Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita CiamisDitinggal Kondangan, Rumah Warga Banjaranyar Ciamis Ludes Terbakar

Ditinggal Kondangan, Rumah Warga Banjaranyar Ciamis Ludes Terbakar

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ditinggal kondangan, rumah warga Dusun Purwasari, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (19/09/2022)

Rumah yang terbakar diketahui milik Sarimun (80) warga Dusun Purwasari, RT 05, RW 04, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar.

Saat kejadian, Sarimun sedang sakit dan terbaring di dalam rumah, sementara Wagirah, sang istri tengah pergi ke undangan.

Petugas Damkar Pos WMK Banjarsari, Dikri Nur Dena Tama mengatakan, kebakaran rumah milik Sarimun terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Saat kejadian pemilik rumah sedang pergi ke kondangan.

“Api pertama kali ditemukan oleh Wagirah saat pulang dari kondangan. Dimana saat itu ia melihat api sudah membara dan membakar rumahnya. Ia pun langsung berteriak minta tolong kepada tetangganya mengingat di dalam rumah ada suaminya yang sedang sakit,” katanya.

Mendengar teriakan dari Wagirah, warga pun langsung berdatangan dan menyelamatkan Sarimun yang saat itu sedang terbaring di dalam rumah.

“Alhamdulillah warga berhasil menyelamatkan Sarimun sebelum kami Tim Damkar sampai di lokasi kejadian” ujarnya.

Baca Juga: Gegara Sampah, Rumah Warga Ciamis Nyaris Kebakaran

Dikri mengatakan, setibanya tim ke lokasi bangunan semi permanen milik Sarimun sudah dalam kondisi hangus akibat dilalap si jago merah.

“Dugaan sementara kebakaran ini diakibatkan oleh adanya konsleting listrik. Bangunan yang terbakar merupakan bangunan semi permanen sehingga api dengan mudah merembet dan menghanguskan seluruh bangunan,” jelasnya.

Dari hasil asesmen tim Damkar, korban mengalami kerugian hingga mencapai Rp 50 juta, sementara akibat rumahnya luluh lantah dimakan api, keluarga korban kini diungsikan ke rumah anaknya. (Suherman/R7/HR-Online/Editor-Ndu)