Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Kopling Mobil Los Secara Mendadak, Simak Ini!

Cara Mengatasi Kopling Mobil Los Secara Mendadak, Simak Ini!

Cara mengatasi kopling mobil los bagi pemula wajib mereka ketahui. Memang permasalahan kopling mobil los kerap terjadi pada sebagian pengguna. Sehingga tak heran banyak dari pengguna mobil yang mencari tahu tips otomotif secara mudah.

Sementara itu kopling mobil los seperti ini bisa terjadi secara mendadak dan tiba-tiba bahkan saat melakukan perjalanan. Meski demikian Anda tak perlu khawatir, karena ada banyak tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Baca Juga: Setelan Kopling Mobil Terlalu Tinggi Mengakibatkan Kesalahan Fatal

Cara Mengatasi Kopling Mobil Los Secara Mudah dan Simpel

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa khusus untuk jenis mobil transmisi manual sudah pasti akan memiliki pedal kopling. Bahkan tentunya akan terasa tidak nyaman jika ada beberapa masalah pada kopling tersebut.

Mengingat bahwa sistem kopling ini merupakan komponen yang wajib pada mobil, terutama dengan jenis transmisi manual. Nah rasa tidak nyaman itu akan terjadi ketika mobil manual transmission sudah mengalami kopling mobil loss.

Sementara itu, kopling mobil yang los seperti ini biasanya seringkali terjadi secara tidak terduga atau secara tiba-tiba dan mendadak.

Kemungkinan besar hal semacam ini pernah menimpa Anda ketika malam hari dan mungkin jarak menuju ke bengkel cukup jauh.

Jika sudah seperti ini, mungkin Anda akan segera memanggil layanan mobil derek terdekat untuk segera mengatasi permasalahan seperti ini bukan? Namun pada kenyataannya, ternyata ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mengatasi hal tersebut. Bagaimana bisa?

Baca Juga: Efek Kampas Kopling Habis Akan Menyebabkan Beberapa Masalah

Memeriksa Kondisi Wadah Minyak Kopling

Cara mengatasi kopling mobil los langkah pertama dan utama adalah dengan memeriksa bagaimana kondisi wadah minyak kopling. Mengingat bahwa salah satu hal yang dapat menyebabkan kopling bermasalah adalah karena kekurangan minyak dalam komponennya.

Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik kendaraan tersebut harus segera memeriksa wadah minyak kopling secara teratur. Adapun posisi dari tabung minyak kopling ini sendiri terletak pada bagian ruang mesin.

Sehingga sebelum melakukannya maka langkah pertama adalah Anda harus membuka dulu kap mobilnya. Selanjutnya posisinya harus berada pada depan roda kemudi dengan ukuran sebesar tiga jari orang dewasa.

Bila sudah menemukannya Anda bisa langsung memastikan apakah minyak dalam wadah itu masih dalam jumlah cukup atau malah tidak. Jika sudah mulai kosong atau kurang, maka Anda harus mengisinya lagi dengan minyak kopling, pastikan minyak tersebut cocok ya!

Meminimalkan Penggunaan Setengah Kopling

Untuk cara mengatasi kopling mobil los yang kedua adalah dengan meminimalkan penggunaan setengah kopling. Apabila tips sebelumnya masih belum berhasil juga, sebaiknya periksa dari baunya.

Apakah sekiranya kopling tersebut mengeluarkan bau seperti terbakar atau justru tidak. Apabila benar-benar iya, maka hal ini terjadi karena Anda menggunakan setengah kopling di jalanan yang menanjak.

Sehingga dengan demikian bisa terjadinya selip antara flywheel dengan komponen kampas koplingnya. Pasalnya bau seperti terbakar seperti ini bisa muncul akibat adanya gesekan terlalu sering sehingga kopling berubah jadi panas.

Jadi cara untuk mengatasi supaya kopling mobil keras seperti ini setelah Anda menempatkan kendaraan pada tempat yang tepat sebelumnya. Cobalah untuk meminimalkan penggunaan setengah kopling supaya kampas kopling bisa lebih awet.

Baca Juga: Jenis-jenis Kopling Mobil, Berbagai Macam dengan Ciri yang Dimilikinya

Bagaimana Jika Ada Bunyi pada Kopling?

Cara mengatasi kopling mobil los bisa Anda lakukan dari adanya bunyi yang timbul pada komponen itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, bahwa ada banyak jenis bunyi pada mobil sistem kopling seperti ini.

Sebut saja seperti bunyi kopling saat mesin sedang start, bunyi pedal kopling karena kurang pelumas, hingga kopling bergetar. Sementara itu, ketika timbul bunyi ketika kopling Anda injak, maka bunyi tersebut akan hilang ketika dilepas.

Nah, untuk mengatasi permasalahan seperti ini, sebaiknya Anda harus segera menghubungi bengkel terdekat saja untuk ganti kampas. Sementara bila ada bunyi kopling saat mesin nyala meskipun pedal kopling tidak Anda injak, ini terjadi karena keausan pada pilot bearing.

Sehingga dengan demikian Anda harus melakukan pembongkaran pada sistem kopling supaya tahu pokok permasalahannya. Karena kopling yang bergetar biasanya akan terasa ketika mobil akan berjalan.

Beberapa cara mengatasi kopling mobil los sebenarnya cukup mudah, namun bila Anda tak tahu maka segera bawa ke tukang bengkel saja. (R10/HR-Online)