Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menggunakan Power Outlet Motor yang Baik dan Benar!

Cara Menggunakan Power Outlet Motor yang Baik dan Benar!

Cara menggunakan power outlet motor cukup mudah. Dengan adanya fitur power outlet, Anda bisa menggunakan untuk mengisi daya ponsel dengan cara yang praktis. Fitur terbaru sepeda motor ini sangat bermanfaat bagi penggunanya.

Untuk menunjang kebutuhan pengendara sepeda motor, banyak pabrikan kendaraan yang menghadirkan fitur terbarunya. Salah satunya dengan melengkapi motor dengan fitur untuk kebutuhan pengisian daya smartphone.

Dahulunya, fitur ini hanya bisa kita jumpai pada kendaraan mobil saja. Akan tetapi, saat ini fitur untuk mengisi daya ponsel ini bisa kita jumpai pada beberapa motor matic.

Baca Juga: Komponen Kopling Manual Motor Beserta Fungsinya

Cara Menggunakan Power Outlet Motor

Sepeda motor terbaru saat ini memang semakin canggih. Berbagai macam kemudahan telah hadir untuk para penggunanya. Termasuk kemudahan pengendara untuk melakukan pengisian daya baterai.

Fitur power outlet motor hadir untuk kebutuhan pengisian daya baterai para pengendara. Sepeda motor yang sudah terdapat fitur ini antara lain seperti Honda Scoopy, Honda PCX 150, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Cara Cek Klakson Motor Mati Melalui Beberapa Komponen Bersangkutan

Fungsi

Fungsi penggunaan power outlet memang sangatlah penting. Bahkan, sebagian besar pengendara motor akan membutuhkan fitur ini. Sebab, pengendara tidak perlu khawatir lagi jika baterai handphone mereka lowbat.

Posisi power outlet pada umumnya terletak pada bagian dashboard yang dapat dibuka tutup. Sehingga, gadget bisa menjadi lebih aman pada saat melakukan pengisian. Jika cara menggunakan power outlet motor ini tidak benar, maka bisa saja fitur ini menjadi mudah rusak.

Oleh sebab itu, harus ada perawatan yang tepat supaya lubang tersebut tetap bisa digunakan untuk mengalirkan daya listrik ke ponsel pengendara.

Baca Juga: Cara Inreyen Motor Baru dengan Benar Mempengaruhi Usia Komponen

Cara Kerja Fitur Power Outlet Motor

Cara menggunakan Power Outlet motor untuk mengisi daya ponsel sebaiknya tidak Anda lakukan pada saat motor sedang mati. Sebab, hal ini tidak hanya bisa menjadikan proses pengisian ulang daya ponsel Anda menjadi tidak optimal.

Akan tetapi, penggunaan fitur saat motor sedang mati bisa menjadikan kinerja aki motor menjadi terganggu. Ini bisa menjadi salah satu penyebab aki motor Anda menjadi tekor.

Cara menggunakan power outlet motor yang tepat yaitu lakukan charging pada saat motor Anda sedang keadaan menyala.

Selain itu, sebaiknya Anda menggunakan charging hanya pada saat darurat dan membutuhkannya saja. Jadi, jangan menggunakan alat ini dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Terlebih Anda menggunakannya untuk mengisi daya dengan kapasitas listrik yang besar, misalnya seperti mengisi daya powerbank. 

Harus Anda ketahui, penggunaan kebutuhan listrik yang terlalu besar, juga dapat mengakibatkan kabel mengalami overheat.

Kemudian saat cuaca sedang hujan, jangan langsung menggunakan untuk charging ponsel ketika Power Outlet yang sedang basah. 

Sebab, ketika fitur pengecasan tersebut basah dan Anda langsung mengaktifkannya, maka bisa memicu terjadinya hubungan pendek arus listrik atau korsleting.

Maka dari itu, pastikan cara menggunakan power outlet motor untuk melakukan pengisian daya ponsel Anda lakukan dengan langkah yang benar. Sehingga, fitur pada motor ini bisa menjadi awet penggunaannya. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar