anda untuk membersihkan bagian dalam port charger tersebut. Mungkin Anda juga bisa menggunakan SIM Key alias alat bantu untuk mengeluarkan SIM Card pada HP dari stainless steel.

Selanjutnya siapkan pula tisu untuk memudahkan Anda dalam membersihkan kotoran bagian dalam dengan tusuk gigi tadi. Kemudian Anda juga bisa menggunakan senter untuk memeriksa apakah dalam port tersebut masih ada kotoran atau tidak.

Nah, beberapa alat sederhana seperti ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan dalaman port yang sangat kotor secara mudah. Ketika Anda sudah menyiapkan semuanya, kini saatnya Anda untuk menerapkan proses pembersihkan port tersebut.

Langkah-Langkah Membersihkan yang Mudah

Cara membersihkan port charger iPhone sebenarnya sangat mudah dan simpel, Anda bisa melakukannya dengan trik ini. Namun Anda juga harus bersabar dan berhati-hati ketika sedang melakukan proses pembersihannya.

Pertama matikan iPhone atau cukup dengan menekan tombol power pada iPhone Anda. Nyalakan senter dan lihat dalam port, kotoran apa saja yang menumpuk lalu ambil tusuk gigi dan gulung ujungnya dengan tisu atau kapas.

Masukkan tusuk gigi ke dalam port secara perlahan dan cobalah untuk mengeluarkan kotoran dan debu-debu dengan alat tersebut. Pastikan pula bahwa Anda juga selalu membersihkan ujung dari tusuk gigi serta mengganti kapas setiap selesai membersihkannya.

Jika Anda merasa sudah cukup, jangan lupa gunakan senter lagi untuk memeriksa bagaimana kondisi bagian port charger tersebut. Apabila kondisinya sudah benar-benar bersih, kini saatnya Anda bisa untuk mencoba mengecas iPhone.

Baca Juga: iPhone Bunyi Saat di Charge? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi!

Hal Penting untuk Anda Ingat

Cara membersihkan port charger iPhone sudah Anda ketahui, namun ada hal penting lain yang harus Anda pahami pula. Memang apabila port pengisi daya iPhone Anda sudah kotor, maka bisa langsung membersihkannya dengan cara-cara tersebut.

Bahkan selama ini sudah ada banyak sekali tutorial atau langkah membersihkan port charger dengan bahan atau alat khusus. Akan tetapi Apple menghimbau supaya pengguna tidak menggunakan semprotan khusus ke iPhone mereka.

Sebab cairan semprot ini memiliki tekanan yang cukup tinggi yang menyebabkan kerusakan secara internal pada iPhone. Sehingga agar lebih aman lagi Anda bisa menggunakan alat-alat sederhana tadi atau menggunakan kunci SIM iPhone saja.

Demi keselamatan dan keamanan, ada baiknya Anda harus mematikan iPhone terlebih dahulu sebelum membersihkannya. Selain itu selama proses pembersihkan, maka jauhkan pula tangan dari tombol daya agar tidak tertekan kemudian menyala.

Setelah Anda tahu beberapa cara membersihkan port charger iPhone, kini saatnya untuk melakukan dan mempraktekkannya sendiri. Cukup mudah bukan? (R10/HR-Online)