Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Ventilasi Ruang Tamu Hadir dengan Model Bervariasi

Desain Ventilasi Ruang Tamu Hadir dengan Model Bervariasi

Desain ventilasi ruang tamu hadir dengan berbagai rekomendasi pilihan. Apalagi ventilasi kini sudah hadir dengan berbagai varian termasuk untuk ruang tamu. Sebenarnya ventilasi terkadang sering disepelekan pada sebuah ruangan. Padahal hal ini justru memiliki peran penting.

Ada baiknya Anda dapat memilih jenis dan model ventilasi tepat termasuk untuk area ruang tamu. Ciptakan ruang tamu yang nyaman, terang dan memiliki tampilan menarik.

Baca Juga: Fengshui Kaca di Ruang Makan Mampu Mengalirkan Energi Positif

Beragam Inspirasi Desain Ventilasi Ruang Tamu

Keberadaan ventilasi pada sebuah ruangan di rumah memiliki peran cukup penting. Anda bisa memilih ventilasi dari desain hingga material yang digunakan.

Ruangan di rumah memiliki ventilasi yang berbeda baik itu, area kamar tidur, dapur, kamar mandi, ruang keluarga hingga ruang tamu. Karena ruang tamu memiliki peran cukup penting sebaiknya desain lebih maksimal.

Dengan memilih desain tepat akan membuat Anda mendapatkan suasana rumah yang nyaman. Desain ventilasi sebaiknya memiliki material dan model yang menarik.

Selain dapat berfungsi sebagai keluar masuk udara juga membuat tampilan interior ruangan semakin menarik. Saat ini model ventilasi hanya mengandalkan tampilan desain megah.

Meski demikian secara fungsi dan manfaat adanya ventilasi kurang maksimal. Padahal ventilasi biasanya akan berbanding lurus dengan kualitas udara dan cahaya.

Sehingga dampaknya akan berpengaruh terhadap kesehatan penghuni rumah. Bagi Anda yang masih bingung menentukan desain ventilasi untuk ruang tamu bisa simak inspirasinya berikut ini:

Baca Juga: Model Jendela Rumah Bagian Samping Sesuaikan Konsepnya

Ventilasi Model Mekanis

Sebagai pemilik rumah ada baiknya jika Anda dapat memilih desain ventilasi ruang tamu yang tepat. Sebenarnya model dan bahan sebuah ventilasi cukup bervariasi, sehingga bisa tepat digunakan untuk berbagai ruangan sesuai fungsinya.

Untuk ventilasi ruang tamu Anda bisa memilih model mekanis. Ventilasi model mekanis memang masih jarang dijadikan pilihan untuk sebuah rumah. Meski demikian tidak ada salahnya jika Anda mencoba menerapkannya di area ruang tamu.

Pasang kipas hisap untuk dapat menarik udara kotor di dalam ruangan. Keunggulan dari ventilasi model mekanis yaitu udaranya sangat bersih. Hal ini karena udara yang masuk ke dalam ventilasi diekstraksi terlebih dulu sebelum dibuang melalui loteng.

Tidak hanya itu saja, ventilasi model mekanik juga bisa sebagai penyaring debu dan serangga. Hanya saja dalam menggunakan ventilasi jenis ini Anda perlu menjaga kebersihan untuk selalu dijaga.

Ventilasi Nako

Selain jenis ventilasi yang pertama Anda juga bisa menggunakan model yang lain. Kaca nako menjadi inspirasi desain ventilasi ruang tamu selanjutnya.

Model ventilasi yang satu ini hampir sama dengan jalusi atau krepyak. Hanya saja berbeda pada material pembuatannya, nako terbuat dari kaca. Adapun keuntungan dari ventilasi kaca nako untuk rumah Anda yaitu memiliki sistem yang fleksibel.

Ukurannya bisa Anda atur sesuai kebutuhan. Varian jenis ventilasi ini banyak diterapkan pada rumah konsep minimalis modern nuansa natural. Saat cuaca sedang cerah bisa membukanya selebar mungkin, sehingga cahaya dan udara dapat masuk dengan baik.

Lain halnya ketika cuaca buruk, Anda bisa menutupnya agar air hujan dan angin tidak masuk ke dalam ruangan. Karena bahannya terbuat dari kaca dengan desain berbeda membuatnya memiliki harga yang cukup tinggi.

Pilih jenis ventilasi terbaik untuk bisa membantu sirkulasi udara dan cahaya masuk ke ruang tamu secara tepat.

Baca Juga: Ruang Tamu Tanpa Jendela Terlihat Terang Ini Tips Penataannya

Roster

Beda halnya dengan desain ventilasi roster. Model ventilasi yang satu ini memang berbeda dengan jenis lainnya. Hadir dengan model ventilasi unik yang biasa terpasang pada bagian dinding berbagai sudut ruangan.

Model ventilasi roster cukup bervariasi, Anda dapat memilih motif hingga ukuran sesuai kebutuhan. Ada banyak varian material pembuat roster.

Anda bisa menerapkannya di ruang tamu apakah material dari kayu, beton atau keramik. Semua dapat Anda sesuaikan dengan selera masing-masing. Karena bentuknya yang bervariasi ada baiknya Anda dapat menatanya secara tepat.

Susun roster agar lebih dinamis dengan pola lebih berani. Dengan teknik yang tepat dijamin tidak hanya membuat sirkulasi udara lebih baik. Namun juga membuat tampilan ruang tamu terkesan artistik dan modern.

Pilih desain ventilasi ruang tamu sesuai konsep rumah. Ada banyak varian model ventilasi, pastikan Anda memilih material dan model yang tepat. Sirkulasi udara dan cahaya lebih baik, serta tampilan terkesan artistik. (R10/HR-Online)