Jumat, September 30, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Kanopi Tanaman Rambat yang Cantik dan Enak Dipandang

Desain Kanopi Tanaman Rambat yang Cantik dan Enak Dipandang

Desain kanopi tanaman rambat sangat cantik. Selain itu, tanaman rambat pada desain kanopi juga memberi kesan asri dengan adanya tanaman rambat. Model kanopi ini juga sangat cocok untuk Anda para pecinta tanaman.

Penggunaan kanopi di rumah kini semakin umum. Itu karena gaya kanopi dapat Anda buat sedemikian rupa dan sesuai dengan selera masing-masing.

Ada banyak cara untuk mempercantik kanopi, salah satunya adalah dengan menambahkan tanaman rambat di sekitarnya.

Baca Juga: Model Kanopi Baja Ringan Depan Rumah Minimalis Modern

Pilihan Desain Kanopi Tanaman Rambat Kekinian!

Anda pastinya ingin memiliki rumah yang segar dan asri. Untuk bisa mendapatkan itu, maka Anda bisa menambahkan beberapa tanaman di sekitar rumah.

Tidak hanya di dalam pot, Anda sebenarnya juga dapat menambahkan tanaman rambat. Tanaman rambat tersebut dapat Anda tambahkan pada kanopi rumah.

Kanopi yang merupakan atap tambahan di luar rumah memang harus mendapat sedikit sentuhan. Sebab, jika Anda biarkan polos begitu saja pastinya akan mengurangi daya tarik rumah.

Penggunaan tanaman rambat pada kanopi dapat membuat suasana rumah lebih segar, indah, dan juga cantik. Anda bisa menerapkannya pada kanopi yang ada di halaman rumah, taman, atau garasi.

Nah, agar tidak kebingungan, berikut ini beberapa inspirasi desain kanopi tanaman rambat yang mungkin bisa Anda terapkan di rumah.

Baca Juga: Desain Kanopi Kaca Tempered Tampilan Elegan untuk Rumah Modern

Desain Kanopi dengan Tanaman Rambat Minimalis

Tidak dapat dipungkiri bahwa desain minimalis saat ini semakin populer, terlebih di kalangan anak muda. Desain minimalis ini sangat cocok untuk Anda yang mengalami masalah keterbatasan ruang.

Perpaduan antara tanaman rambat yang hijau dengan kanopi berukuran tinggi akan membuat suasana semakin asri. Desain minimalis ini juga akan membuat penampilan fasad rumah Anda menjadi lebih cantik dan juga teduh.

Lebih baik gunakan rangka besi untuk tanaman merambat yang Anda miliki di rumah. Agar desain kanopi tanaman rambat minimalis tetap terjaga, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik.

Jangan biarkan tanaman rambat terlalu rimbun karena justru akan menutupi bentuk asli kanopi Anda dan membuat rumah tampak semakin sempit.

Kombinas dengan Atap Polikarbonat

Anda juga dapat menggunakan material polikarbonat untuk kanopi di rumah. Atas polikarbonat sendiri merupakan salah satu material yang berjenis thermoplastic polymer.

Material polikarbonat memiliki sifat yang lebih sederhana dalam proses pengerjaannya, proses pencetakan simpel, serta mudah terbentuk di dalam panas sehingga banyak digunakan pada industri kimia.

Atap polikarbonat ini juga memiliki keunggulan, yaitu dapat memudarkan sinar Matahari, cara membersihkannya mudah, dan juga 200 kali lebih kuat dari kaca.

Desain kanopi tanaman rambat dengan kombinasi atap polikarbonat akan memberikan kesan teduh yang kental.

Banyak jenis tanaman rambat yang bisa Anda gunakan, seperti halnya Lee Kuan Yew, Air Mata Pengantin, atau bahkan tanaman Clematis. Sesuaikan saja jenis tanamannya dengan kebutuhan dan budget.

Baca Juga: Model Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang, Intip Jajaran Rekomendasinya

Desain Kanopi dengan Tanaman Merambat Bercarang

Salah satu kelemahan menggunakan hiasan tanaman rambat pada kanopi adalah pertumbuhannya yang cepat. Tanaman rambat bisa saja bertambah dengan banyak dalam waktu singkat.

Itu akan membuat tanaman rambat menjadi lebat dan rimbun. Jika sudah begitu, maka kanopi akan terasa sempit dan tidak terurus.

Untuk Anda yang khawatir akan seperti itu dan tidak menyukai tanaman rimbun, maka bisa merancangnya dengan bercarang.

Artinya, Anda bisa memberikan tanaman merambat di setiap tiang kanopi, tidak langsung di atas atapnya. Desain kanopi tanaman rambat seperti ini akan sangat membantu mencegah mereka menjadi rimbun.

Dengan demikian, maka paparan sinar Matahari masih dapat tembus dari celah-celah kanopi. Untuk dapat melakukan ini, Anda bisa menggunakan pot di setiap tiang atau sudut kanopi yang Anda ingin hias dengan tanaman.

Nantinya tanaman hanya akan merambat di area itu saja dan tidak merimbun. Meski demikian, Anda juga tetap harus merawatnya secara berkala.

Penggunaan tanaman rambat untuk kanopi di rumah bisa menjadi pilihan terbaik untuk memberikan kesan alami di rumah. Selain memberikan kesan asri, biaya perawatan untuk tanaman merambat juga masih cukup terjangkau.

Ada begituĀ  banyak jenis tanaman rambat yang dapat Anda gunakan. Kemudian pilih desain kanopi tanaman rambat yang sesuai dengan selera dan konsep rumah Anda. (R10/HR-Online)