Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Oli Gardan Mobil Rembes, Pemula Wajib Tahu Ini!

Cara Mengatasi Oli Gardan Mobil Rembes, Pemula Wajib Tahu Ini!

Cara mengatasi oli gardan mobil rembes penting Anda ketahui. Pasalnya oli gardan mobil yang rembes bisa terlihat dari titik tetesan minyak, sehingga Anda harus tahu cara mengatasinya. Terutama jika memiliki mobil yang sudah tua, maka harus tahu langkah tepat perawatan mobil tersebut.

Tak hanya itu saja, melainkan oli yang sudah rembes maka menandakan bahwa terdapat beberapa masalah pada mobil Anda. Jika sudah seperti ini, maka Anda harus tahu apa saja penyebab hingga langkah-langkah untuk mengatasinya secara benar.

Baca Juga: Oli Gardan Mobil, Memiliki Batas Pemakaian Hingga 40.000 Km

Cara Mengatasi Oli Gardan Mobil Rembes yang Penting Anda Tahu

Beberapa mobil rear wheel drive atau RWD telah mengandalkan gardan sebagai menyalurkan tenaga mesin ke bagian rodanya. Pada dasarnya mekanisme dari gardan ini akan digerakkan oleh komponen yang bernama gir dan gigi.

Karena itulah mengapa pelumasan memiliki peran sangat penting guna menjaga kinerja agar tak ada gesekan yang berlebihan.

Sayangnya komponen ini seringkali mengalami masalah yang terkadang dianggap cukup sepele, yaitu saat oli gardan sudah rembes.

Apabila oli gardan sudah bocor atau rembes maka pelumasan gigi serta gear akan menjadi terganggu. Sementara itu, penyebab mengapa kebocoran oli gardan adalah arena baut tap oli yang kurang kencang.

Tidak hanya itu saja, melainkan pemasangan baut yang tidak benar hingga seal oli telah getas bisa menjadi penyebab selanjutnya. Jika sudah seperti ini, maka Anda sebagai pemilik mobil harus segera mengatasinya agar kembali seperti semula.

Baca Juga: Pengaruh Oli Mesin Mobil Kebanyakan, Membuat Performa Menurun

Periksa Baut Lalu Kencangkan

Cara mengatasi oli gardan mobil rembes untuk langkah pertama adalah dengan memeriksa kondisi baut. Pasalnya baut yang sudah kendor sering terjadi pada beberapa jenis kendaraan yang memiliki jam terbang tinggi.

Bila baut memang kendor, maka Anda hanya perlu mengencangkannya saja lalu memastikannya supaya terpasang dengan benar.

Sedangkan baut yang miring maka akan membuat mobil terasa lebih berat hingga berpotensi merusak ulir karter maupun baut tersebut.

Terlebih lagi jika baut itu sudah cukup lama Anda gunakan, maka bisa membuatnya cepat longgar maupun kendur hingga berujung oli rembes. Gunakan bantuan kunci untuk mengencangkan baut tersebut supaya lebih mudah dalam penerapannya.

Akan tetapi jika memang baut tersebut sudah rusak, maka langkah yang harus Anda ambil adalah dengan mengganti yang baru. Anda dapat membuat drat baru maupun memanfaatkan baut lain yang tergolong masih bagus.

Menggunakan Lem Besi atau Sealer

Cara mengatasi oli gardan mobil rembes selanjutnya adalah dengan menggunakan lem besi maupun lem sealer. Dari sini cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoleskan lem ini ke area yang bocor tadi.

Akan tetapi Anda harus lebih berhati-hati lagi supaya lem itu tidak mengenai kulit Anda. Hal ini karena sifat dari lem besi sangat lengket hingga bisa menimbulkan rasa panas apabila mengenai kulit.

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan lem sealer untuk mengatasi oli yang rembes tanpa harus membongkarnya. Pasalnya lem yang satu ini rupanya juga mampu untuk mengunci katup pada mesin serta mencegah terjadinya oli rembes.

Nah cara yang bisa Anda lakukan juga sangat mudah, Anda hanya cukup membungkus seluruh ulir pada baut dengan seal tape. Sehingga oli gardan yang rembes tadi bisa teratasi dengan baik berkat bantuan lem tersebut.

Baca Juga: Fungsi Oli Selain Pelumas Mesin, Menjaga Keawetan Mesin Kendaraan

Ganti Paking yang Telah Rusak Maupun Segel Aus

Cara mengatasi oli gardan mobil rembes juga bisa Anda lakukan dengan mengganti paking yang sudah rusak serta segel aus. Seperti yang kita ketahui bahwa mobil memiliki beberapa komponen serta poros.

Setiap sambungan dari bagian yang berbeda maka juga akan memiliki gasket guna menjaga keberadaan oli. Jika hal buruk lain sudah terjadi sebaiknya langsung ganti paking rusak maupun segel yang sudah aus.

Lantas apakah untuk mengatasi olli ini bisa Anda lakukan sendiri dari rumah? Tentu saja bisa! Terlebih lagi jika Anda sangat suka dengan dunia otomotif, kemungkinan untuk mengatasi masalah ini tergolong mudah.

Akan tetapi jika Anda seorang pemula dan masih merasa kesulitan untuk mengatasinya, maka hal ini tergolong cukup wajar. Mengingat kembali bahwa tak semua pemilik kendaraan roda empat itu adalah seorang ahli otomotif.

Jika Anda termasuk seorang pemula dan tidak bisa mengatasi permasalahan seperti ini, maka bisa bawa ke tukang bengkel saja.

Karena cara mengatasi oli gardan mobil rembes akan terasa sangat mudah berkat adanya bantuan dari teknisi handal. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar