Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita TerbaruFenomena September Equinox Segera Terjadi, Ini Dampaknya!

Fenomena September Equinox Segera Terjadi, Ini Dampaknya!

Fenomena September Equinox terjadi setiap tahun. September Equinox adalah salah satu fenomena astronomi yang harus Anda ketahui. Tentu saja fenomena luar angkasa ini akan memberikan dampak untuk Bumi.

Selama satu tahun terdapat total 12 bulan. Selama periode tersebut ada banyak hal yang terjadi, tidak terkecuali fenomena luar angkasa.

Seperti September Equinox contohnya. Fenomena ini rutin terjadi setiap tahun dan akan mempengaruhi kehidupan di Bumi. Lantas, apa sebenarnya yang terjadi ketika September Equinox?

Baca Juga: Fenomena Bulan Stroberi Mikro, Catat Jamnya Agar Tidak Ketinggalan!

Mengenal Apa Itu Fenomena September Equinox

Alam semesta ini sangatlah luas dan canggih. Tanpa Anda sadari, setiap komponen di alam semesta ini akan saling berhubungan satu sama lain.

Artinya, mereka juga bisa saja saling mempengaruhi pada waktu tertentu. Bumi sendiri berkaitan dengan berbagai macam benda di dalam Tata Surya, salah satunya Matahari.

Ada banyak sekali fenomena alam yang menunjukkan bahwa Matahari sangat berpengaruh terhadap Bumi, salah satunya melalui September Equinox.

September Equinox merupakan peristiwa yang terjadi ketika Matahari seolah bergerak melintasi ekuator langit atau garis khayal di ekuator Bumi.

Ketika sampai pada titik ini, maka Matahari akan bergerak dari utara menuju selatan. Ketika peristiwa ini terjadi, maka titik sumbu Bumi berada tegak lurus terhadap sinar Matahari.

Hasilnya, semua wilayah di Bumi akan mendapat jumlah jam sinar Matahari yang sama. Itulah mengapa peristiwa ini disebut ‘Equinox’ yang dalam bahasa latin berarti malam yang sama.

Baca Juga: Mengenal Fenomena Solstis yang Akan Terjadi 21 Juni Mendatang

Waktu Terjadinya September Equinox

September Equinox terjadi setiap tahun. Umumnya fenomena September Equinox ini akan berlangsung pada minggu ketiga di bulan September.

Peristiwa ini akan berlangsung pada tanggal 22,23, atau 24 September. Hal ini dapat berbeda karena Bumi mengalami tangga Equinox dan soltis yang bervariasi.

Selain perbedaan tanggal, variasi panjang tahun tropis di dalam orbit dan juga pergerakan rotasi harian Bumi juga akan sangat mempengaruhi waktu Equinox dan soltis.

Misalnya adalah gerak yang memiliki sifat rotasional pada Bumi atau presisi.

Baca Juga: Fenomena Konjungsi Bulan-Mars-Antares Hiasi Akhir Tahun

Dampak September Equinox Terhadap Bumi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap peristiwa alam pasti akan memberikan dampak tertentu, entah itu secara nyata atau tidak. Hari Equinox sendiri akan menjadi hari terbaik untuk menemukan arah ke timur dan arah ke barat saat melihat langit.

Alasannya karena saat momen ini terjadi, maka Matahari akan terbit dari timur dan terbenam di barat secara lebih tepat dan bersamaan di seluruh belahan Bumi.

Selain itu, September Equinox juga akan menjadi acuan pergantian musim. Sebab biasanya Equinox di bulan September akan menandai pergantian dari musim panas ke musim dingin di belahan Bumi utara.

Burung dan kupu-kupu akan mulai bermigrasi ke arah selatan untuk mengikuti jalur Matahari. Itu karena saat fenomena September Equinox ini terjadi, maka bagian selatan Bumi pada titik balik September akan menjadi titik balik musim semi. (R10/HR-Online)