Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengecat Body Motor dengan Pilox yang Benar dan Simpel

Cara Mengecat Body Motor dengan Pilox yang Benar dan Simpel

Cara mengecat body motor dengan pilox penting untuk Anda ketahui. Untuk mendapatkan body motor yang sempurna, gunakan pilox dan dengan mengetahui caranya. Walaupun terlihat mudah, namun tak semua orang mengetahui tips otomotif ini.

Terlebih lagi ketika hendak melakukan tips cat motor sendiri dari rumah, maka salah satu kunci utamanya adalah kesabaran. Karena jika tidak kemungkinan besar hasil cat tidak akan maksimal dan membuat body motor terlihat jelek. Lantas bagaimana caranya?

Baca Juga: Cara Merontokkan Cat Body Motor dengan Langkah Mudah Berikut!

Cara Mengecat Body Motor dengan Pilox yang Sangat Mudah

Apakah Anda berkeinginan untuk mengecat motor sendiri, akan tetapi hanya memiliki budget dan peralatan terbatas? Sepertinya memanfaatkan cat semprot alias pilox ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengecat body motor.

Pada umumnya pilox sendiri terkenal sebagai salah satu cat semprot yang berguna untuk pembuatan mural maupun grafiti. Namun siapa sangka, ternyata cat semprot ini juga bisa kita gunakan untuk mengecat body motor secara menyeluruh.

Nah, cara mengecat body motor dengan pilox sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, terlebih lagi jika sudah mengetahui langkah-langkahnya. Sehingga dengan mengetahui teknik yang tepat, maka akan membuat hasil akhir menjadi semakin maksimal dan keren.

Setidaknya ada beberapa langkah yang perlu Anda kuasai terlebih dahulu supaya hasilnya benar-benar sesuai keinginan Anda. Tak hanya perlu kesabaran dan ketelatenan saja, melainkan juga teknik dalam pengecatannya.

Baca Juga: Jenis Warna Cat Motor, Pilih yang Awet dan Tidak Mudah Pudar

Bersihkan Body dan Lakukan Pengamplasan

Cara mengecat body motor dengan pilox sebagai langkah pertama adalah membersihkan body motor, kemudian lanjutkan pengamplasan. Dari sini bersihkan bodi tersebut dengan menghilangkan kotoran maupun benda-benda lain seperti stiker pada kendaraan.

Anda bisa menggunakan thinner maupun bensin untuk bisa menghilangkan bekas lem yang menempel pada stiker tersebut. Jika sudah, kemudian lakukan pengamplasan pada bagian body motor agar permukaan lebih bersih.

Karena bagian yang hendak Anda amplas nanti bisa merontokkan warna lama yang tampilannya terlihat kurang maksimal.

Nah, dari sini memerlukan kesabaran, sebab Anda juga membutuhkan beberapa alat seperti amplas 400 hingga kuas dan sikat.

Agar lebih mudah, sebaiknya mengoleskan thinner ke bagian body yang hendak Anda cat selama 5 menit kemudian gosok dengan sikat. Jika semuanya sudah, kemudian gosok menggunakan amplas secara menyeluruh dan cuci body sampai kering.

Menyemprotkan Epoxy

Cara mengecat body motor dengan pilox untuk tahap ini adalah menyemprotkan epoxy guna menutup pori-pori pada permukaannya. Jadi cat ini mampu untuk menyamarkan goresan pada bagian body yang hendak Anda cat kembali nanti.

Tak hanya itu saja, melainkan juga bisa memberikan daya rekat yang jauh lebih baik sebelum akhirnya diberikan cat pilox.

Fungsi dari lapisan ini juga sebagai pegangan bagi lapisan selanjutnya dan untuk membuat warna utama terlihat semakin maksimal.

Sementara itu, teknik penyemprotan bisa Anda mulai dengan mengaplikasikan lapisan tipis dahulu sampai seluruh bagian tertutup. Apabila benar-benar sudah selesai, jangan sampai Anda terburu-buru untuk menyemprot warna berikutnya.

Sehingga perhatikan terlebih dahulu bagian lainnya untuk mengantisipasi hasil semprotan yang tidak rata maupun bertekstur. Jangan lupa pula untuk menghaluskannya dengan menggunakan bantuan amplas basah.

Baca Juga: Sabun Cuci Motor, Begini Tips Memilih Agar Tidak Merusak Cat Bodi

Penyemprotan PIlox

Cara mengecat body motor dengan pilox selanjutnya adalah dengan penyemprotan warna utama kemudian clear coat. Pelapisan utama ini bisa Anda lakukan hingga dua kali supaya permukaannya semakin rata.

Sedangkan untuk clear coat bisa Anda lakukan sebagai langkah terakhir untuk mengecat motor sendiri. Jadi dari proses ini, perlu Anda lakukan setelah penyemprotan warna utama.

Setelah memberi lapisan pertama, maka Anda harus bisa memastikan bahwa semua bagian permukaan sudah merata. Apabila masih ada yang sedikit kasar, langsung haluskan dan ratakan dengan amplas basah.

Bila sudah, lalu lanjutkan lagi dengan cara memberikan lapisan berikutnya. Untuk bagian permukaan bodi motor yang ada lapisan stripping, maka memerlukan kesabaran yang lebih tinggi.

Hal ini karena penyemprotan clear coat harus Anda awali dengan tipis terlebih dahulu agar hasilnya lebih bagus. Beberapa cara mengecat body motor dengan pilox ini bisa Anda lakukan sendiri dari rumah karena tergolong sangat mudah. (R10/HR-Online)