Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menata Ruang Kontrakan 3 Petak Dijamin Terasa Lebih Lega

Cara Menata Ruang Kontrakan 3 Petak Dijamin Terasa Lebih Lega

Cara menata ruang kontrakan 3 petak memiliki tantangan tersendiri. Apalagi menata sebuah kontrakan dengan ruangan 3 petak tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika desain interior sampai salah, justru membuat ruangan sempit dan kurang nyaman.

Untuk itu, sebelum menatanya Anda perlu trik khusus agar bisa menciptakan kontrakan lebih lega termasuk dengan penggunaan dekorasinya. Ciptakan suasana nyaman dan dan tidak sesak pada kontrakan 3 petak.

Baca Juga: Dekorasi Apartemen 1 Kamar Gaya Skandinavia Ruangan Lebih Lega

Cara Menata Ruang Kontrakan 3 Petak, Anda Bisa Mencobanya

Bagi keluarga pasangan baru, menyewa sebuah kontrakan menjadi cara terbaik untuk bisa lebih mandiri dan nyaman tanpa harus tinggal bersama keluarga besar lainnya.

Apalagi jika keduanya masih bekerja atau merantau kontrakan 3 petak menjadi solusi tepat sebagai tempat tinggal sementara. Meski ukurannya yang sempit dengan harga terjangkau bukan berarti tidak nyaman.

Dengan penataan dan pemilihan dekorasi yang tepat dijamin kontrakan 3 petak akan terasa lebih lega. Dekorasi kontrakan membantu menghantarkan suasana setiap ruangan lebih layak untuk ditinggali.

Untuk itu, jangan menyesal menempati kontrakan 3 petak. Dengan cara penataan dan pemilihan dekorasi yang tepat membuat ruangan sempit lebih nyaman dan fungsional.

Pastikan memilih perabotan dan menempatkan secara tepat. Meski perabotan memiliki harga sedikit mahal, namun mampu menghemat ruangan dan pastinya fungsional.

Agar tidak salah dalam menatanya, Anda bisa gunakan cara yang kami rekomendasikan berikut ini.

Baca Juga: Cara Menata Kamar Kost Ukuran 3×3 Nyaman dan Estetik

Gunakan Peralatan Secukupnya

Cara menata ruang kontrakan 3 petak tidak bisa sembarangan. Ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja yang harus diperhatikan untuk dapat menatanya sebaik mungkin.

Sehingga ruangan 3 petak akan tetap fungsional dan nyaman. Anda dan keluarga tidak akan merasa bosan meski berada di ruangan sempit.

Salah satu cara yang perlu diperhatikan yaitu dengan membeli perabotan secukupnya saja.

Jangan sampai memiliki perabotan yang tidak terpakai dan hanya membuat penuh ruang kontrakan. Anda bisa pilih perabotan penting seperti kulkas, lemari, kasur, TV, dan yang menurut Anda penting saja.

Selain itu, pilih juga perabotan minimalis yang tidak akan membuat ruangan kontrakan terkesan penuh dan sesak. Letakkan peralatan secara tepat pada posisinya. Misalnya dalam satu ruang untuk menjaga privasi, yaitu kamar.

Sehingga area ruang lain bisa bermanfaat untuk tempat bersantai tanpa penat adanya perabotan. Dengan cara yang tepat bisa meningkatkan rasa nyaman meski berada di kontrakan 3 petak sekalipun.

Menggunakan Furniture Lipat

Selain memilih dan menata perabotan secukupnya Anda juga harus pilih yang multifungsi. Salah satunya dengan menggunakan furniture lipat.

Cara ini cocok pada desain rumah minimalis yang lebih hemat ruang. Cara ini termasuk menjadi metode terbaik untuk bisa menambah ruang kontrakan 3 petak.

Anda bisa melipat dan membuka furniture sesuai kebutuhan. Misalnya pada penggunaan meja set, tempat tidur atau meja makan yang bisa terbuka dan Anda lipat sesuai kebutuhan.

Saat ini sudah banyak furniture lipat seperti ranjang tidur, lemari, dan meja yang bisa dimasukkan dan ditarik keluar dinding.

Selain itu, furniture built in juga dapat menjadi solusi tepat sebagai penghemat ruangan dengan cara menyembunyikan beberapa barang di dalamnya.

Dengan menggunakan cara ini menunjukkan bahwa furniture lipat membantu ruangan sempit lebih efisien tanpa harus kehilangan fungsinya.

Baca Juga: Cara Menata Rumah Kontrakan Sempit Terkesan Luas dan Rapi

Dekorasi dengan Cermin

Solusi lain yang bisa membuat kontrakan 3 petak lebih lega yaitu dengan adanya cermin. Cermin menjadi salah satu dekorasi ruangan yang mampu menciptakan ilusi ruangan sempit terlihat lebih lega.

Bahkan cermin cembung mampu memberikan ilusi optik yang maksimal tanpa harus menghabiskan banyak ruang. Pilih cermin berukuran besar dengan bentuk dan bingkai sederhana.

Letakkan pada area dinding untuk bisa menciptakan ilusi sesuai yang Anda inginkan. Apalagi cermin juga membantu mempercantik interior ruang kontrakan sempit terkesan nyaman dan lega.

Memilih dekorasi dan cara tata ulang sebuah ruangan yang sempit tidaklah mudah. Termasuk bagi Anda yang berada di kontrakan 3 petak atau rumah dengan konsep minimalis.

Sebaiknya gunakan cara menata ruang kontrakan 3 petak secara tepat untuk ciptakan ilusi ruangan yang nyaman dan lebih luas. Terapkan cara tersebut agar meski berada di kontrakan Anda dan keluarga tidak merasa penat dan bosan. (R10/HR-Online)