Senin, September 26, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membuat Digital Art di Android, Hasilnya Keren dan Kreatif

Cara Membuat Digital Art di Android, Hasilnya Keren dan Kreatif

Cara membuat digital art di Android cukup mudah dengan memanfaatkan aplikasi. Pada dasarnya, aplikasi yang bisa Anda gunakan dalam cara membuat karya digital art di ponsel Android juga beragam. Berikut ini tutorial HP Android selengkapnya.

Baca Juga: Cara Membuat Huruf Aksen di Android, Bisa untuk Semua Tipe HP!

Cek Cara Membuat Digital Art di Android

Selain PC, digital art juga bisa Anda buat melalui HP. Anda bisa melakukannya secara mudah dengan memanfaatkan beberapa aplikasi di bawah ini.

Ibis Draw

Salah satu aplikasi yang menarik untuk Anda manfaatkan yakni Ibis Draw. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda jelas harus download Ibis Draw terlebih dahulu.

Setelah itu, lakukan pemasangan aplikasi Ibis Draw pada ponsel Android dan cermati langkah berikut.

  1. Klik Galeri.
  2. Pilih tombol plus.
  3. Pilihlah ukuran sesuai dengan keinginan.
  4. Anda bisa temukan canvas kosong yang siap pakai.
  5. Pada canvas kosong tersebut, Anda bisa buat digital art dengan memanfaatkan fitur Stabilisator Android. Alternatif lainnya, Anda bisa menciptakan lukisan dengan menggambar di kertas terlebih dahulu. Kemudian memfotonya.
  6. Masukkan foto dengan klik tombol di sudut kiri bawah.
  7. Klik gambar kamera dan atur kecerahan gambar.
  8. Pindahkan layer foto jadi layer pertama dan aturlah opasitas 40-50%.
  9. Layer pertama otomatis jadi layer kedua sebagai line art.
  10. Aplikasikan kuas sesuai ukuran gambar dan manfaatkan setiap fitur yang tersedia.
  11. Setelah line art selesai, lakukan seleksi dengan klik tombol kuas.
  12. Klik fitur tongkat sihir dan aplikasikan warna sesuai kebutuhan.
  13. Apabila sudah selesai, simpan hasilnya dengan klik panah ke kiri.
  14. Tunggu sampai loading selesai.
  15. Pilihlah opsi titik tiga.
  16. Pilih format sesuai keinginan.

Apabila Anda kesulitan dalam memanfaatkan aplikasi Ibis Draw dalam cara membuat digital art di Android, maka bisa coba aplikasi lainnya. Sebut saja Ibis Paint X dan Dotpict.

Tiap aplikasi tersebut menawarkan kemudahan dan kelebihan yang bisa Anda cermati pada pembahasan selanjutnya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Canva di Android, Cek Tutorialnya!

Ibis Paint X

Aplikasi lainnya yang juga bisa Anda gunakan untuk membuat digital art yaitu Ibis Paint X. Aplikasi yang satu ini sangat sesuai bagi Anda para pecinta lukisan ala Jepang. Di dalam aplikasi ini pun telah tersedia beragam fitur menarik.

Salah satu fiturnya yakni merekam tahapan cara membuat digital art di Android. Lalu ada fitur stabilisasi goresan gambarnya dan penggaris. Pada aplikasi ini juga tak ada batasan layer yang bisa Anda gunakan. Uniknya, layernya bisa Anda modifikasi semenarik mungkin sesuai keinginan.

Digital art yang Anda buat kian keren karena memungkinkan gambaran sehalus 60 fps. Kemampuan tersebut berbekal 2.500 material yang meliputi 800 font, 66 filter, 379 kuas, 46 screentone, hingga 27 mode blending.

Dengan fitur yang lengkap, tak heran apabila aplikasi ini sudah didownload lebih dari 80 juta pengguna.

Anda pun jangan sampai melewatkan aplikasi Ibis Paint X. Untuk memilikinya, Anda hanya perlu download dari Google Play Store secara gratis. Setelah itu, instal pada ponsel Android yang Anda gunakan.

Namun sebelum download, Anda bisa pastikan dulu memiliki ruang penyimpanan cukup luas pada ponsel Android. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyimpan aplikasi. Apabila kapasitas penyimpanan terbatas, maka aplikasi tersebut akan gagal terpasang.

Mau tak mau Anda harus menghapus file di ponsel agar ruang penyimpanan memadai. Kemudian lakukan instalasi ulang. Ketika aplikasi sudah berhasil terpasang, Anda bisa memanfaatkannya kapan saja menginginkannya.

Baca Juga: Cara Run Android Studio di HP Android Langsung Secara Mudah

Dotpict

Dotpict juga menjadi salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan dalam cara membuat digital art di Android. Aplikasi ini cukup unik. Bahkan terdapat beragam penawaran grid.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa memperbesar sekaligus bergerak dalam menciptakan adegan kecil. Selain itu, Anda juga dapat memperkecil untuk memantau semua kreasi yang telah diciptakan. Tak hanya itu saja, ada juga penyimpanan secara otomatis yang bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin.

Semakin menarik untuk Anda gunakan karena terdapat fitur yang bisa memudahkan dalam pengulangan. Lebih dari itu, Anda juga bisa mengeksplor digital art yang telah selesai dibuat. Menarik digunakan bukan?

Cara membuat digital art di Android nyatanya mudah bukan? Meski Anda belum ahli dalam menggambar dengan media tersebut, tetap bisa mencobanya. Hasilnya bisa Anda bagikan ke sosial media sesuai keinginan. (R10/HR-Online)