Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruFungsi Antena Kupu-Kupu Beragam, Ini Penjelasannya!

Fungsi Antena Kupu-Kupu Beragam, Ini Penjelasannya!

Fungsi antena kupu-kupu bukan hanya sekedar hiasan. Kupu-kupu membutuhkan fungsi antena ini selama hidupnya. Tanpa antenanya, maka hewan satu ini mungkin tidak bisa bertahan di alam liar.

Kupu-kupu merupakan salah satu hewan yang terbang menggunakan sayap. Hewan ini juga sangat menarik karena sayapnya yang memiliki corak sangat indah.

Biasanya kupu-kupu akan aktif di siang hari untuk mencari makan. Bagian tubuh kupu-kupu memiliki fungsi tersendiri, termasuk antena kecil yang ada di kepalanya.

Baca Juga: Fungsi Ekor pada Hewan Ternyata Beragam, Ini Dia Daftarnya!

Apa Sebenarnya Fungsi Antena Kupu-Kupu?

Kupu-Kupu merupakan hewan yang identik dengan warna-warna indah. Sayap kupu-kupu hadir dengan berbagai warna dan corak tertentu yang sangat menawan.

Habitat asli kupu-kupu adalah di padang rumput, tanaman, dan juga hutan. Bahkan, sebagian kupu-kupu juga ada yang hidup di lereng gunung tinggi, lahan pertanian, dan juga puncak tebing.

Selama hidupnya, kupu-kupu akan memakan nektar yang ada di dalam bunga dan berbagai tumbuhan. Kupu-kupu sendiri termasuk hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

Sebelum menjadi kupu-kupu mereka adalah ulat biasa. Setelah bermetamorfosis, mereka menjadi kupu-kupu yang indah dengan bagian tubuh yang lebih banyak.

Jika Anda perhatikan, kupu-kupu memiliki antena di kepalanya. Terdapat dua antena yang berbentuk sedikit membulat bernama antennal club.

Antena tersebut sebenarnya memiliki fungsi sebagai berikut.

Baca Juga: Ratu Semut Rangrang, Apa Perannya di Dalam Suatu Koloni?

Mencari Makan

Fungsi pertama dan utama dari antena yang ada di hewan bersayap ini adalah untuk membantu dalam mencari makan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kupu-kupu akan memakan sari atau nektar bunga dan berbagai tumbuhan di sekitarnya. Untuk melakukan hal itu, maka kupu-kupu membutuhkan sensor tertentu.

Oleh karena itu, kupu-kupu menggunakan antenanya sebagai sensor. Antena kupu-kupu ini berguna untuk mencium bau nektar yang ada di sekitarnya.

Menjaga Keseimbangan

Selanjutnya, fungsi antena kupu-kupu adalah untuk membantu mereka menjaga keseimbangan. Kupu-kupu adalah hewan yang bergerak dengan terbang di udara.

Untuk bergerak, kupu-kupu tidak hanya membutuhkan sayap. Akan tetapi, mereka juga membutuhkan antenanya untuk menjaga keseimbangan selama terbang.

Dengan adanya antena tersebut, maka kupu-kupu bisa terbang tanpa terjatuh ke tanah. Beberapa kupu-kupu dapat terbang dengan jarak yang cukup jauh untuk mencari makan.

Baca Juga: Kenapa Kepiting Jalannya Miring? Ternyata Ini Alasan Utamanya!

Alat Sensor Komunikasi

Selain menjadi alat sensor untuk mencari makanan, antena pada kupu-kupu juga mereka gunakan sebagai sensor yang membantu dalam hal komunikasi.

Mereka dapat mengetahui hal-hal di sekitarnya karena keberadaan antena ini. Sensor pada kupu-kupu ini juga akan membantu mereka dalam mendeteksi bahaya dari musuh yang mengancamnya.

Sebenarnya antena bukanlah bagian tubuh yang paling utama dari kupu-kupu. Mereka memiliki sayap sebagai bagian terpenting pada tubuhnya.

Meski demikian, fungsi antena kupu-kupu sangat membantu mereka untuk bertahan hidup. Tanpa antenanya, maka kupu-kupu akan kehilangan arah dan bahkan akan terancam mati karena tidak dapat mendeteksi makanan di sekitarnya. (R10/HR-Online)