Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Karburator Telat Bensin Agar Motor Tidak Rusak

Cara Mengatasi Karburator Telat Bensin Agar Motor Tidak Rusak

Cara mengatasi karburator telat bensin adalah hal penting untuk Anda ketahui. Ini bertujuan supaya Anda bisa langsung mengatasinya sendiri. Sebab untuk mengatasi karburator telat bensin pada motor juga bukan merupakan cara yang sangat mudah.

Akan tetapi dengan ketekunan dan keinginan untuk terus belajar, maka kegiatan tersebut tentu akan terasa sangat mudah dan simpel. Bahkan gejala seperti kehabisan bensin juga sering terjadi bagi para pemilik kendaraan bermotor. Lantas untuk mengatasinya itu bagaimana?

Baca Juga: Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit, Jangan Salah Langkah!

Cara Mengatasi Karburator Telat Bensin yang Harus Anda Tahu

Bagi para pemilik kendaraan bermotor ada saja yang sering menghadapi persoalan walaupun sebelumnya motor mereka dalam keadaan baik. Begitu pula dengan bahan bakarnya, mereka pastinya tidak akan pernah telat untuk mengisinya.

Nah beberapa keluhan yang sering terjadi antara lain ketika stasioner putaran mesin per menit atau RPM sudah mulai tidak stabil lagi. Sehingga menyebabkan motor saat dipanaskan dan pengendara tidak menarik tuas gas, maka suara mesin akan keras.

Sementara itu pada kendaraan bermotor yang tiba-tiba mengalami brebet, itu menandakan bahwa bensinnya sudah mau habis, namun pada kenyataannya tidak. Biasanya motor dengan gejala seperti kehabisan bensin, ketika motor digas, maka mesin juga akan cenderung mati begitu saja.

Hal ini biasanya terjadi karena suplai bensin menuju ruang bakar yang kurang sempurna. Penyebab motor seperti telat bensin antara lain karena penyetelan renggang klep yang kurang tepat hingga menimbulkan overheat. Lalu bagaimana untuk mengatasinya?

Baca Juga: Cara Membersihkan Karburator Motor Sendiri untuk Pemula

Melakukan Pengisian Ulang

Cara mengatasi karburator telat bensin adalah dengan melakukan pengisian ulang apabila benar bensinnya sudah habis. Biasanya habisnya bahan bakar ini akan timbul gejala seperti mesin yang mulai tersendat-sendat saat kita nyalakan.

Sehingga hal seperti ini menjadi indikator pertama yang perlu Anda cek saat motor tersendat-sendat lalu kemudian langsung mati. Karena kondisi seperti ini kemungkinan besar motor kesayangan Anda benar-benar sudah kehabisan bensin.

Jika bensinnya benar-benar sudah habis, ada baiknya Anda untuk segera melakukan pengisian ulang terlebih dahulu. Akan tetapi jika bensin masih cukup tapi mesin mati, kemungkinan ada masalah pada bagian tertentu.

Kehabisan bensin memang merupakan hal yang wajar dan seringkali terjadi, sehingga Anda juga perlu untuk selalu mengeceknya. Meski demikian Anda juga harus mengetahui penyebab lain supaya bisa mengatasi karburator apabila telat bensin.

Motor Seperti Kehabisan Bensin?

Cara mengatasi karburator telat bensin adalah hal penting yang harus Anda ketahui dan pelajari mulai dari sekarang. Biasanya motor seperti kehabisan bensin terjadi karena suplai bensin menuju ke ruang bakarnya kurang sempurna.

Nah untuk mesin normal maka akan memiliki perbandingan bensin 14:1, artinya satu molekul bensin setara dengan 14 molekul udara yang sama masuk ke dalam bensin. Sehingga dengan perbandingan seperti itu, campuran udara dan bensin akan terbakar dengan sempurna saat businya menyala.

Akan tetapi jika ternyata jumlah molekul udara malah lebih banyak daripada perbandingan, maka campuran udara dan bensin tidak akan terbakar. Lalu kenapa suplai bensin lebih sedikit padahal volume bensin masih penuh?

Hal ini bisa terjadi dan membuat suplai bensin dari tangki menjadi terganggu antara lain seperti fuel pump yang sudah mulai melemah. Seperti yang kita ketahui, bahwa fuel pump ini adalah hal penting sebab berfungsi untuk menaikkan tekanan bensin.

Baca Juga: Jenis Karburator Motor Berdasar Bentuk Venturi dan Katup Gas

Cek Saluran Bahan Bakar

Cara mengatasi karburator telat bensin menjadi sesuatu yang sangat penting untuk selalu Anda perhatikan. Memang ada sebagian besar orang yang mengalami kejadian seperti bensin telat padahal baru saja mengisinya.

Hal seperti itu bisa terjadi karena penyetelan renggang klep-nya tidak tepat sehingga membuat overheat atau panas berlebih. Selain itu bensin kurang lancar juga bisa menjadi penyebab selanjutnya.

Sehingga solusi yang paling tepat adalah dengan cara mengecek bagaimana kondisi saluran dari bahan bakar tersebut. Tidak hanya itu saja, melainkan tutup tangki juga harus Anda bersihkan, terutama pada bagian lubang pernapasan tangki.

Karena pada kenyataannya hal seperti ini bisa membuat dan menyebabkan persediaan bensin menjadi tidak lancar. Untuk itu Anda juga harus tahu bagaimana cara mengatasi karburator telat bensin agar kendaraan tidak menjadi rusak parah. (R10/HR-Online)