Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menyembunyikan File di Android, Solusi Agar Privasi Aman

Cara Menyembunyikan File di Android, Solusi Agar Privasi Aman

Cara menyembunyikan file di Android perlu disesuaikan dengan tipe HP yang digunakan. Selain itu, menyembunyikan file di HP Android juga bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan aplikasi tambahan. Tutorial HP Android tersebut cukup mudah dilakukan dengan mengikuti langkah di bawah ini.

Baca Juga: Cara Copy File Android ke OTG dengan Langkah yang Mudah, Simak!

Panduan Cara Menyembunyikan File di Android

Di bawah ini adalah beragam cara yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan file. Anda bisa memilih salah satunya.

Via Security Center

Apabila Anda menggunakan HP Oppo, bisa menyembunyikan file melalui Security Center.

  1. Tutorial yang satu ini bisa Anda mulai dengan membuka Pengaturan yang ada di HP Oppo.
  2. Selanjutnya pilih Security Center.
  3. Klik tombol yang ada di sisi homescreen Acceleration Ball hingga berwarna hijau.
  4. Klik Ball saat muncul Acceleration Ball pada homescreen.
  5. Pastikan file yang ingin Anda sembunyikan masih terlihat.
  6. Klik Acceleration Ball.
  7. Pilih Privacy Permission.
  8. Klik Privacy Protection.
  9. Masukkan password.
  10. Pilih file yang ingin Anda sembunyikan.
  11. Klik Private Application apabila file tersebut berupa aplikasi.
  12. Klik Add.
  13. Pilih file aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dan klik Ok.

Dengan mengikuti cara di atas, maka Anda sudah berhasil menyembunyikan file melalui HP Android.

Apabila Anda ingin mengembalikan file lagi, hanya perlu mengikuti langkah di atas dan klik aplikasi yang telah disembunyikan. Jika sudah, Anda bisa klik Move dan pilih Ok Untuk memindahkan file dari Private Application.

Baca Juga: Cara Membuka File Bat di Android dan Windows, Ikuti Tutorialnya!

Via Private Photo Fault

Bagi Anda yang tidak menggunakan HP Oppo, tentu tak bisa melakukannya melalui Security Center. Alternatifnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi tambahan. Adapun salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan yaitu Private Photo Fault.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa aplikasi yang satu ini bisa menyembunyikan file berupa foto dan video.

Agar file yang Anda sembunyikan semakin aman, aplikasi ini memungkinkan untuk menyertakan PIN dan password pada galeri ponsel Android. Semakin menarik karena Anda juga bisa melakukan kustomisasi.

Apabila nantinya ada orang lain yang mencoba membuka file yang telah Anda proteksi, maka aplikasi ini akan memberitahukan informasi perihal gambar orang tersebut.

Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengetahui siapa orang yang mencoba membobol data privasi di ponsel. Dengan tingkat keamanan yang sangat baik, tentu Anda bisa jadikan aplikasi ini sebagai salah satu pilihan terbaik.

Cara lainnya yang juga bisa Anda manfaatkan untuk menyembunyikan file di HP Android yaitu Secure Gallery. Aplikasi ini memiliki tampilan yang user friendly sehingga mudah digunakan. Tak terkecuali bagi pemula sekalipun.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mendownload Secure Gallery di Google Play Store terlebih dahulu. Kemudian lakukan instalasi pada ponsel Android yang Anda gunakan.

Ketika sudah memastikan memiliki aplikasi tersebut di ponsel, maka bisa memilih dan klik laman file yang ingin Anda sembunyikan.

Saat muncul pilihan kunci, Anda hanya perlu klik agar file tersembunyi secara otomatis. Kini tak perlu khawatir lagi apabila ada orang lain yang membuka ponsel Anda. Data privasi yang ada di ponsel bisa terjaga dengan baik.

Baca Juga: Cara Decrypt File di Android yang Paling Mudah, Para Pemula Wajib Tahu

Via AppLock

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi AppLock yang ada di Google Play Store untuk mempraktikkan cara menyembunyikan file di HP Android.

Pada dasarnya, aplikasi ini juga bisa Anda temukan di App Store saat menggunakan iPhone. Ketika sudah berhasil download, Anda bisa lakukan instalasi di ponsel.

Saat sudah memiliki aplikasi ini di HP Android, maka bisa menekan menu Protect. Sesuai dengan namanya, menu ini berguna untuk melindungi data file yang Anda miliki. Nantinya Anda hanya perlu memilih file yang ingin disembunyikan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga bebas memilih jenis keamanan untuk menyembunyikan file secara leluasa.

Namun pastikan Anda mengingat jenis keamanan tersebut supaya proses penyembunyian file bisa berjalan lancar. Karena jika lupa, maka file tak bisa Anda akses kembali.

Cara menyembunyikan file di Android cukup mudah bukan? Apabila Anda memilih tutorial yang menggunakan aplikasi tambahan, perlu pastikan dulu ruang penyimpanan yang ada di ponsel. Agar aplikasi berhasil terinstal dengan baik, Anda harus memastikan ruang penyimpanannya masih luas. (R10/HR-Online)