Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatur Posisi Jok Mobil untuk Kenyamanan Maksimal!

Cara Mengatur Posisi Jok Mobil untuk Kenyamanan Maksimal!

Cara mengatur posisi jok mobil sangat penting. Mengatur posisi jok saat mengendarai mobil dapat menambah kenyamanan. Mengatur posisi jok mobil juga dapat membuat Anda mengendarainya dengan baik dan nyaman.

Sebagai pengendara, Anda harus berada di kondisi paling nyaman. Sebab, ketika Anda merasa nyaman, maka tubuh akan mulai rileks.

Dengan begitu, maka Anda dapat lebih fokus dalam mengendarai mobil. Membuat kendaraan terasa nyaman dapat Anda lakukan dengan mudah, yakni mengatur posisi jok saja agar sesuai dengan bentuk tubuh.

Baca Juga: Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain, 4 Langkah yang Tepat

Cara Mengatur Posisi Jok Mobil yang Paling Benar

Sebelum memulai berkendara, Anda pasti memperhatikan seluruh komponen mobil. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa sudah berada di posisi yang benar dan nyaman.

Menyesuaikan posisi duduk yang benar dapat membuat pengemudi memiliki kendali yang lebih baik. Namun ternyata, masih ada cukup banyak pengendara yang abai dalam hal ini.

Akibatnya, kenyamanan dalam mengemudi akan berkurang. Agar tidak salah, yuk simak tips mengatur jok mobil berikut ini.

Baca Juga: Bahan Jok Mobil yang Bagus, Tahan Lama dan Nyaman Digunakan

Sesuaikan dengan Postur Tubuh

Dalam mengatur jok mobil, Anda harus bisa menyesuaikannya dengan bentuk tubuh. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan tulang ekor menempel pada sandaran.

Ketika tulang ekor menempel pada sandaran kursi, artinya posisi duduk Anda sudah mentok sehingga punggung akan berada dalam posisi tegak.

Setelah itu, cara mengatur posisi jok mobil selanjutnya adalah memeriksa juga seberapa lurus lengan Anda ketika mengemudi. Posisi mengemudi yang baik adalah jika tangan dapat mencapai bagian atas kemudi dengan nyaman tanpa harus condong ke depan.

Jika berada di dalam keadaan belokan tajam idealnya lengan juga akan tertekuk. Jika merasa kurang dekat atau terlalu jauh dari kemudi, maka atur jarak jok dengan memajukan dan memundurkan.

Ketika posisi lengan sudah tepat, Anda juga harus memeriksa jangkauan kaki ke pedal. Sebelum menjalankan mobil, sebaiknya lakukan percobaan menekan akselerator dan kopling dengan benar tanpa harus bergerak maju.

Anda juga harus memperhatikan ketinggian dari kursi. Jika Anda memiliki tubuh pendek, jangan mengatur jok terlalu tinggi. Kenyamanan dalam tuas persneling juga bisa menjadi perhatian khusus untuk Anda para pengguna mobil manual.

Jangan sampai posisi jok Anda membuat kesulitan saat akan memindahkan gigi. Terakhir ketika semuanya sudah nyaman, jangan lupa untuk mengatur sandaran kepala atau headrest.

Baca Juga: Variasi Jok Mobil untuk Interior Agar Terlihat Semakin Mewah

Bermanfaat untuk Keamanan

Tanpa Anda sadari, sebenarnya mengatur jok mobil yang tepat sangat membantu dalam memberi keamanan ekstra dalam berkendara.

Ketika jok yang Anda gunakan dalam posisi benar, maka jarak pandang juga semakin luas. Posisi jok yang salah juga seringkali memicu airbag tidak dapat mengembang di tempatnya saat terjadi kecelakaan.

Lebih dari itu semua, cara mengatur posisi jok mobil sangat baik untuk menjaga postur tubuh dan menghindari rasa pegal berlebihan. Bahkan menghindari nyeri punggung para pengemudi dan penumpang. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar