Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri Thermostat Mobil Rusak Salah Satunya Mesin Overheat

Ciri Thermostat Mobil Rusak Salah Satunya Mesin Overheat

Ciri thermostat mobil rusak tampak dari adanya beberapa masalah. Thermostat mobil rusak bisa dari mesin yang sering overheat. Sebagai pemilik mobil sebaiknya Anda tahu bagaimana cara mengatasi jika masalah ini terjadi. Sehingga kerusakan dapat teratasi lebih cepat. Apalagi mengingat jika thermostat rusak cukup berbahaya.

Baca Juga: Ciri Mobil Boros Bensin yang Harus Anda Ketahui, Simak Ulasannya!

Ciri Thermostat Mobil Rusak dan Minta Diganti

Thermostat mobil itu sendiri adalah komponen yang terletak di dalam sistem pendingin. Fungsinya cukup penting yaitu bekerja berdasarkan temperatur air pendingin yang ada.

Jika suhu dalam kategori rendah, maka komponen tersebut dalam kondisi tertutup. Hal ini mengakibatkan air pendingin tidak akan dialirkan menuju radiator.

Berbeda jika suhu naik 80-100 derajat celcius maka komponen akan terbuka dan mengalirkan air pendingin ke radiator. Dari penjelasan ini dapat disimpulkan jika thermostat adalah komponen vital pada kendaraan.

Seperti yang kita ketahui jika mesin mobil dapat menghasilkan panas, jika sampai panas berlebih akan menimbulkan masalah. Dari sinilah sistem pendingin memiliki peran cukup penting.

Sehingga setiap mobil membutuhkan yang namanya thermostat. Saat komponen mengalami kerusakan ada beberapa yang bisa Anda rasakan misalnya:

Baca Juga: Ciri-Ciri Mobil Harus Balancing Agar Kondisinya Tetap Prima, Simak Ini!

Konsumsi BBM Lebih Boros

Salah satu ciri thermostat mobil rusak yang sering terjadi yaitu konsumsi BBM lebih boros dari biasanya.Saat kondisi mesin rendah, mengakibatkan konsumsi bahan bakar lebih banyak daripada mesin berada pada suhu kerja.

Jika kondisi ini terus Anda biarkan dan thermostat tidak segera diganti maka akan mengakibatkan mesin mudah rusak. Hal ini terjadi akibat cairan pendingin lebih cepat yang dapat menimbulkan air belum sempat didinginkan dalam radiator.

Sehingga masuk ke dalam mesin mobil begitu saja. Begitu juga saat air belum sampai pada suhu kerja ideal sudah mengalir ke radiator.

Kondisi ini mengakibatkan bahan bakar lebih boros. Pengeluaran pun akan bertambah. Untuk itu segera atasi dengan cara mengganti thermostat yang baru.

Baca Juga: Ciri-ciri Mobil Harus di Spooring Agar Aman dan Nyaman Saat Berkendara

Thermostat Macet

Ada ciri-ciri selanjutnya yaitu thermostat mengalami macet. Komponen tersebut tidak kunjung terbuka saat mesin mencapai suhu tinggi misalnya 90 derajat celcius atau lebih.

Jika kondisi ini yang terjadi maka pasti komponen mengalami kerusakan. Jika komponen macet menyebabkan saluran air pada radiator tidak bersirkulasi.

Mesin akan overheat dan hembusan AC mobil akan terasa panas. Jika kondisi ini terjadi pada kendaraan Anda ada baiknya segera menggantinya.

Saat mesin overheat akan timbul asap pada bagian mesin. Kondisi ini biasanya terjadi saat mobil Anda kendarai dalam waktu cukup lama. Bahkan olinya sendiri akan berubah warna menjadi kecoklatan.

Semua komponen mobil memiliki peran cukup penting begitu juga dengan thermostat. Ada baiknya Anda tahu apa saja ciri thermostat mobil rusak. Sehingga dapat segera melakukan penanganan secepatnya agar tidak menimbulkan masalah baru yang cukup parah. (R10/HR-Online)