Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBerita BanjarCerita Mistis Gunung Sangkur Kota Banjar, Dihuni Kerajaan Gaib dan Bagong Besar

Cerita Mistis Gunung Sangkur Kota Banjar, Dihuni Kerajaan Gaib dan Bagong Besar

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Menelisik cerita mistis Gunung Sangkur di Kota Banjar, Jawa Barat, yang konon dihuni kerajaan gaib dan tempat berburu bagong (babi hutan).

Keberadaan Gunung Sangkur yang terletak di wilayah Kelurahan/Kecamatan Pataruman, Kota Banjar itu memiliki pepohonan yang lebat nan hijau.

Menurut cerita warga setempat, kerajaan gaib yang ada di gunung tersebut salah satunya kerajaan bagong. Sebagai penguasa kerajaan bagong bernama Ki Tekel.

Tak hanya itu, gunung yang terkenal memiliki cerita mistis tersebut juga menjadi tempat berburu hewan liar berupa babi hutan atau bagong.

Agus Sumitro, salah seorang warga setempat mengatakan, hingga saat ini masih ada warga yang berburu bagong atau babi liar di kawasan hutan Gunung Sangkur.

Para pemburu babi hutan rata-rata berasal dari luar daerah. Untuk warga atau penduduk setempat sudah jarang yang melakukan perburuan. Berburu babi hutan biasanya bersifat musiman.

Baca Juga : Mitos Kebakaran Hutan Gunung Sangkur di Banjar Pertanda Akan Hujan

“Kadang-kadang ada juga yang masih suka berburu. Tapi kebanyakan dari luar daerah dan itu biasanya mereka musiman,” tutur Agus kepada harapanrakyat.com, Minggu (25/09/2022).

Bagong Besar dan Cerita Mistis Gunung Sangkur di Kota Banjar

Menurutnya, bagong atau babi hutan masih ada dan terkadang turun ke sawah milik penduduk ketika musim panen tanaman tiba. Terutama tanaman yang berada di lereng Gunung Sangkur.

“Biasanya kalau musim panen tanaman kadang-kadang ada yang turun ke sawah. Tepatnya di daerah Curug Taneuh,” terangnya.

Sedangkan, terkait mitos tentang sosok bagong besar yang menguasai wilayah tersebut, lanjut Agus, hingga saat ini memang masih ada. Hanya saja jarang menampakkan diri.

Bagong tersebut konon merupakan bagong yang paling tua dan susah untuk diburu, meski menggunakan senapan sekalipun.

“Bagong besar itu katanya rajanya bagong di Gunung Sangkur, dan itu yang paling tua. Tapi sekarang sudah jarang menampakkan diri,” ujar Agus.

Baca Juga : Cerita Mitos Sumber Mata Air Cibatu di Cipaku Ciamis, Dihuni Makhluk Halus yang Jahil

Cerita Mistis Gunung Sangkur Dilestarikan dalam Bentuk Seni

Sementara itu, menurut penuturan salah seorang seniman yang rumahnya tidak jauh dari lokasi Gunung Sangkur, Dian Herdiana, bahwa berbagai cerita mistis Gunung Sangkur hingga kini masih melekat di masyarakat.

Terutama warga yang tinggal berada ada di bawah lereng Gunung Sangkur. Salah satunya yaitu cerita mistis terkait keberadaan kerajaan gaib yang konon penguasanya bernama Ki Tekel.

“Ki Tekel dalam cerita Gunung Sangkur merupakan sosok makhluk halus penguasa bagong. Bahkan sampai saat ini masih menjadi penguasa kerajaan bagong,” katanya.

Selain Ki Tekel, terdapat pula cerita mistis Gunung Sangkur lainnya, yaitu keberadaan Batu Begu yang erat kaitannya dengan kerajaan bagong.

Batu tersebut konon bisa bergerak sendiri. Hal itu menjadi pertanda yang menunjukkan letak ataupun arah kemunculan sosok bagong ghaib.

“Beragam cerita mistis Gunung Sangkur ini akhirnya dilestarikan. Yaitu dalam bentuk seni kearifan lokal daerah. Bentuk kesenian tersebut bernama Onen-onen Gunung Sangkur,” pungkasnya. (Muhlisin/R3/HR-Online/Editor-Eva)