Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menata Kamar Kost dengan Dapur yang Rapi dan Bersih

Cara Menata Kamar Kost dengan Dapur yang Rapi dan Bersih

Cara menata kamar kost dengan dapur agar tidak berantakan. Menata kamar kost memang tidak mudah, apalagi cara menggabungkan dengan dapur. Sebaiknya jangan sampai salah mendesain ruangan, agar kamar kost tidak sempit.

Apalagi keberadaan dapur memiliki peran penting bagi mereka yang kost. Bisa mengurangi pengeluaran karena bisa melakukan kegiatan masak sendiri. Untuk itu, pastikan Anda memilih desain yang tepat untuk bisa mendapatkan dapur yang nyaman.

Baca Juga: Cara Menata Kamar Kost Ukuran 3×3 Nyaman dan Estetik

Cara Menata Kamar Kost dengan Dapur, Ini Triknya

Saat ini memiliki tempat kost yang nyaman terkadang sulit untuk diciptakan. Apalagi jika kamar kost harus dibagi dengan keberadaan dapur. Anda harus tahu trik tepat untuk membuat ruangan tidak terkesan berantakan bahkan sempit.

Sebagian pemilik kost kurang memperhatikan betapa pentingnya dekorasi. Padahal dengan dekorasi yang tepat membantu memberikan tingkat kenyamanan pada sebuah ruangan.

Dekorasi kamar kost yang sesuai akan membantu membuat ruangan yang sempit terkesan lebih nyaman untuk ditinggali. Selain itu, penataan juga menjadi bagian utama yang tidak bisa ditinggalkan.

Kamar kost umumnya berukuran sempit, namun bukan berarti Anda tidak bisa menciptakan suasana nyaman. Cara tepat yaitu dengan memilih dekorasi hingga penataan.

Termasuk kamar kost yang menyatu dengan dapur. Keberadaan dapur untuk mereka yang kost cukup penting. Selain lebih menghemat pengeluaran, adanya dapur membuat Anda bisa memasak sesuai selera.

Untuk dapat meletakkan peralatan masak secara mudah pastikan tahu triknya. Berikut ini ada beberapa cara mudah penataan kamar kost yang sempit, namun tetap nyaman. Anda bisa gunakan inspirasi berikut ini:

Baca Juga: Dekorasi Kamar Kost yang Kekinian, Tanpa Ribet dan Bikin Nyaman

Gunakan Tempat Menyimpan Peralatan Minimalis

Ada banyak cara menata kamar kost dengan dapur agar tidak terlihat sempit. Bagi Anda yang kost sebaiknya gunakan peralatan yang dibutuhkan saja. Selain itu, pilih rak mini untuk menyimpan peralatan masak dan makan.

Sebenarnya untuk menyimpan peralatan tersebut bisa dengan meletakkannya di area meja saja. Namun jika Anda memiliki biaya penggunaan rak mini menjadi solusi tepat, lebih baik memilih rak dinding.

Dengan adanya rak tersebut membantu ruangan dapur terkesan lebih rapi dan praktis. Selain itu, untuk mencuci piring, Anda bisa memiliki tempat khusus agar lebih praktis dan mudah.

Anda tidak perlu berpindah dari area dapur setelah makan atau memasak. Peralatan dapur dan makan bisa langsung Anda rapikan dan tata pada rak mini tersebut.

Gunakan Sekat

Sebenarnya untuk menata kamar kost agar terlihat rapi dan nyaman tidak mudah. Apalagi jika kamar kost yang memiliki dapur, tentunya Anda harus bisa menentukan trik khusus dalam penataan.

Salah satu yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan sekat antara kamar tidur dengan dapur. Gunakan sekat ringan tanpa membuat ruangan terlihat sesak.

Adanya sekat mampu meminimalisir asap dan berbagai aroma yang muncul dari area dapur. Cara ini juga membuat ruang tidur tidak pengap dan memiliki bau tidak sedap.

Gunakan sekat yang tepat baik itu gorden, bambu, kayu, atau material lainnya. Selain itu, untuk mendukung ruangan tidak pengap Anda bisa berikan akses ventilasi.

Letakkan ventilasi di area dapur agar asap dari proses memasak bisa hilang lebih cepat. Jika asap hanya berada dalam ruangan tentu membuat kamar mudah pengap dan mengganggu kesehatan.

Baca Juga: Desain Kamar Kost Lesehan Tetap Nyaman dan Tak Ketinggalan Zaman

Pastikan Instalasi di Area Dapur Aman

Menata ruangan sempit tidak bisa sembarangan terutama kamar kost. Selain penggunaan furniture minimalis, adanya ventilasi dan sekat masih banyak hal yang perlu diperhatikan.

Keamanan juga menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Apalagi banyak sekali kejadian kebakaran akibat aliran arus pendek. Untuk itu,instalasi listrik harus Anda pastikan aman.

Gunakan peralatan secukupnya dan buat denah kamar yang benar-benar aman. Meminimalisir kontak listrik yang ada di dapur akan mengurangi terjadinya korsleting.

Area dapur membutuhkan meja khusus yang kokoh untuk mampu menopang berat beban kompor dan peralatan masak lainnya. Pilih meja memasak yang tepat, awet, dan tidak mudah terbakar.

Selain itu, pilih material yang mudah dibersihkan mengingat kegiatan memasak tidak bisa lepas dari minyak, air, dan kotoran lainnya.

Menempati kamar kost bukan berarti kurang nyaman apalagi dengan adanya dapur. Gunakan cara menata kamar kost dengan dapur untuk bisa ciptakan ruangan bersih, nyaman, dan tidak pengap. (R10/HR-Online)