Jumat, September 30, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membuat Stop Motion di Android Dengan Aplikasi, Cobalah!

Cara Membuat Stop Motion di Android Dengan Aplikasi, Cobalah!

Cara membuat stop motion di Android bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi. Aplikasi di HP Android yang memudahkan Anda dalam mempraktikkan cara membuat stop motion pun beragam. Tutorial HP Android ini bisa Anda ketahui selengkapnya pada ulasan berikut.

Baca Juga: Cara Set Video Jadi Wallpaper Android, Tampilan Layar Makin Unik

Pahami Cara Membuat Stop Motion di Android

Pembuatan stop motion bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Lapse It, Stop Motion Studio, Stop Motion Cartoon Maker, juga Life Lapse.

Lapse It

  1. Download aplikasi Lapse It dari Google Play Store.
  2. Install aplikasi Lapse It pada HP Android yang Anda pakai.
  3. Buka aplikasi Lapse It untuk memulai proses pembuatan stop motion.
  4. Pilih New Capture.
  5. Pilih Every 2 Sech.
  6. Anda nantinya akan tiba di menu Edit Time Lapse. Anda hanya perlu mengatur kecepatan dan mengubah video menjadi frame.
  7. Pilih Set saat Anda sudah yakin dengan kecepatan juga frame tersebut.
  8. Posisikan kamera ke objek yang ingin Anda jadikan video.
  9. Pilih Capture sampai memperoleh frame sesuai keinginan.
  10. Klik Stop apabila telah selesai melakukannya.
  11. Masuk ke menu Lapse It dan edit sesuai selera.
  12. Setelah edit selesai, Anda bisa melakukan render untuk menyimpan video. Tak perlu menunggu lama karena proses render terbilang cepat.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Icon Hotspot di Android, Cek di Sini!

Stop Motion Studio

Dengan cara hampir sama dari aplikasi Lapse It, Anda juga bisa memanfaatkan Stop Motion Studio untuk membuat stop motion di Android. Aplikasi ini memudahkan Anda dalam membuat film animasi. Di dalamnya pun Anda bisa menemukan beragam fitur menarik.

Adapun beberapa fitur yang tersedia di aplikasi ini meliputi zoom out, import, zoom in, export, menambah lagu, green screen, remote camera, dan masih banyak lagi. Untuk membuat stop motion menggunakan aplikasi ini, Anda juga tak perlu menyiapkan komputer. Pasalnya, semua langkah bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan ponsel Android saja.

Bagi Anda yang tertarik membuat stop motion di HP Android dengan aplikasi ini, bisa langsung mendownloadnya dari Google Play Store. Proses download tidak hanya mudah, melainkan juga gratis. Setelah selesai membuat, Anda bisa langsung menyimpannya ke galeri ponsel supaya tidak hilang dan bisa membukanya sewaktu-waktu.

Stop Motion Cartoon Maker

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini untuk membuat stop motion ala kartun dengan cara mudah di Android. Menariknya, aplikasi ini memiliki tampilan sederhana sehingga bisa digunakan oleh semua kalangan usia. Seperti aplikasi stop motion lainnya, Stop Motion Cartoon Maker juga kaya akan fitur canggih dan berkualitas.

Adapun fitur tersebut yaitu time lapse camera, footage, menentukan frame rate, juga memudahkan dalam ekspor foto ke format video. Apabila ingin menggunakan fitur yang lebih lengkap juga canggih, Anda bisa upgrade aplikasi ke versi Pro. Dalam versi premium tersebut, Anda tidak akan terganggu dengan keberadaan iklan.

Bukan hanya itu saja, aplikasi versi Pro juga membantu Anda untuk membuat video dengan durasi lebih dari 30 detik. Video stop motion berdurasi lama tentu lebih menarik bukan? Bahkan Anda juga berkesempatan untuk bisa menikmati beragam fitur menarik lainnya.

Baca Juga: Cara Scroll Otomatis di Android, Download Dulu 3 Aplikasi Ini!

Life Lapse

  1. Download aplikasi Life Lapse dari Play Store juga lakukan instalasi untuk mempraktikkan cara membuat stop motion di Android.
  2. Jalankan aplikasi Life Lapse.
  3. Klik Allow Access.
  4. Tap Izinkan.
  5. Pilih ikon +.
  6. Tap Izinkan lagi.
  7. Arahkan pointer di Photos.
  8. Bidik objek menggunakan tombol shutter berulang kali sesuai keinginan.
  9. Setelah selesai, klik icon x.
  10. Berilah nama project sesuai keinginan, namun pastikan Anda mudah dalam mengingat dan menemukannya.
  11. Tap icon play untuk memainkan video stop motion yang Anda buat.
  12. Anda bisa memanfaatkan beragam efek yang tersedia di aplikasi ini secara leluasa. Hal ini bertujuan supaya stop motion yang Anda buat lebih menarik.
  13. Tap icon nada untuk menambahkan musik. Bisa juga tekan tombol icon + untuk memasukkan nada yang Anda ciptakan sendiri.
  14. Tap icon direct.
  15. Klik Save to Gallery untuk menyimpan.

Dengan menggunakan beberapa aplikasi di atas, Anda bisa mempraktikkan cara membuat stop motion di Android secara mudah. Selain menyimpannya, Anda juga bisa membagikan video stop motion ke sosial media. Dijamin siapa saja pasti tertarik untuk ikut membuatnya.(R10/HR-Online)