Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengunci Stir Mobil Agar Terhindar dari Maling, Mudah Sekali!

Cara Mengunci Stir Mobil Agar Terhindar dari Maling, Mudah Sekali!

Cara mengunci stir mobil penting Anda ketahui dan pahami. Memang setiap stir mobil sudah memiliki fitur keamanan supaya lebih aman kita gunakan. Sehingga tak heran bahwa ada sebagian besar pengguna mobil selalu mengunci stir dan mengikuti beberapa tips mobil di bawah ini.

Karena sebagai pengaman, maka mobil pun sudah dilengkapi pula oleh fitur pengunci dan pembuka sampai dengan alarm. Sebab, keberadaan fitur tersebut maka pencuri akan merasa sangat kesulitan dalam melancarkan aksinya ketika hendak membobol mobil tersebut.

Baca Juga: Kunci Duplikat Mobil Tidak Berfungsi, Ini Penyebabnya!

Cara Mengunci Stir Mobil yang Paling Mudah dan Praktis

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap stir mobil tentunya sudah memiliki fitur terbaik demi menjaga keamanannya dari tindakan kejahatan. Nah, salah satu fitur keamanan yang ada pada kendaraan roda empat ini adalah kunci stir.

Pada dasarnya keberadaan stir mobil ini memang tak mampu menjamin mobil akan aman seratus persen. Sebab, masih ada banyak pencuri mobil yang bisa membobol kunci stir tersebut dengan mudah.

Meski demikian, setidaknya dengan adanya pengunci stir ini dapat memberikan waktu yang lebih lama bagi mereka yang bertindak jahat sebelum Anda sadar.

Itulah mengapa sangat penting bagi kita untuk mengunci stir mobil ketika sedang parkir atau meninggalkannya.

Nah, jika Anda merupakan salah satu orang yang ingin selalu menjaga keamanan dengan mengunci stir, namun tak bisa maka jangan khawatir.

Karena ada beberapa trik mudah untuk mengunci stir kendaraan yang bisa Anda lakukan tanpa ribet. Bagaimana caranya?

Baca Juga: Cara Mengambil Patahan Kunci Mobil dengan 3 Metode Tercepat

Seberapa Penting Mengunci Stir?

Sebelum lanjut ke pembahasan bagaimana cara mengunci stir mobil, ada baiknya jika Anda tahu betapa pentingnya mengunci stir. Seperti pembahasan sebelumnya, bahwa setiap kendaraan tak terkecuali mobil pasti sudah ada yang namanya sistem pengaman.

Tujuan dari sistem pengaman sendiri adalah untuk menghindari dari tindakan kriminalitas yang kini memang semakin marak terjadi. Nah sebagai pengaman, maka mobil kini sudah memiliki fitur pengunci dan pembuka stir hingga alarm yang sangat bermanfaat.

Pasalnya keberadaan fitur pengaman tersebut, maka pencuri akan merasa cukup kesulitan ketika hendak melakukan aksi jahatnya itu. Karena mereka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa membongkar mobil, sebab tahapnya cukup panjang.

Sebut saja seperti untuk menonaktifkan alarm, membuka kunci stir, membobol pintu kemudi, hingga menghidupkan mobil tersebut. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk melakukan penguncian stir supaya lebih aman dan terhindar dari maling.

Tutorial Mengunci Mobil

Cara mengunci stir mobil sebenarnya merupakan perkara yang tergolong sangat mudah, terutama bagi seorang profesional. Akan tetapi sebelum menguncinya, maka Anda juga sudah harus tahu dulu bahwa dalam rumah kunci mobil ada 3 bagian berbeda. Sebut saja seperti Lock, Acc, On, dan Start.

Apabila Anda sudah mengetahui hal seperti ini kemudian Anda bisa langsung memulainya untuk melakukan penguncian stir. Jadi langkah yang bisa Anda lakukan dari sini adalah dengan melepas kunci stir dari posisi switch Lock.

Selanjutnya setelah kontak atau kunci mobil lepas, lakukan pemutaran pada bagian stir ke arah kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam. Sesudah hampir setengah putaran (60-75 derajat) stir akan langsung terkunci.

Ini akan ditandai dengan adanya bunyi suara klik dan stir tidak bisa bergerak lagi. Perlu Anda ingat juga, bahwa stang kemudian hanya bisa terkunci apabila kuncinya sudah terlepas dan roda kemudian berputar ke arah kiri.

Baca Juga: Tips Meninggalkan Mobil Saat Mudik, Aman Hingga Kembali Ke Rumah

Manfaat Mengunci Mobil Saat Parkir

Cara mengunci stir mobil merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan, terutama ketika hendak melakukan parkir. Karena ini menjadi salah satu trik paling ampuh supaya kendaraan kita selalu aman dan terhindar dari maling.

Mengingat bahwa ketika setir mobil ada dalam keadaan terkunci, maka kendaraan tersebut tidak bisa untuk kita gerakkan, begitupun oleh si maling. Sehingga Anda harus mengaktifkan fitur tersebut sebelum meninggalkan kendaraan.

Sayangnya masih ada beberapa pengguna yang belum mengetahui fungsi dari fitur pengaman tersebut. Apalagi bagi mereka seorang pemula, kemungkinan belum mengetahui secara pasti cara hingga fungsinya.

Apabila kunci stir mobil sudah terkunci, maka kemudian Anda baru bisa meninggalkannya tanpa rasa khawatir dan takut. Sehingga dengan demikian mobil Anda akan lebih aman lagi dan terhindar dari tindakan kejahatan.

Setelah tahu bagaimana cara mengunci stir mobil dan manfaatnya, kini saatnya Anda untuk selalu menguncinya ketika hendak meninggalkan mobil. (R10/HR-Online)