Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Pasang Karet Per Mobil agar Lebih Nyaman Berkendara!

Cara Pasang Karet Per Mobil agar Lebih Nyaman Berkendara!

Cara pasang karet per mobil harus Anda lakukan dengan benar. Jika per mobil Anda pasang dengan cara yang benar, maka fungsinya juga bisa maksimal. Per mobil merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk meredam getaran.

Sebab, pada umumnya mobil akan memiliki getaran akibat kontur jalan yang kendaraan lewati. Adanya per mobil ini juga bisa menahan dari beban yang dibawa oleh mobil.

Baca Juga: Cara Menyetel Klep Mobil Agar Performanya Tetap Optimal

Ketahui Cara Pasang Karet Per Mobil

Saat berada dalam mobil, pada umumnya penumpang tidak akan merasakan adanya gerakan-gerakan akibat kontur jalan.

Meskipun gerakan tersebut tetap sedikit terasa, paling tidak gerakan tersebut mampu berkurang dengan adanya per mobil. Lalu bagaimana cara pasang karet per mobil?

Sebelum mengetahui bagaimana cara memasangnya, ada baiknya jika kita mengetahui bagaimana cara membongkarnya terlebih dulu.

Peralatan yang Dibutuhkan

Sebenarnya cara melepas dan memasang karet per belakang mobil cukup mudah. Anda hanya membutuhkan dongkrak dan kunci shock saja.

Usahakan Anda memakai kunci shock yang memiliki tangkai panjang agar lebih mudah membuka pernya nanti. Setelah semua peralatan siap, kini saatnya Anda mengganti atau bongkar pasang per mobil.

  1. Pertama posisikan mobil Anda pada tempat rata. Bukalah baut shock breaker belakang menggunakan kunci shock yang panjang.
  2. Sesudah lepas bautnya, posisikan dongkrak bagian bawah chassis yang terdapat pada bagian tengah.
  3. Sesudah posisi dongkrak tepat, selanjutnya coba menaikkan dongkrak beberapa centimeter dulu. Setelah itu, lepaskan shock breaker dari bautnya dengan menarik ke arah luar mobil.
  4. Sesudah karet per lepas, naikkan dongkraknya sampai per mobil kendor dudukannya. Ambil dan keluarkan dengan tangan.

Baca Juga: Tips Membeli Shockbreaker Mobil Bekas Agar Tidak Salah Pilih

Proses Pemasangan Karet Per Mobil

Setelah karet per mobil terlepas, selanjutnya Anda harus tahu bagaimana cara pasang karet per mobil yang baru atau penggantinya.

  1. Pertama, masukkan per ke dalam karet pengganti.
  2. Sesudah per tersebut menempel dengan karet, selanjutnya Anda bisa turunkan dongkraknya secara perlahan hingga batas baut dengan lubang shock bagian belakangnya dalam posisi sejajar.
  3. Setelah sejajar, selanjutnya masukkan shock breaker ke dalam baut, Anda tinggal mendorongnya saja. Sesudah masuk, kendorkan dongkraknya hingga habis.
  4. Selanjutnya, Anda tinggal mengencangkan baut shock breakernya.

Jadi, untuk cara pasang karet per mobil sebenarnya mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Asalkan Anda sudah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Ciri Alternator Mobil Lemah Coba Mengenali dengan Munculnya Tanda Ini

Fungsi Per Mobil

Perlu Anda ketahui, per mobil memiliki peranan vital pada sistem sok. Apabila tidak terdapat per, maka mobil akan terasa ketika bergoncang. Ini pastinya bisa membuat penumpangnya menjadi tidak nyaman.

Tak hanya itu saja, per mobil juga berfungsi sebagai penahan bobot pada mobil. Letak per mobil ini memang berada di antara body dan roda mobil.

Jadi per akan menahan berat dari body ke sasis supaya tidak terjadi gesekan maupun benturan.

Jika beban mobil semakin banyak dan berat bobot mobil semakin tinggi, maka per akan bekerja dengan lebih keras untuk menahan beban tersebut.

Untuk kenyamanan, Anda sebaiknya memilih karet per mobil yang berkualitas. Cara pasang karet per mobil juga harus Anda lakukan dengan tepat supaya mobil lebih aman saat dikendarai. (R10/HR-Online)