Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menyalakan Lampu Mobil Depan yang Aman Sesuai Kondisi

Cara Menyalakan Lampu Mobil Depan yang Aman Sesuai Kondisi

Cara menyalakan lampu mobil bagian depan secara tepat. Mobil memiliki banyak komponen termasuk lampu, apakah Anda tahu cara menyalakan nya? Jika belum bisa simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apalagi mengingat jika lampu mobil memiliki peran cukup penting. Bahkan ketika berkendara saat musim hujan maupun di malam hari.

Baca Juga: Cara Mengatasi Lampu Mobil Kusam dengan Bahan Alami Ini

Cara Menyalakan Lampu Mobil Bagian Depan

Semua kendaraan tentu dilengkapi dengan komponen yang namanya lampu. Karena komponen tersebut memiliki fungsi penting ada baiknya untuk Anda mengetahui bagaimana mengoperasikannya secara tepat.

Ada banyak lampu yang berada di badan mobil. Semua memiliki fungsi masing-masing. Namun komponen lampu yang cukup penting yaitu bagian depan. Ada baiknya jika Anda tahu bagaimana cara menjalankannya secara tepat dan aman.

Sehingga tidak akan mengganggu pengendara lain. Meski tergolong sederhana, kenyataannya masih ada juga pemilik mobil yang tidak tahu bagaimana mengoperasikan lampu depan mobil.

Padahal adanya lampu membuat sistem keselamatan jauh lebih mempermudah perjalanan. Terutama ketika cuaca hujan atau malam hari. Risiko terjadinya kecelakaan jauh lebih rendah.

Bagi Anda yang masih bingung menyalakan lampu mobil ikuti tips berikut ini. Segera cari tahu caranya agar lampu depan mobil dapat berfungsi secara optimal.

Baca Juga: Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah yang Penting Diketahui, Simak Ini!

Langkah Pertama

Sebagai pengemudi mobil lampu juga memiliki fungsi cukup penting terutama bagian depan. Karena alasan inilah Anda perlu tahu caranya. Panel lampu menjadi komponen pertama yang perlu dicari.

Posisinya berada di bagian dashboard atau stik kendali roda kemudi. Pastikan Anda tahu arti dari simbol-simbol tersebut. Pada umumnya posisi mari terletak pada sisi kiri jauh atau bagian bawah putaran.

Umumnya memiliki tanda sebuah lingkaran terbuka atau terdapat tulisan off. Anda bisa nyalakan lampu depan dengan memutar ujung dari tuas.

Anda bisa pegang tombol putaran dengan jari jempol dan telunjuk. Putar hingga pengaturannya tepat dengan terdengar suara klik pada setiap pengaturan baru.

Baca Juga: Lampu Mobil Mati Sebelah, Jangan Panik Segera Periksa Kerusakan

Langkah Kedua

Setelah mengikuti langkah pertama segeralah untuk melakukan cara menyalakan lampu mobil dengan pengecekan. Ada baiknya Anda lakukan pengecekan dengan memeriksa kondisi lampu apakah menyala atau tidak.

Anda bisa putar tombol lampu depan ke setiap posisi. Dari sini Anda dapat melihat apakah lampu depan menyala atau tidak. Setelah tahu cara untuk menyalakannya pastikan Anda juga tahu waktu tepat menyalakannya.

Saat malam atau siang hari ada baiknya untuk menyalakan lampu depan biasa ketika ada mobil di sekelilingmu. Namun berbeda lagi jika mengemudi sendirian di malam hari, pastikan gunakan lampu tembak.

Berbeda lagi ketika musim hujan, berkabut atau badai sebaiknya untuk tidak menyalakan lampu tembak. Sebab hal ini dapat membahayakan pengemudi lain karena pantulan cahaya dari lampu terlalu silau.

Cara menyalakan lampu mobil tergolong sederhana, namun sayangnya tidak semua pengemudi tahu waktu yang tepat untuk menggunakannya. Untuk itu, ikuti dua langkah yang kami berikan agar tepat sesuai fungsinya. (R10/HR-Online)