Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengukur Motor 3 Phase untuk Tahu Kondisi Kendaraan

Cara Mengukur Motor 3 Phase untuk Tahu Kondisi Kendaraan

Cara mengukur motor 3 phase bisa dengan menggunakan multimeter. Motor 3 phase terkadang perlu cara mengukurnya untuk mengetahui kondisinya. Motor listrik itu sendiri merupakan alat yang digunakan dalam perawatan motor untuk mengubah energi listrik menjadi mekanik atau sebaliknya.

Baca Juga: Penyebab Spul Motor Terbakar Serta Cara Pencegahannya, Simak!

Cara Mengukur Motor 3 Phase untuk Tahu Kondisinya

Motor listrik biasanya menggunakan sistem tenaga listrik 3 phase 380 V. Hal ini tidak hanya bisa Anda temukan di industri otomotif saja. Namun juga banyak diperoleh pada berbagai peralatan rumah tangga.

Mengetahui kondisi motor listrik yang rusak atau masih bagus tentu perlu adanya pengukuran atau pengecekan. Salah satu yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengukur input dari motor listrik itu sendiri.

  1. Langkah pertama Anda bisa buka penutup terminal motor listrik input powernya.
  2. Sebaiknya ukur semua input motor listrik.
  3. Terdapat koil atau power untuk menjalankan motor listrik dengan power start. Untuk itu, ukur setiap kabel yang memiliki warna sama dengan bantuan multitester ke kabel kuning kendaraan.
  4. Anda bisa ukur tulisan yang tertera pada terminal motor listrik misalnya U1, V2, W3 dan W3, V2, U1, dan mengukur huruf di terminal input supply power kendaraan misalnya U dan U, V dan V.
  5. Ambil multitester atau multimeter pada skala OHM dan ukur setiap huruf atau kabel dengan warna sama.

Baca Juga: Cara Mengatasi Karburator Telat Bensin Agar Motor Tidak Rusak

Penyebab Gulungan Elektro Terbakar

Mengingat cara mengukur motor 3 phase tidak mudah, sebaiknya lakukan secara teliti. Seiring penggunaan motor listrik tentu yang namanya kendala bila saja terjadi.

Ada berbagai masalah yang bisa muncul hingga menimbulkan kerusakan. Salah satu kerusakan yang cukup parah yaitu terbakarnya gulungan kendaraan.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan hal ini terjadi. Gulungan elektro yang terbakar terjadi akibat isolasi kawat gulungan rusak atau bocor.

Sehingga kondisi ini mengakibatkan elektro motor tidak dapat berfungsi. Kebocoran atau kerusakan tersebut yang akan menjadi penyebab arus listrik sangat tinggi atau over current.

Penyebab kerusakan isolasi pada gulungan ini mengakibatkan kebocoran listrik akibat hubungan singkat antara gulungan dan bodi motor.

Untuk itu, perlu mengetahui kondisi gulungan motor apakah masih baik atau sudah mengalami kerusakan.

Baca Juga: Kelebihan Suspensi Upside Down Motor Ini Penting untuk Diketahui

Cara Mengukur Nilai Tahanan Gulungan

Motor listrik 3 phase sering mengalami kendala. Untuk itu, perlu adanya pengecekan nilai tahanan gulungan itu sendiri.

Hal ini perlu Anda lakukan untuk bisa mengetahui apakah gulungan motor masih dalam kondisi bagus atau sudah terbakar.

Adapun alat yang bisa Anda gunakan yaitu Miliohm Meter atau sejenisnya. Nilai tahanan gulungan memang lebih sulit pengukurannya jika dibanding dengan yang lain. Hal ini karena nilainya cukup rendah.

Jika pengukuran menunjukkan nilai tahanan gulungan mendekati atau sama dengan nol Ohm maka isolasi kawat gulungan dinyatakan rusak.

Dengan Anda tahu cara mengukur motor 3 phase yang tepat dengan alat khusus maka lebih mudah untuk mengetahui kondisinya. Salah satunya dengan tahu apakah gulungan motor listrik masih bagus atau sudah terbakar. (R10/HR-Online)