Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menggunakan Fitur SOS di iPhone Saat Situasi Darurat

Cara Menggunakan Fitur SOS di iPhone Saat Situasi Darurat

Cara menggunakan fitur SOS di iPhone cukup mudah. Saat darurat, Anda harus tahu cara menggunakan fitur SOS memanggil kontak khusus di iPhone. Sebab, fitur dari iPhone ini memang tersedia untuk kemudahan melakukan panggilan pada saat situasi dalam kondisi yang darurat.

Perangkat iPhone memang hadir dengan berbagai fitur yang bisa membantu pengguna memudahkan berbagai macam hal. Seperti fitur SOS iPhone yang bisa pengguna manfaatkan saat situasi darurat. Pengguna iPhone wajib tahu fitur panggilan darurat ini.

Baca Juga: Cara Menyalakan Lampu di Poni iPhone, Mudah Anda Coba!

Anda Dalam Situasi Darurat? Coba Cara Menggunakan Fitur SOS di iPhone Ini!

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang terkadang mengalami situasi darurat. Misalnya saja seperti saat ada bencana atau musibah seperti kecelakaan, kebakaran, kejahatan, dan lain sebagainya.

Dalam situasi tersebut, seseorang pasti akan membutuhkan pertolongan orang lain dengan secepat mungkin. Nah, dalam situasi yang darurat seperti ini pengguna iPhone bisa memanfaatkan fitur panggilan darurat yaitu SOS.

Dengan fitur SOS pada iPhone ini, pengguna bisa melakukan panggilan darurat pada kontak tertentu. Bahkan, panggilan tersebut bisa pengguna lakukan tanpa harus membuka layar kunci terlebih dahulu.

Sehingga, orang yang Anda butuhkan untuk melakukan pertolongan bisa dengan cepat datang menuju ke lokasi Anda dengan cepat.

Jika Anda merupakan pengguna iPhone, maka Anda wajib mempelajari cara menggunakan fitur SOS ini di iPhone.

Fitur ini bahkan sudah terbukti bermanfaat bisa menyelamatkan nyawa seseorang saat dalam kondisi darurat.

Baca Juga: Cara Mematikan Voice Control iPhone Praktis, Simak Tutorial!

Cara Mengaktifkan Emergency SOS

Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara menggunakannya, tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara mengaktifkan fitur SOS ini.

  1. Pertama masuk ke menu Settings – Emergency SOS.
  2. Pastikan Anda sudah mengatur Emergency Contact.
  3. Setelah itu aktifkan mode Auto Call serta aktifkan Countdown Sound apabila membutuhkan.

Cara Membuat Kontak Darurat

Nah, jika Anda belum tahu cara membuat kontak darurat pada emergency SOS pada perangkat iPhone, maka Anda wajib tahu cara berikut ini!

  1. Pertama, masuklah ke aplikasi Health untuk pengaturan Medical ID. Setelah itu, buatlah daftar Emergency Contacts.
  2. Setelah itu, tekanlah tombol Edit, scroll sampai pada bagian Emergency Contacts.
  3. Untuk menambahkan kontak darurat, Anda bisa tekan +. Cari kontak yang tersedia dari daftar Contacts perangkat iOS.
  4. Terakhir, tekan Done untuk menyimpan pengaturan kontak tersebut.

Baca Juga: Cara Menggunakan OTG di iPhone, Kirim Data Mudah dan Aman!

Cara Menggunakan Fitur Emergency SOS

Nah, untuk menggunakan fitur ini, sebenarnya caranya berbeda-beda. Semuanya tergantung dengan tipe perangkat iPhone Anda.

Cara kerja fitur SOS atau layanan darurat yang tersedia pada perangkat iPhone antara lain seperti berikut ini. Tekan dan tahanlah tombol samping serta salah satu tombol volume secara bersamaan sampai layar iPhone Anda muncul penggeser Darurat SOS.

Ketika penggeser muncul, segera seret penggeser SOS Darurat untuk melakukan panggilan layanan darurat.

Apabila Anda terus menahan bagian tombol samping dan tombol volume untuk menyeret penggeser, maka akan mulai hitungan mundur serta peringatan akan berbunyi.

Lalu, apabila Anda menahan tombol sampai hitungan mundur tersebut berakhir, maka secara otomatis iPhone Anda akan melakukan panggilan layanan darurat.

Perlu Anda tahu, jika fitur SOS layanan darurat iPhone ini hanya berlaku pada perangkat iPhone 8 ke atas.

Manfaat fitur SOS ini bisa bermanfaat sebab perangkat iPhone Anda nantinya akan mengirimkan pesan teks ke kontak darurat dengan lokasi saat itu juga. Kecuali pengguna iPhone tersebut memutuskan untuk membatalkan panggilan darurat tersebut.

Akan tetapi, pada saat layanan lokasi pada iPhone Anda matikan, maka perangkat iPhone akan mengaktifkan fitur itu sementara.

Kemudian, apabila lokasi pengguna sudah berubah, maka iPhone akan melakukan pembaruan informasi lokasi tersebut kurang lebih sekitar 10 menit. Selanjutnya, Anda akan memperoleh pemberitahuan tersebut.

Untuk pengetahuan saja, setelah pengguna mengaktifkan Emergency SOS, maka perangkat iOS nantinya akan mematikan fitur iPhone seperti Touch ID atau Face ID. Maka dari itu, Anda harus memakai Passcode Lock untuk bisa membuka lagi perangkat tersebut.

Cara menggunakan fitur SOS di iPhone ini memang cukup mudah dan praktis. Akan tetapi, pengguna sering tidak mengetahui cara tersebut. Padahal, hadirnya fitur SOS ini sangat membantu pengguna dimana saja berada, terutama saat dalam kondisi yang darurat dan memerlukan pertolongan yang cepat. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar