Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membuka File Bat di Android dan Windows, Ikuti Tutorialnya!

Cara Membuka File Bat di Android dan Windows, Ikuti Tutorialnya!

Cara membuka file bat di Android dan Windows sama mudahnya. Meski menjalankan perintah dengan prompt Windows, namun cara membuka file bat DOS juga bisa dilakukan di Android. Simak tutorial HP Android berikut agar lebih jelas.

Baca Juga: Cara Buka File XLS di Android dengan Beberapa Metode Mudah Ini

Pahami Cara Membuka File Bat di Android dan Windows

Bagi Anda yang penasaran dengan bagaimana cara membuka file bat, di sini tempatnya. Pada pembahasan kali ini akan terpapar dengan jelas bagaimana tutorialnya, baik itu menggunakan HP Android maupun Windows. Untuk Windows, bisa Anda lakukan melalui Command Prompt dan File Explorer.

Lewat Android

Jika Anda menggunakan perangkat Android, maka bisa buka file bat dengan langkah berikut.

  1. Cari dan klik File Manager yang ada di perangkat Android Anda.
  2. Klik menu Download.
  3. Buat folder dengan nama DOS.
  4. Download file https://tei.ai/bat_files.
  5. Extract file tersebut.
  6. Simpan semua file .bat extension di folder DOS yang sudah Anda buat tadi.

Baca Juga: Cara Membuat File ZIP di Android dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Lewat Command Prompt

Sebagaimana yang sudah kita singgung tadi bahwa berkas bat tak hanya bisa terbuka di perangkat Android saja, melainkan juga Windows. Untuk kali ini membahas Command Prompt terlebih dahulu. Tak berbeda jauh dengan cara membuka file bat di Android, berikut langkah mudah yang bisa Anda ikuti.

  1. Bukalah menu Start yang ada di sisi bawah kiri taskbar.
  2. Ketiklah cmd pada kolom pencarian dalam menu Start.
  3. Klik kanan Command Prompt.
  4. Pilih Run as administrator.
  5. Ketika cd lengkap dengan lokasi berkasnya. Pastikan Anda menambahkan spasi di tengah cd dan lokasi berkasnya.
  6. Tekanlah tombol Enter.
  7. Ketik nama bekas bat.
  8. Tekan lagi tombol Enter.

Lewat File Explorer

Masih seputar Windows, Anda juga bisa buka melalui File Explorer. Caranya juga sederhana. Ikuti terus langkah di bawah ini.

  1. Anda bisa klik menu Start.
  2. Pilih File Explorer yang ada di kolom kiri Start. Alternatif lainnya, Anda bisa klik kanan Windows yang ada di taskbar dan pilih File Explorer.
  3. Bukalah folder tempat menyimpan berkas bat. Cara lainnya, bisa klik This PC di sisi kiri jendela File Explorer. Lalu ketik nama berkas bar di kolom pencarian This PC.
  4. Klik dua kali file bat agar terbuka.
  5. Apabila Anda gagal membuka berkas tersebut, bisa beralih jadi Administrator terlebih dahulu. Caranya dengan klik kanan bat dan klik Run As Administrator.

Baca Juga: Cara Membuka File BIN di Android dengan atau Tanpa Aplikasi

Fungsi Batch File

Setelah mengetahui berbagai cara membuka file bat di Android dan Windows, penting pahami pula apa sebenarnya fungsinya. Pada dasarnya batch atau yang biasa dikenal dengan bat saja, memiliki fungsi untuk menjalankan tugas rutin. Mulai dari backup file, hapus file sementara, dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan fungsi bat, maka Anda tak perlu mengetik perintah yang sama berulang kali setiap ingin menjalankan tugas tersebut. Penggunaan bat terbukti efektif dan praktis. Anda jelas bisa lebih hemat waktu.

Terkait kegunaan batch file, pada umumnya ada fungsi positif dan negatif. Untuk kegunaan positif, file bat ini berperan penting dalam tune up. Selain itu, juga berguna untuk backup hingga program administrator.

Kemudian untuk fungsi negatif, seringkali dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab. Mulai dari penyalahgunaan untuk cracker, membuat virus, dan lain sebagainya. Hal ini bisa merugikan banyak pihak sehingga jangan sampai Anda melakukannya.

Dalam menjalankan tugasnya, file bat memiliki beragam operator. Salah satunya @ yang berfungsi dalam pembuatan syntax sehingga tak tampil di layar. Setelah itu, ada >> yang berguna untuk menuliskan sesuatu pada bagian garis baris baru.

Lebih lanjut, ada operator dengan tanda >. Operator ini biasanya pengguna manfaatkan untuk menulis sesuatu dengan cara menyimpan isi file yang telah tersedia. Ada pula : sebagai tanda label.

Sementara untuk komentar, biasanya tampil dengan operator ::. Dengan mengetahui beberapa operator tersebut, maka bisa memanfaatkan file bat sesuai fungsinya secara optimal. Anda juga bisa lebih mudah merasakan keuntungannya nanti.

Cara membuka file bat di Android dan Windows penting diketahui. Tak kalah penting pula untuk mencermati fungsi di atas. Dengan cara yang mudah dan fungsi menguntungkan, jangan sampai Anda ragu untuk mencobanya. (R10/HR-Online)