Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Membuat Shock Belakang Motor Empuk, Cek Seal dan Olinya

Cara Membuat Shock Belakang Motor Empuk, Cek Seal dan Olinya

Cara membuat shock belakang motor empuk dengan metode sederhana. Cari cara tepat untuk membuat shock belakang sepeda motor lebih empuk. Sebab kondisi komponen motor yang baik akan berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

Apalagi ketika shockbreaker terasa keras bisa mengakibatkan timbulnya hentakan terasa cukup keras ketika perjalanan.

Untuk itu, saat shock belakang sudah terasa keras sebaiknya untuk segera diatasi. Biasanya kondisi ini sering terjadi pada motor tua yang sudah memiliki usia pemakaian lebih dari 1 tahun.

Baca Juga: Cara Membuat Shock Depan Motor Empuk dengan Beberapa Langkah Ini

Cara Membuat Shock Belakang Motor Empuk Lebih Nyaman

Sepeda motor menjadi alat transportasi yang praktis dan mudah dikendarai sehingga cukup banyak yang memilihnya. Apalagi bagi mereka yang sering mengalami kemacetan di jalan.

Berkendara dengan sepeda motor pun harus nyaman. Salah satu cara untuk ciptakan kenyamanan tersebut yaitu dengan menjaga komponen dalam kondisi selalu prima.

Shockbreaker adalah salah satu yang mempengaruhi tingkat kenyamanan dalam mengendarai sepeda motor. Untuk itu, sebagai pemilik kendaraan wajib terapkan perawatan dan pengecekan secara rutin.

Shockbreaker yang nyaman yaitu memiliki tingkat keempukan ketika digunakan. Sayangnya seiring pemakaiannya komponen tersebut akan terasa keras. Shock bagian belakang yang sering mengalami adanya hal tersebut sehingga penumpang akan merasa kurang nyaman saat berkendara.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat shock belakang empuk dan nyaman. Anda tidak perlu membawanya ke bengkel. Sebab cara ini tergolong sederhana.

Baca Juga: Shockbreaker Motor Rusak, Ini Tanda-tandanya

Cek Seal Oli

Cara membuat shock belakang motor empuk yang pertama dengan cara melakukan pengecekan. Anda bisa coba cek seal oli. Gunakan kunci L berukuran 6 mm untuk bisa melepas tabung shock bagian dalam.

Anda juga harus melepas baut bagian luar yang berada di bawah tabung. Silahkan coba cek kondisi tabung. Caranya bisa gunakan damper rod dan rebound spring untuk tahu apakah ada goresan atau mengalami kerusakan.

Jika sampai kondisi tersebut terjadi segeralah untuk mengganti seal oli. Saat ada kebocoran sebaiknya segera lakukan penggantian. Seal oli yang rusak akan mengakibatkan tekanan terasa keras.

Anda bisa mengganti dengan seal baru. Letakkan bearing roda bekas dan ketuk sealnya dengan palu plastik.

Jika sudah bisa pasang rebound spring, tabung shock, ring pengunci, dan damper yang berada pada bagian dalam. Silahkan putar baut pengikat agar bisa lebih rapat.

Baca Juga: Kapan Shockbreaker Motor Harus Diganti, Ketahui Gejalanya

Isi Oli Kembali

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu memberi oli khusus pada shockbreaker. Isi tiap tabung perkiraan lebih banyak 64 ml. Per dengan ulir bawah harus terpasang dengan renggang.

Sedangkan untuk ulir atas terpasang rapat. Selanjutnya bisa pasang tutup atas shock dan ring pengunci. Pasang shock motor secara bersamaan. Kencangkan baut tutup shock dengan obeng dan pasang kuncinya.

Shock belakang motor terasa keras sebenarnya bisa Anda atasi dengan mudah. Anda bisa gunakan cara membuat shock belakang motor empuk dengan mengganti seal atau menambah oli khusus shockbreaker. (R10/HR-Online)