Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Set Video Jadi Wallpaper Android, Tampilan Layar Makin Unik

Cara Set Video Jadi Wallpaper Android, Tampilan Layar Makin Unik

Cara set video jadi wallpaper Android bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi. Meski begitu, cara set video jadi wallpaper juga bisa hanya mengandalkan menu bawaan Android sehingga tanpa aplikasi tambahan. Lebih lengkapnya, cek tutorial HP Android berikut.

Baca Juga: Cara Membuat Live Wallpaper di Android dengan atau Tanpa Aplikasi

Panduan Cara Set Video Jadi Wallpaper Android

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas secara detail cara set video jadi wallpaper menggunakan HP Oppo dan Vivo. Ada pula pembahasan dengan memanfaatkan aplikasi Video Wallpaper dan Video Live Wallpaper. Anda sesuaikan saja dengan keinginan saat ingin mencobanya.

Video Wallpaper

Sebagaimana yang sudah kita singgung di atas, Video Wallpaper jadi salah satu aplikasi untuk membuat wallpaper di HP Android. Agar proses pengunduhan berhasil, Anda harus cek dulu ruang penyimpanannya. Pastikan HP Android Anda memiliki ruang penyimpanan yang memadai.

Kapasitas penyimpanan bukan hanya memudahkan dalam proses pengunduhan saja, melainkan juga instalasi. Apabila kapasitas penyimpanan terbatas, maka tak bisa memasang aplikasi Video Wallpaper di Android. Jika masalah tersebut yang Anda hadapi, bisa memanfaatkan microSD.

  1. Cara set jadi wallpaper Android yang pertama yakni download aplikasi Video Wallpaper di Google Play Store dulu.
  2. Lakukan instalasi aplikasi Video Wallpaper.
  3. Buka aplikasi Video Wallpaper.
  4. Pilih video yang ingin Anda jadikan wallpaper.
  5. Masuklah ke Pengaturan Wallpaper dan aturlah sesuai kebutuhan.
  6. Tekan Set As Launcher Wallpaper.
  7. Klik Home Screen & Lock Screen atau hanya Home Screen. Pilih saja sesuai yang Anda inginkan.

Menarik bukan? Hanya dengan satu aplikasi, Anda bisa terapkan wallpaper di dua tempat sekaligus. Tampilan Layar Beranda dan Layar Kunci Anda pasti lebih menarik daripada biasanya.

Baca Juga: Membuat Wallpaper Layar Kunci Bergerak di HP Android dan iPhone

HP OPPO

Bagi Anda yang menggunakan HP OPPO, maka tak perlu download aplikasi apapun. Anda hanya perlu memanfaatkan menu Pengaturan yang ada di ponsel. Tak heran apabila cara set video jadi wallpaper Android yang satu ini terbilang praktis.

  1. Masuklah ke Pengaturan OPPO.
  2. Tap Layar Beranda & Layar Kunci.
  3. Klik Pasang Wallpaper.
  4. Tap Live Wallpapers.
  5. Pilih wallpaper bergerak sesuai keinginan.
  6. Aplikasikan di Layar Kunci dan Layar Beranda.
  7. Apabila Anda menggunakan ColorOS 11, bisa klik Settings dan memilih Personalisations.

Anda perlu memastikan dulu sistem operasi apa yang tersemat pada ponsel. Setelah itu, baru cek tutorial di atas. Hal ini demi kelancaran langkah yang Anda lewati.

Video Live Wallpaper

Cara lainnya yang juga bisa Anda gunakan untuk set video jadi wallpaper di HP Android yakni memanfaatkan Video Live Wallpaper. Cara yang satu ini bisa Anda praktikkan saat menggunakan HP Android dengan merek apa saja. Tutorialnya juga sederhana, ikuti saja langkah di bawah ini.

  1. Download Video Live Wallpaper di Google Play Store.
  2. Pasang Video Live Wallpaper di HP Android yang Anda gunakan.
  3. Jalankan aplikasi Video Live Wallpaper.
  4. Klik Choose Video.
  5. Beri izin aplikasi untuk mengakses galeri ponsel.
  6. Pilih video.
  7. Klik tombol ikon di sudut kanan atas.
  8. Tekan Setel Wallpaper di sisi kanan atas.

Jangan ragu untuk download aplikasi Video Live Wallpaper sekarang juga. Hal ini karena Video Live Wallpaper memiliki ukuran ringan sehingga tak menyita kapasitas penyimpanan. Selain itu, pemasangan Video Live Wallpaper juga tidak akan membuat ponsel jadi lemot.

Baca Juga: Mengubah Tampilan Panggilan Android, Gunakan Aplikasi Ini!

HP Vivo

Khusus pengguna Vivo, Anda tak perlu download aplikasi apapun karena bisa melakukannya dengan memanfaatkan aplikasi default di HP Android. Aplikasi tersebut yakni i Theme. Dengan begitu, Anda tak perlu repot menyiapkan ruang penyimpanan di ponsel.

  1. Bukalah aplikasi i Theme di HP Vivo yang Anda gunakan.
  2. Tap Tema.
  3. Klik Wallpaper.
  4. Lalu klik Live Wallpaper.
  5. Pilihlah salah satu wallpaper animasi yang ingin Anda jadikan sebagai wallpaper di ponsel.
  6. Aplikasikan di Layar Beranda.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa cara yang satu ini hanya bisa diaplikasikan pada Layar Beranda saja. Untuk Layar Kunci, hingga kini belum support. Meski begitu, tetap menarik untuk Anda terapkan pastinya.

Jangan ragu untuk mencoba salah satu dari beberapa cara set video jadi wallpaper Android di atas. Adanya wallpaper jelas membuat tampilan ponsel Android menjadi lebih menarik dan keren. Hal ini bisa menambah rasa percaya diri Anda selama mengoperasikan HP Android. (R10/HR-Online)