Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengetahui Passcode iPhone Saat Lupa Kunci, Ini Tipsnya!

Cara Mengetahui Passcode iPhone Saat Lupa Kunci, Ini Tipsnya!

Cara mengetahui passcode iPhone penting untuk Anda ketahui dan lakukan. Jadi jika iPhone Anda terkunci karena lupa passcode, jangan panik. Karena ada beberapa tutorial HP di bawah ini yang bisa Anda terapkan.

Memang permasalahan pada iPhone terkunci ini penyebabnya adalah karena pengguna yang terlalu sering salah dalam memasukkan passcode. Jika Anda mengalami hal yang sama, maka harus mengetahui bagaimana langkah tepat untuk mengatasinya.

Baca Juga: Kunci Galeri di iPhone Privasi Lebih Aman, Simak Trik Mudahnya!

Cara Mengetahui Passcode iPhone yang Benar dan Tepat

iPhone sendiri merupakan salah satu jenis smartphone yang memiliki sistem perlindungan privasi yang sangat aman untuk penggunanya. Karena tidak mudah bagi orang lain untuk membuka HP Apple tersebut tanpa seizin dari si pemilik.

Sehingga hal ini akan membuat banyak orang ingin privasinya selalu terjamin dan memilih untuk menggunakan iPhone walaupun harganya mahal. Meski demikian, sebagian besar pengguna mungkin saja juga pernah mengalami lupa password untuk membuka layar HP mereka.

Jika itu terjadi pada Anda, maka akan membuat Anda merasa menjadi bingung dan mungkin juga tidak tahu harus segera berbuat apa.

Akan tetapi sebelum lanjut ke pembahasan caranya, maka Anda harus selalu mem-backup data iPhone secara berkala.

Trik backup data ini sangat penting, sebab bisa memudahkan Anda suatu saat untuk mengembalikan iPhone yang terkunci karena lupa password. Jika tidak, maka Anda akan kehilangan semua data dan file. Lantas bagaimana jika lupa passcode?

Baca Juga: Cara Membuka iPhone Disable Tanpa Komputer, Simak Pilihan Praktisnya!

Menggunakan iTunes

Cara mengetahui passcode iPhone untuk tips yang pertama ini adalah dengan menggunakan iTunes terlebih dahulu. Dari sini pastikan dulu bahwa baterai iPhone Anda sudah penuh.

Selanjutnya siapkan iTunes pada perangkat Mac maupun PC dan dalam kondisi menyala lalu hubungkan iPhone ke iTunes. Jika sudah, kemudian melakukan Force Restart untuk bisa masuk ke recovery mode.

Nah, biasanya cara Forec restart ini juga akan berbeda-beda tergantung dari versi iPhone Anda. Untuk jenis iPhone 6s atau lama, cukup tekan tombol home dan power secara bersamaan dan tahan terus.

Sementara untuk iPhone 7 karena dalam posisi mati tombol home tidak dapat ditekan, lalu tekan saja tombol power dan volume down bersamaan. Tahan terus hingga nanti muncul tampilan recovery mode.

Reset iPhone dengan Touch ID

Cara mengetahui passcode iPhone untuk langkah yang kedua ini adalah dengan meresetnya menggunakan Touch ID. Untuk langkah-langkahnya sendiri juga tergolong sangat mudah dan simpel.

Pertama-tama Anda cukup tekan saja tombol Lock untuk menyalakan iPhone, biasanya tombol ini terletak pada bagian kanan perangkat. Kemudian letakkan ujung jari pada tombol menu Home, apabila fitur aksesibilitas Rest Finger to Open sudah aktif.

Siapa sangka ternyata adanya mekanisme penempatan jari seperti ini dapat membuka iPhone secara otomatis dan mudah. Selanjutnya tekan lagi tombol Home dan jika ada perintah press to home to unlock bagian bawah layar, ikuti perintahnya.

Apabila ternyata sidik jari Anda tidak terpindai dengan baik, maka Anda akan menuju ke halaman entri kode sandi. Kemudian meminta lagi untuk mencoba langkah ini mulai dari awal.

Baca Juga: Cara Save Password di Safari iPhone dan Cara Mengelola, Simak!

Menggunakan iCloud

Cara mengetahui passcode iPhone juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan iCloud saja. Jadi untuk membuka HP yang terkunci karena lupa password, maka Anda bisa melakukannya dengan langkah ini.

Pastikan juga bahwa perangkat Anda memang benar-benar terkunci karena lupa password dan dalam keadaan aktif. Setelah Anda login dengan akun Apple ID, kemudian klik opsi lanjutkan.

Kemudian Anda akan mendapat 2 pilihan untuk bisa mengganti password iPhone agar bisa mengaksesnya lagi. Cara pertama adalah dengan melakukan konfirmasi password iPhone dengan iCloud.

Untuk cara yang kedua bisa Anda lakukan dengan cara menjawab pertanyaan keamanan. Jadi Anda bisa memilih salah satu cara tersebut untuk membuat password baru agar bisa membuka layar HP.

Masukkan PIN atau password pada bagian kolom yang ada. Nanti password itu bisa Anda gunakan untuk memudahkan dalam membuka layar HP seperti biasanya. Konfirmasi dan gunakan password baru untuk membuka iPhone yang sebelumnya tidak bisa terbuka.

Setelah paham bagaimana cara mengetahui passcode iPhone, kini Anda mungkin sudah paham dan tahu langkah tepat untuk melakukannya. (R10/HR-Online)