Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Update GPU Android, Optimalkan Kualitas Grafis

Cara Update GPU Android, Optimalkan Kualitas Grafis

Cara update GPU Android bisa dipraktikkan untuk meningkatkan performa ponsel. Biasanya update GPU di Android dilakukan untuk bisa memainkan game dengan cara mudah. Tutorial Android ini sendiri sangat beragam yang bisa Anda tahu dengan menyimak pembahasan berikut.

Baca Juga: Cara Menggunakan DVBFinder Android yang Mudah untuk Tracking

Tutorial Cara Update GPU Android

Pada dasarnya, update GPU bisa dilakukan secara mudah. Bahkan pemula sekalipun tak akan kesulitan melakukannya. Meski begitu, bukan berarti bisa disepelekan.

Hal ini karena update GPU terbukti memberikan banyak manfaat. Salah satunya ialah menampilkan grafis yang berkualitas di layar. Grafis berkualitas ini membuat tampilan layar jadi lebih jernih.

Mata pengguna tentu saja tak akan mudah merasa perih saat mengoperasikan ponsel.

Tampilan beresolusi tinggi juga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan pengguna dalam memilih ponsel. Untuk itu, tak ada salahnya Anda melakukan update GPU.

Menutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

Ada banyak cara update GPU di Android yang bisa Anda pilih. Adapun salah satunya yaitu menutup aplikasi yang sudah tak terpakai. Apabila Anda melakukan hal tersebut, maka RAM di HP Android bisa tetap terasa lega.

Tak bisa kita pungkiri bahwa update GPU tidak hanya bisa dengan pengoptimalan software saja, melainkan juga hardware.

Jika Anda tetap memaksakan menggunakan aplikasi di latar belakang, maka ponsel bisa lemot. Lambat laun ponsel bisa blank dan lag.

Selain menutup aplikasi tak terpakai yang berjalan di latar belakang ponsel, lebih baik Anda juga hapus aplikasi yang sudah lama tidak digunakan.

Tak hanya berdampak baik pada peningkatan performa GPU saja, melainkan juga memperluas kapasitas penyimpanan.

Dengan memperhatikan cara update GPU Android ini, maka Anda bisa menyimpan banyak data penting secara leluasa kapan saja.

Sebagai saran, Anda juga jangan menginstall aplikasi berat sebab bisa memperlambat kinerja ponsel. Lebih baik pasang aplikasi ringan dan memang Anda butuhkan.

Baca Juga: Mengubah Tampilan Panggilan Android, Gunakan Aplikasi Ini!

Scan Antivirus

Cara update GPU lainnya yang juga bisa Anda lakukan yaitu memasang aplikasi antivirus pada HP Android.

Adapun beberapa aplikasi yang banyak direkomendasikan yaitu Avast Antivirus, Avira, Kaspersky Mobile Antivirus, McAfee Mobile Security, Malwarebytes Security, Bitdefender Antivirus, dan masih banyak lagi. Aplikasinya memang beragam, Anda bisa memilih salah satunya.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa tiap aplikasi menawarkan fitur dan kelebihan tersendiri. Pastikan Anda mengetahuinya sebelum menggunakan. Setelah itu, Anda bisa lebih yakin untuk menggunakan aplikasi tersebut atau tidak.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu memilih aplikasi. Sebagai contoh, Anda bisa pilih Avast Antivirus.
  2. Setelah memilihnya, maka bisa download Avast Antivirus di Google Play Store.
  3. Kemudian install pada HP Android yang Anda gunakan.
  4. Langkah selanjutnya, Anda bisa jalankan aplikasi Avast Antivirus.
  5. Lalu bukalah antarmuka Avast dan klik Protection yang ada di bilah kiri.
  6. Pilihlah Virus Scans.
  7. Berikutnya, pilih Full Virus Scan.
  8. Tak butuh waktu lama, Avast Antivirus akan langsung memulai proses pemindaian. Anda hanya perlu menunggu sampai prosesnya selesai.

Baca Juga: Cara Mengubah DPI Foto di Android, Praktis untuk Pemula

Melalui Overclocking

Update GPU di Android juga bisa Anda lakukan dengan cara memanfaatkan Overclocking. Namun ada beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum melakukannya.

Hal-hal tersebut yaitu backup file, mengisi baterai ponsel sampai penuh, dan root hp Android.

  1. Apabila Anda sudah memastikan semua hal tersebut siap, maka bisa download sekaligus install SetCPU.
  2. Jalankan aplikasinya sehingga bisa memberi akses Superuser.
  3. Izinkan aplikasi untuk memindai kecepatan prosesor. Ketika Anda merasa kecepatan ponsel stabil, maka bisa langsung klik Set to Boot.
  4. Langkah selanjutnya, Anda bisa atur syarat dan ketentuan waktu SetCPU underclock ataupun overclock kecepatan prosesornya.

Untuk melakukan update GPU melalui Overclocking cukup mudah. Aplikasi yang bisa mendukungnya juga beragam.

Adapun aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk overclock ponsel Android seperti halnya Kernel Adiutor, Performance Tweaker, hingga Faux123 Kernel Enhancement Pro.

Beberapa cara update GPU Android di atas mudah bukan? Anda tak perlu ragu untuk mencoba demi meningkatkan performa ponsel. Setelah update, maka kinerja HP akan terasa optimal untuk melakukan beragam multitasking seperti bermain sosial media, berselancar search engine, gaming, dan masih banyak lagi. (R10/HR-Online)