Senin, September 26, 2022
BerandaBerita BisnisEkosistem Kewirausahaan Digital, Strategi Jitu Pemulihan Ekonomi

Ekosistem Kewirausahaan Digital, Strategi Jitu Pemulihan Ekonomi

Ekosistem kewirausahaan digital dapat menjadi strategi jitu dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi. Kewirausahaan digital merupakan upaya pemanfaatan teknologi informasi serta bisnis yang saat ini semakin banyak masyarakat minati. Maka tidak heran jika dalam setiap harinya banyak startup berbasis digital hingga online semakin menjamur.

Hal ini tentunya mampu memberikan beragam pilihan inovatif bagi masyarakat.

Baca Juga: Wirausaha Merdeka 2022 Program Pemerintah Khusus Mahasiswa

Ekosistem Kewirausahaan Digital Strategi untuk Pemulihan Ekonomi

Masa depan ekonomi digital dapat menjadi salah satu sektor yang akan dapat memberikan banyak kontribusi positif pada penguatan perekonomian Indonesia.

Hal ini terbukti dengan semakin menguatnya peran teknologi informasi dalam dunia bisnis. Terutama dengan hadirnya media sosial dalam konteks ekonomi digital, ini tentu memiliki perananan penting dalam membuka peluang usaha baru bagi masyarakat.

Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya fenomena kewirausahaan berbasis digital.

Baca Juga: Cara Melakukan Riset Pasar Online Melalui Media Sosial

Mengenal Ekosistem Wirausaha Berbasis Digital

Kewirausahaan digital berasal dari istilah kata “teknopreneur yang berarti “wirausaha digital” bisa juga gabungan antara “teknologi” dan “entrepreneur”. Secara lebih rinci, wirausaha digital merupakan suatu upaya pemanfaatan teknologi informasi dan bisnis yang semakin banyak digeluti oleh masyarakat.

Berdasarkan studi Chayapa & Cheng Lu (2018) terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan belanja online.

Salah satunya adalah terkait dengan kenyamanan. Saat ini, sebagian besar masyarakat tentu mengutamakan kenyamanan dalam berbelanja.

Dalam hal ini mereka akan menghindari keramaian dan berdesak-desakan saat berbelanja di pusat perbelanjaan.

Faktor kedua adalah mengenai kelengkapan informasi yang mudah dan cepat. Ekosistem kewirausahaan digital berkaitan dengan efisiensi biaya serta waktu saat berbelanja online yang dapat masyarakat lakukan kapan saja dan dimana saja.

Baca Juga: Ide Usaha Inovatif di Era Digital yang Menguntungkan, Simak!

Perananan Wirausaha Berbasis Digital

Ekosistem berbasis digital dapat membantu keseimbangan antara prioritas kesehatan serta ekonomi. Meskipun demikian, tidak dapat kita pungkiri bahwa terdapat beberapa tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM di masa pandemi ini.

Secara garis besar negara berupaya dalam memperkuat daya saing para pelaku usaha kecil serta mendorong mereka agar tetap dapat seiring sejalan dengan pelaku usaha besar.

Dengan hadirnya ekosistem kewirausahaan digital dapat menjadi salah satu pendorong pencapaian target pertumbuhan ekonomi 7% pada tahun 2025 mendatang.

Oleh karena itu, tidak heran juga saat ini hadir program Pemerintah yang ingin menciptakan 6 juta UMKM go digital.

Jika program tersebut terwujud, maka dapat kita pastikan bahwa jumlah UMKM yang berkemampuan e-commerce akan meningkat dari angka 8% menjadi 10%-12%.

Dengan pemanfaatan platform ecommerce akan mampu menstabilkan harga dengan lebih baik. Sehingga dapat memperpendek jarak antara produsen serta konsumen tanpa harus melalui mata rantai distribusi yang lebih panjang.

Selanjutnya, membangun ekosistem kewirausahaan digital dapat dipercaya dapat mendorong UMKM go digital. Hal ini tentunya dapat menarik banyak aktivitas ekonomi yang berpotensi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Ini termasuk dalam menciptakan inovasi serta ekosistem perekonomian Indonesia yang lebih inklusif. (R10/HR-Online)