Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita TerbaruCiri-Ciri Oli Motor Masih Bagus dari Segi Warnanya yang Jernih

Ciri-Ciri Oli Motor Masih Bagus dari Segi Warnanya yang Jernih

Ciri-ciri oli motor masih bagus bisa Anda lihat dari warnanya. Sayangnya masih ada pemilik motor tidak tahu ciri-ciri oli yang masih bagus. Sehingga waktu penggantian hanya dilihat dari kurun waktunya, padahal penting memperhatikan perawatan motor ini.

Padahal bagus tidaknya oli bisa Anda tahu dari beberapa hal. Sebaiknya lakukan pengecekan agar performa kendaraan tetap terjaga.

Baca Juga: Cara Mengetahui Oli Gardan Motor Habis dengan Mengenali Cirinya

Ciri-Ciri Oli Motor Masih Bagus dari Warna dan Kekentalan

Oli adalah salah satu komponen penting pada setiap kendaraan termasuk sepeda motor. Fungsinya yang cukup penting membuat pemilik motor harus melakukan pengecekan secara berkala.

Jika sampai oli telat diganti akan mempengaruhi performa motor. Sama seperti komponen lainnya, oli memiliki tipe yang berbeda. Sehingga setiap merek sepeda motor penggunaan olinya tidak sama.

Pastikan Anda bisa menentukan jenis oli yang tepat pada kendaraan. Setiap perusahaan sepeda motor biasanya memberikan buku panduan dengan penggunaan jenis oli standarnya.

Bahkan termasuk batas kekentalan pelumas atau SAE yang direkomendasikan. Adapun beberapa di antaranya yaitu Suzuki menggunakan Genuine oil dan Toyota menggunakan TMO.

Oli berkualitas yang bagus mampu melapisi logam pada mesin kendaraan. Sehingga semua komponen lebih terawat dan performanya pun bagus.

Jika Anda masih bingung melihat kondisi oli yang bagus bisa lihat dari ciri-cirinya berikut ini:

Baca Juga: Cara Cek Ketinggian Oli Motor dengan Menggunakan Langkah Berikut!

Warnanya Jernih

Salah satu ciri-ciri oli motor masih bagus bisa Anda lihat dari warna oli yang masih jernih. Penggunaan oli motor bisa dilihat dari seberapa sering kendaraan digunakan.

Saat Anda melakukan pengecekan bisa melihat dengan membuka lubang tempat oli berada. Anda bisa cek apakah kekentalan oli sudah pekat atau belum. Oli dengan kondisi masih jernih atau bening menandakan kondisinya masih bagus.

Oli memiliki warna kuning keemasan saat masih baru. Seiring pemakaiannya akan berubah menjadi semakin keruh. Namun jika oli motor sudah kecoklatan atau menghitam menandakan Anda perlu segera menggantinya.

Oli dalam kondisi buruk akan mengurangi performa kendaraan. Untuk itu, lakukan pengecekan secara rutin agar performa mesin motor tetap terjaga.

Baca Juga: Cara Mengatasi Oli Naik ke Filter Udara, Ketahui Faktor Penyebabnya!

Tidak Ada Gumpalan pada Oli

Mengetahui ciri-ciri oli motor masih bagus membantu Anda bisa melakukan penggantian dengan tepat. Pastikan Anda lakukan pengecekan jika dirasa sudah cukup lama Anda gunakan.

Selain dari warnanya, Anda bisa deteksi dari kekentalan oli. Jika tidak terdapat gumpalan, saat Anda melakukan pengecekan menandakan kondisinya masih bagus. Coba ulangi pengecekan yang sama kurang lebih 3x agar Anda yakin.

Coba juga dengan memegangnya, apabila terasa seperti ada gumpalan tandanya oli tidak sesuai dengan standar sepeda motor. Penggunaan oli yang kurang berkualitas juga berpengaruh terhadap kinerja kendaraan. Masa pakai oli motor pun menjadi berkurang.

Sebaiknya cek oli dan komponen lain sepeda motor secara berkala. Anda pun juga perlu tahu bagaimana ciri-ciri oli motor masih bagus agar tidak salah saat menggantinya. Selain masa pakai ternyata warna juga bisa Anda gunakan untuk menentukan kualitas oli. (R10/HR-Online)