Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki eMMC Android yang Rusak Tanpa Ribet

Cara Memperbaiki eMMC Android yang Rusak Tanpa Ribet

Cara memperbaiki eMMC Android bisa disesuaikan dengan penyebabnya. Namun pastinya cara memperbaiki eMMC yang terpasang di Android cukup mudah. Buktikan sendiri kemudahannya dengan mengikuti tutorial HP Android berikut ini.

Baca Juga: Cara Flash Android Lewat SD Card dan Recovery Mode Praktis

Panduan Cara Memperbaiki eMMC Android

Saat eMMC Android Anda mengalami kerusakan, bisa ikuti beberapa cara di bawah ini untuk memperbaikinya. Pastikan Anda mencermatinya dengan baik supaya bisa mengembalikan kinerja eMMC yang ada di ponsel.

Instal Ulang HP

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi eMMC rusak yaitu instal ulang HP Android.

Pada umumnya, solusi yang satu ini Anda lakukan apabila kerusakan terjadi pada software. Mulai dari kesalahan saat menginstal ROM, adanya virus atau malware menyerang ponsel, gagal root HP, dan IC eMMC memang sudah soak.

Perlu untuk Anda ketahui pula bahwa instal ulang HP Android berguna dalam memperbaiki bug. Sebagaimana yang kita tahu, adanya bug membuat ponsel menjadi lemot.

Tak hanya itu, instal ulang HP juga bisa mengatasi berbagai masalah error system lainnya.

Repair dengan Metode JTAG

Cara ini bisa Anda pilih untuk memperbaiki IC eMMC di Android yang mengalami kerusakan. Hanya saja, Anda perlu ketahui bahwa metode ini tak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Perlu Anda percayakan kepada ahlinya yang memang memiliki skill khusus dalam repair.

Selain itu, solusi yang satu ini juga membutuhkan alat-alat service lengkap dan berkualitas. Dengan skill khusus dan alat canggih, perbaikan ini teknisi lakukan dengan mengisi sistem kembali agar melakukan flash ulang. Sebab pada intinya, JTAG itu sendiri ialah unlock bootloader.

Saat mencoba tutorial yang satu ini, bukanlah komponen HP Anda yang terganti, melainkan hanya mengalami perbaikan. Apabila Anda tidak memiliki skill khusus dalam hal tersebut, lebih baik percayakan kepada ahlinya dengan datang ke tempat service HP terdekat.

Di tangan ahlinya, HP Android Anda bisa kembali berfungsi sebagaimana mestinya dengan kondisi eMMC normal.

Baca Juga: Cara Menambah RAM HP Android dengan Tepat dan Mudah

Perbaikan dengan Riff Box

Cara lainnya yang juga bisa Anda pilih untuk memperbaiki eMMC Android rusak yaitu menggunakan riff box. Alat yang satu ini membantu Anda dalam melakukan flash direct langsung ke eMMC.

Adapun cara kerjanya ialah dengan menghapus, kemudian membuat partisi yang ada di Nand Flash IC eMMC.

Riff box merupakan salah satu alat canggih yang penting dan sangat Anda butuhkan saat memperbaiki eMMC. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan alat ini apabila ingin memperbaikinya. Agar hasilnya optimal, gunakan riff box yang berkualitas.

Ganti Komponen IC eMMC 

Cara memperbaiki yang satu ini bisa Anda terapkan apabila kerusakan terjadi pada bagian hardware IC eMMC Android. Kerusakan ini pada umumnya karena faktor usia. Semakin lama digunakan, tentu komponen tersebut bisa aus.

Bukan hanya itu saja, hardware yang rusak juga bisa karena cacat pabrik. Untuk mengetahuinya, tentu Anda bisa cermati ketika pertama kali membeli.

Alangkah lebih baiknya apabila mengajukan klaim garansi ataupun meminta ganti rugi apabila sudah mendeteksi adanya cacat pabrik sejak awal agar tidak rugi nantinya.

Apabila masih pemula dalam melakukan perbaikan, alangkah baiknya Anda percayakan kepada ahlinya. Hal ini karena penggantian membutuhkan alat khusus, skill mumpuni, dan proses yang rumit. Soal ahlinya, tentu saja pilih yang sudah berpengalaman dan terampil.

Nantinya teknisi tersebut akan menginstal sistem pada IC eMMC sebelum terpasang kembali ke mesin ponsel. Langkah penginstalan ini berlangsung tanpa menggunakan HP yang Anda miliki.

Tanpa harus menunggu waktu lama, IC eMMC Anda bisa kembali berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Cara Ganti Memory Card di Android Biar Penyimpanan Kian Lega

Perbaikan dengan Box Flasher

Tool yang satu ini sangat ampuh dalam mengatasi eMMC rusak. Kehadiran box flasher ini memang terancang secara khusus untuk melakukan perbaikan tersebut.

Nantinya box flasher akan berperan penting sebagai media komunikasi antara JTAG dengan board.

Dari review di atas, terlihat bahwa cara memperbaiki eMMC Android sangat beragam bukan? Anda bisa memilih salah satu caranya agar eMMC di ponsel Android bisa kembali berfungsi secara normal. Hal tersebut tentu bisa mendukung keperluan Anda selama mengoperasikan ponsel dengan lebih optimal. (R10/HR-Online)