Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Pasang Dioda pada Lampu Motor dan Dampak Negatif, Cek!

Cara Pasang Dioda pada Lampu Motor dan Dampak Negatif, Cek!

Cara pasang dioda pada lampu motor agar lebih terang dapat Anda lakukan dengan beberapa langkah mudah. Penggunaan komponen ini sebagai sarana penerang lampu motor yang telah banyak orang gunakan, dan memang terbukti hasilnya.

Ini merupakan komponen elektronika yang memiliki fungsi untuk menyimpan arus listrik kemudian melepaskannya. 

Maka tidak heran jika komponen ini dapat membuat lampu motor lebih terang. Meskipun demikian, ternyata penggunaan komponen memiliki efek samping yang perlu Anda ketahui. Agar tidak semakin penasaran, simak ulasan lengkap berikut ini.

Baca Juga: Mika Lampu Motor Buram, Sebaiknya Cari Tahu Penyebab dan Solusinya

Mengetahui Cara Pasang Dioda pada Lampu Motor

Ini merupakan suatu komponen elektronika 2 katup yang mempunyai resistansi nol pada satu sisi serta resistensi tinggi pada sisi lainnya.

Dengan kata lain, komponen ini adalah sebagai penyearah arus listrik dengan cara mengalirkan arus listrik pada satu sisi serta memblokirnya pada sisi yang lain.

Komponen terdiri dari beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Seperti Zener yang berfungsi sebagai penstabil tegangan pada rangkaian elektronika.

Selanjutnya ada LED serta Rectifier yang bermanfaat sebagai penyearah arus. Terdapat sejumlah alasan mengapa komponen hadir sebagai penerang lampu motor, salah satunya karena harganya yang terjangkau.

Tentu hal ini apabila kita bandingkan dengan mengganti lampu motor dengan versi HID. Selain itu, cara pasang komponen elektronika satu ini untuk penerang lampu motor juga terbilang mudah serta tidak memerlukan komponen yang rumit. Siapapun dapat mencobanya dengan syarat sudah terbiasa dengan elektronika.

Baca Juga: Penyebab Lampu Motor Cepat Panas yang Harus Anda Ketahui

Langkah Mudah Pasang Dioda pada Lampu Motor

Berikut ini cara mudah untuk pasang dioda pada lampu motor agar lebih terang antara lain:

  • Langkah penting pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan beberapa bahan seperti 3 komponen berukuran 6 ampere, 1 komponen berukuran 1 ampere, kabel, serta fitting lampu
  • Jika semua bahan telah tersedia, lalu sambungkan ketiga komponen berukuran 6 ampere dengan kontak pada sisi positifnya. Kemudian fitting pada sisi negatifnya
  • Berikutnya potong kabel pada sisi negatif fitting serta sambungkan pada sisis negatif komponen.
  • Berikutnya sambungkan bagian positif komponen 1 ampere dengan fitting lampu jauh
  • Pada sisi lainnya sambungkan ke saklar eksternal untuk pengaturan Booster. Dalam hal ini, Anda dapat mengatur sendiri kapan akan memakai boosternya.

Baca Juga: Penyebab Lampu Motor Sering Putus dan Trik Mudah Perbaikannya

Efek Samping

Meskipun komponen elektronika ini mampu memberikan hasil penerangan yang lebih baik pada lampu motor, akan tetapi penggunaan komponen ini memiliki beberapa dampak negatif. Jika pemasangan komponen terbalik, maka akan berpotensi terjadinya konsleting yang cukup membahayakan.

Dalam hal ini, fitting lampu motor dapat terbakar. Selain itu, penggunaan komponen yang berlebihan dapat memperpendek usia lampu. Lampu akan lebih sering memperoleh tegangan listrik yang melebihi kapasitas. Ini berpotensi untuk menyebabkan lampu putus.

Dengan cara pasang dioda pada lampu motor dapat menjadi solusi bagi Anda yang akan berkendara pada malam hari. Meskipun mudah dan praktis, seperti penjelasan di atas, Anda juga perlu memperhatikan beberapa efek samping penggunaan komponen ini. Sehingga Anda dapat lebih teliti dan waspada dalam pemasangan komponen ini. (R10/HR-Online)