Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Menyetel Klep Mobil Agar Performanya Tetap Optimal

Cara Menyetel Klep Mobil Agar Performanya Tetap Optimal

Cara menyetel klep mobil harus Anda ketahui mulai sekarang. Fungsi klep mobil sendiri adalah untuk mengatur keluar masuk udara dan bahan bakar, sehingga Anda harus tahu cara menyetelnya. Sebab, perawatan mobil ini bertujuan supaya performa mesin tetap stabil dan maksimal.

Klep mobil sendiri dikenal juga sebagai sebutan katup maupun valve, yang mana akan kita temukan pada mesin, termasuk kepala silinder. Ternyata penyetelan klep yang tidak sesuai dan tidak pas bisa menimbulkan berbagai macam masalah. Lantas bagaimana langkahnya?

Baca Juga: Ciri Klep Mobil Bocor yang Perlu Diketahui Beserta Solusinya

Cara Menyetel Klep Mobil dengan Metode yang Mudah

Klep alias katup mobil merupakan salah satu komponen yang letaknya ada pada bagian kepala silinder kendaraan tersebut. Sedangkan fungsinya sendiri adalah untuk mengatur keluar masuknya aliran bahan bakar serta udara pada mobil.

Katup atau klep ini juga akan memainkan peran yang sangat penting, karena jika terjadi kebocoran maka bisa menyebabkan penurunan tenaga mesin. Nah, hal seperti inilah yang seringkali banyak dikeluhkan oleh para pengguna kendaraan.

Jadi penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menyetel klep mobil yang tepat guna menghindari terjadinya kebocoran itu. Memang ada dua tipe katup mobil, yakni Intake Valve (IN) dan Exhaust Valve (EX) yang fungsinya juga berbeda-beda.

Biasanya permasalahan katup seperti ini seringkali terjadi pada jenis kendaraan roda empat lama, sehingga membutuhkan penyetelan khusus. Walaupun masalah ini jarang terjadi pada jenis mobil masa kini, sayangnya banyak orang yang belum mengetahui saat katup mobil bermasalah.

Baca Juga: Fungsi Rocker Arm pada Mobil, Penting untuk Bagian Mesin

Memanaskan Mobil Lalu Putar Poros Engkol

Cara menyetel klep mobil sebenarnya berbeda-beda, seperti 4 silinder yang berbeda lagi dengan menyetel mobil 6 silinder. Namun dalam pembahasan kita kali ini akan membahas soal trik mudah menyetel klep secara umum yang mudah dan praktis.

Pertama-tama panaskan mobil selama 5 menit untuk menyesuaikan mesin dengan spek yang ada sesuai standar pabrikan. Selanjutnya lepaskan tutup kepala silinder dengan kunci pas atau ring yang telah Anda sediakan sebelumnya.

Pastikan ketika melepas tutup kepala silinder tak ada bagian lain yang mengganggu, seperti rumah filter udara dan selang. Jika sudah, kemudian langsung putar poros engkol tepat pada bagian angka 0.

Bila Anda sudah melakukan cara ini, kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya berikut.

Menentukan Posisi TMA/TOP Kompresi Silinder

Cara menyetel klep mobil selanjutnya adalah dengan cara menentukan posisi TMA/TOP kompresi silinder 1 maupun 4. Saat memutar poros engkol, Anda jangan lupa untuk memperhatikan katup masuk silinder mana yang akan bergerak.

Jadi Anda bisa menggerak-gerakkan puli poros engkol mesin dan melihat katup masuk pada silinder 1 maupun 4. Apabila kedua katupnya bergerak, maka berarti bahwa katup itu tidak bisa Anda setel, sebab berada pada akhir langkah buang dan awal langkah hisap.

Sementara itu, apabila kedua katup yang bergerak akan ada pada bagian silinder 4, yang mana berarti bahwa mesin berada pada TOP 1. Sedangkan cara lain untuk menentukan posisi TMA/TOP itu yakni dengan memeriksa push rod.

Nah, saat katup berada dalam kondisi tak tertekan maupun tertutup, maka push rod itu tidak tertekan sehingga bisa bergerak. Namun bila push rod yang bergerak itu terlihat pada silinder 2, maka silinder ini telah berada pada posisi TOP 1.

Baca Juga: Fungsi Camshaft Mobil yang Penting untuk Anda Ketahui, Simak!

Mengencangkan Baut Kepala Silinder

Cara menyetel klep mobil langkah berikutnya adalah dengan cara mengencangkan baut kepala silinder. Apabila Anda telah mendapat posisi TOP 1 maupun 4 pada silinder, langsung saja kencangkan bautnya.

Pada tahapan ini sangat penting juga untuk memastikan penunjang batang penumbuk katup maupun rocker arm. Karena ketika mengencangkan baut kepala silinder juga tidak boleh Anda lakukan secara sembarangan begitu saja.

Pastikan bahwa baut penunjang penumbuk katup harus benar-benar berada pada momen 1.8-2.4 kg-m. Sementara itu, untuk baut kepala silinder juga harus berada pada momen 5.4-6.6 kg-m pula.

Apabila penyetelan katup benar-benar selesai, berikutnya tinggal mengencangkan mur penahan sembari menahan baut penyetel. Jangan lupa untuk mengecek lagi katup mobil dengan cara merasakan tarikan dari feeler gauge.

Beberapa cara menyetel klep mobil seperti tadi, mungkin sudah Anda ketahui dan pahami. Jadi supaya kendaraan tetap optimal, penting bagi Anda untuk melakukan penyetelan secara khusus. Mudah bukan? (R10/HR-Online)