Minggu, September 25, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Rem Motor Lengket Pastikan Dulu Penyebabnya

Cara Mengatasi Rem Motor Lengket Pastikan Dulu Penyebabnya

Cara mengatasi rem motor lengket bisa dilihat dari penyebabnya. Rem motor lengket bisa karena berbagai hal dan cara untuk mengatasinya pun tidak sembarangan. Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada sistem pengereman.

Apalagi komponen sepeda motor memiliki masa pakai dan berbagai masalah yang ditimbulkan. Untuk dapat mengatasi adanya masalah yang terjadi termasuk pada sistem pengereman ada baiknya Anda melakukan service dan pengecekan secara rutin.

Baca Juga: Tanda Minyak Rem Motor Harus Ganti, Jangan Disepelekan!

Cara Mengatasi Rem Motor Lengket Sesuai Penyebabnya

Sebenarnya semua komponen kendaraan memiliki peran masing-masing. Setiap komponen memiliki fungsi yang tidak sama. Namun untuk sistem pengereman memiliki fungsi vital saat dikendarai.

Pada komponen sepeda motor rem terdiri dari dua macam yaitu cakram dan tromol. Keduanya memiliki peran cukup penting. Fungsinya untuk menahan bahkan menghentikan laju sepeda motor.

Karena fungsinya digunakan setiap saat tentu masalah bisa saja terjadi. Ada banyak kendala yang berkaitan dengan sistem pengereman. Salah satu yang sering pemilik kendaraan alami yaitu masalah rem lengket atau macet.

Jika kondisi ini Anda alami sudah pasti untuk segera mengatasinya. Ada baiknya atasi masalah agar rem dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sebenarnya rem motor lengket bisa Anda atasi dengan mudah.

Hanya saja pastikan jika Anda tahu apa penyebab yang terjadi. Sehingga penanganannya akan tepat sasaran. Berikut ini ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya sesuai penyebab yang ditimbulkan.

Baca Juga: Master Rem Motor Bocor, Kenali Fungsinya Agar Sistem Tidak Blong

Karat

Salah satu masalah lengket yang muncul pada rem motor yaitu akibat kondisinya yang berkarat. Segera lakukan cara mengatasi rem motor lengket akibat karat sesuai metode yang tepat.

Sebaiknya bersihkan karat yang menempel pada komponen. Biasanya karat muncul pada bagian piringan rem motor karena kondisinya yang selalu basah. Jika kondisi ini Anda alami sebaiknya untuk segera membersihkannya agar karat tidak muncul.

Cara mengatasi karat yang menempel pada piringan cakram yaitu dengan membongkarnya. Buka kaliper piringan cakram, lepas, bersihkan piringan hingga karat hilang. Selanjutnya Anda bisa melakukan pemolesan pada piringan cakram menggunakan gemuk atau grease.

Jika suda kembalikan pada posisi semula secara tepat. Dengan cara ini kondisi piringan cakram tidak lengket, rem dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Rem Motor Berbunyi, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Kampas Habis

Penyebab yang lain dan kemungkinan mengakibatkan rem seret yaitu kampas habis. Anda bisa lakukan pengecekan pada bengkel otomotif terbaik. Namun jika Anda bisa sendiri ada baiknya untuk melakukan pembongkaran.

Anda bisa tahu apakah kampas habis atau hanya salah dalam pemasangannya. Jika rem kampas habis segera ganti yang baru. Berbeda jika posisi pemasangan kurang tepat sebaiknya minta bantuan orang yang ahli dalam bidang tersebut.

Mengingat rem adalah komponen vital ada baiknya untuk selalu melakukan pengecekan. Anda juga perlu tahu bagaimana cara mengatasi rem motor lengket karena berbagai faktor. Jika Anda tidak bisa segera bawa ke bengkel profesional. (R10/HR-Online)