Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruFungsi Ekor pada Hewan Ternyata Beragam, Ini Dia Daftarnya!

Fungsi Ekor pada Hewan Ternyata Beragam, Ini Dia Daftarnya!

Fungsi ekor pada hewan masih jarang diketahui. Banyak yang berpikir fungsi ekor yang ada pada hewan hanya sebatas dekorasi. Padahal, keberadaan ekor di tubuh hewan sangat berguna untuk menunjang kehidupannya.

Hampir semua jenis hewan memiliki ekor. Ekor sendiri berada di bagian belakang tubuh hewan dengan bentuk yang berbeda-beda.

Bagian tersebut akan bergerak sesuai dengan keinginan sang hewan. Memang jika kita melihatnya, ekor hewan tampak menggemaskan.

Namun, apakah kamu tahu apa sebenarnya fungsi dari ekor tersebut?

Baca Juga: Ratu Semut Rangrang, Apa Perannya di Dalam Suatu Koloni?

Inilah 6 Fungsi Ekor pada Hewan

Apakah kamu menyadari bahwa setiap hewan di muka Bumi ini pasti memiliki ekor? Ekor yang ada pada hewan memiliki bentuk yang berbeda-beda.

Keberadaan ekor pada hewan tentu saja memiliki arti tersendiri. Berikut ini beberapa fungsi ekor yang sebenarnya.

Menjadi Alat Pertahanan Diri

Beberapa hewan memiliki ekor yang berguna sebagai alat pertahanan diri. Contohnya seperti kadal dan cicak yang biasanya bergerak dengan merayap di permukaan dinding.

Kedua hewan tersebut memiliki kemampuan autotomi yang membuat mereka akan memutus ekor untuk bisa berlari kencang sehingga lepas dari gigitan dan ancaman predator.

Media dalam Berkomunikasi

Hewan tidak memiliki bahasa seperti manusia. Sebagian besar hewan berkomunikasi dengan menggunakan ekor.

Seperti pada anjing misalnya. Mereka biasanya akan menggoyang-goyangkan ekor dengan semangat ketika gembira. Kemudian ekor kucing yang terangkat ketika ia sedang waspada.

Baca Juga: Kenapa Kepiting Jalannya Miring? Ternyata Ini Alasan Utamanya!

Membantu dalam Keseimbangan

Selanjutnya fungsi ekor pada hewan adalah untuk menjaga keseimbangan. Bagi kucing, ekor membantu mereka jalan dengan seimbang di ruang sempit seperti dahan pohon atau pagar.

Menarik Perhatian Lawan Jenis

Hewan juga harus berusaha dalam menarik perhatian lawan jenisnya. Beberapa jenis hewan menggunakan ekor untuk melakukan hal tersebut.

Seperti pada burung misalnya. Ekor burung merak yang sangat indah tersebut biasanya akan terbuka dengan warna yang sangat indah.

Ketika merak jantan mengembangkan ekornya, maka artinya mereka sedang mencoba untuk menarik perhatian merak betina di sekitarnya.

Membantu Hewan dalam Bergerak

Ekor yang ada pada ikan berfungsi sebagai alat pendukung pergerakan mereka. Dengan ekor dan sirip, maka ikan bisa mendorong tubuhnya di dalam air.

Alhasil, ikan bisa bergerak maju, berputar, menjaga posisi tegak atau bahkan berhenti. Tanpa ekor, pergerakan ikan akan sangat terhambat.

Baca Juga: Hewan yang Hidup di Gurun dengan Kondisi Gersang dan Ekstrim!

Mengusir Serangga Pengganggu

Kalau kuda, sapi, kerbau, dan beberapa hewan dengan ekor berbentuk rambut, memiliki fungsi untuk mengusir hewan serangga yang seringkali hinggap di tubuh mereka.

Serangga yang hinggap di tubuh mereka akan sangat mengganggu. Mereka akan mulai mengibaskan ekornya ketika ada serangga yang mendekat.

Nah, itulah beberapa fungsi ekor pada hewan sesungguhnya. Setiap hewan memiliki ekor dengan kegunaan yang berbeda-beda. Tetapi cukup penting untuk kehidupan mereka. (R10/HR-Online)