Jumat, Desember 2, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Membuat Thread di Twitter Paling Mudah, Simak!

Cara Membuat Thread di Twitter Paling Mudah, Simak!

Cara membuat thread di Twitter tidaklah sulit. Pengguna Twitter bisa membuat thread di akunnya dengan beberapa cara yang praktis. Buat Anda yang merupakan pengguna Twitter, tentunya Anda sudah sering melihat thread atau utas yang sering melintas di sekitar timeline Anda.

Thread atau utas pada Twitter merupakan sekumpulan tweet yang terkumpul menjadi satu rangkaian. Dengan begitu, Anda bisa membaca satu utas secara berurutan tanpa terpotong-potong.

Baca Juga: Cara Tambah Akun di Twitter Circle Melalui 2 Metode

Cara Membuat Thread di Twitter

Hadirnya fitur thread dalam Twitter cukup sangat efektif untuk pengguna yang hendak membuat tweet lebih panjang.

Dengan adanya utas di Twitter, maka pengguna bisa membagikan sebuah informasi yang sangat panjang tanpa harus terpotong.

Sebab, biasanya Twitter memberikan batasan tweet maksimal 280 karakter saja. Hal ini tentunya menyulitkan pengguna untuk membahas suatu tema yang panjang.

Hadirnya thread pada Twitter bisa membuat pengguna lebih bebas dalam membuat postingan. Cara membuat thread di Twitter yaitu sebagai berikut:

1. Login ke Akun

Cara membuat thread di Twitter pertama Anda harus masuk atau log in ke akun twitter Anda. Masukkan  username dan password hingga masuk ke beranda twitter.

Baca Juga: Fitur Mention Twitter, Pengertian dan Cara Menggunakannya

2. Klik Kotak

Pada bagian beranda twitter, nantinya Anda akan melihat kotak untuk membuat tweet. Kemudian, Anda bisa tweet apa saja yang Anda inginkan dengan jumlah 280 karakter.

Akan tetapi jika Anda ingin membuat sebuah cerita, tentunya Anda membutuhkan lebih dari satu tweet supaya ceritanya tidak terpotong.

3. Klik Tanda (+) untuk Menambah Tweet

Perhatikan tanda (+) di dekat tombol tweet yang berwarna biru. Jika Anda ingin menambah lebih banyak tweet atau membuat thread, maka Anda bisa klik tombol (+).

Tampilan tweet dalam thread akan tampak berderetan. Jadi, pengguna twitter bisa lebih nyaman dalam membaca sebuah cerita dengan cukup scrolling ke bawah.

4. Tambahkan Foto atau Video Pendukung

Sama halnya dengan tweet pada umumnya, Anda dapat melengkapinya dengan beberapa foto dan sebuah video untuk memperjelas thread Anda. Dengan adanya gambar atau video pendukung dalam thread, maka penjelasan bisa menjadi lebih maksimal.

Dalam satu tweet, Anda dapat menambahkan 4 foto atau 1 video. Bahkan, Anda juga bisa menambahkan sebuah GIF.

Baca Juga: Cara Merubah Twitter Menjadi Dark Mode, Ikuti 3 Langkah Ini

5. Klik Tweet All

Apabila cara membuat thread sudah selesai, maka terlebih dahulu periksa apakah thread sudah sesuai keinginan atau masih ada kesalahan. Jika sudah, maka Anda bisa klik ‘tweet all’.

Namun, apabila Anda ingin menghapus satu tweet pada sebuah thread yang belum Anda tweet, maka Anda tinggal klik tanda x.

Akan tetapi, apabila thread telah berhasil ke tweet dan sudah masuk ke timeline, Anda masih bisa menghapus tweet yang terdapat pada bagian tengah tweet. Akan tetapi, bisa saja thread Anda jadi tidak menyatu.

Cara membuat thread di Twitter ini cukup simple dan mudah Anda praktekkan. Fitur ini memang cukup membantu para pengguna Twitter. (R10/HR-Online)