Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Noken As Motor, Cara Kerja dan Peran Penting pada Mesin

Fungsi Noken As Motor, Cara Kerja dan Peran Penting pada Mesin

Fungsi noken as motor atau camshaft berperan cukup penting. Noken as merupakan spare part motor yang fungsinya menentukan mati hidupnya mesin. Sebenarnya semua komponen motor penting, hanya saja perannya berbeda-beda.

Begitu juga dengan noken as, sebagai pemilik kendaraan tidak ada salahnya Anda tahu cara kerja dan fungsinya. Sehingga dengan begitu Anda dapat menjaga komponen secara tepat.

Baca Juga: Penyebab Idle Motor Tidak Stabil pada Tipe Injeksi, Ini Ulasannya

Fungsi Noken As Motor, Jangan Anggap Remeh

Camshaft pada mesin motor tentunya cukup penting. Fungsinya tidak bisa Anda remehkan begitu saja. Sebab komponen ini ibarat paru-paru pada sistem tubuh kendaraan.

Komponen tersebut berperan untuk mengatur buka tutup klep in-ex dalam silinder head. Komponen tersebut juga mempengaruhi kinerja terhadap performa pada mesin motor 4 tak.

Noken as berperan untuk mengatur dan menggerakkan katup dengan proses mendorong dua tonjolan yang digerakkan oleh timing chain atau rantai kamprat yang terhubung dengan kruk as.

Klep in yang terdorong terbuka dan mendorong klep ex agar gas sisa pembakaran terbuang keluar menuju exhaust. Komponen ini dapat mengatur buka tutup klep yang mempengaruhi pasokan bahan bakar dan udara.

Sehingga menghasilkan tenaga untuk sepeda motor. Noken as bekerja semakin optimal saat membuka pada waktu yang tepat dan bekerja menurut durasi tertentu.

Baca Juga: Penyebab Klep Motor Bengkok dan Cara Mengatasinya

Cara Kerja Noken As

Selain mengetahui fungsi noken as motor, ada baiknya jika Anda tahu cara kerjanya. Secara umum cara kerja komponen yang satu ini yaitu mampu menggerakkan klep agar terdorong untuk menggerakkan rantai keteng.

Klep secara otomatis akan terbuka jika noken as terbuka. Udara serta bahan bakar dapat masuk ke ruang bakar. Komponen tonjolan lain mendorong klep ex, saat itu gas sisa-sisa pembakaran dibuang.

Kinerja noken as terus berulang. Saat klep terbuka bahan bakar masuk ke ruang bakar dan tenaga mesin dapat dihasilkan.

Baca Juga: Ukuran Piston Motor, Sesuaikan dengan Tipe Kendaraan

Pengaruh Noken As Terhadap Mesin

Mengingat fungsi noken as motor cukup penting tentu Anda harus bisa merawatnya secara tepat.

Hal ini bertujuan agar kinerja komponen dapat bekerja secara optimal. Sehingga dapat menjaga serta merawat setiap komponen secara berkala.

Noken as adalah komponen yang berpengaruh pada pergerakan buka tutup klep. Hal ini berpengaruh pada masuknya bahan bakar ke ruang bakar. Hasil kinerja komponen pada mesin memiliki pengaruh yang cukup besar.

Meski demikian, adanya modifikasi noken as masih bisa Anda lakukan. Ada hal penting yang perlu Anda lakukan yaitu terletak pada pemasangan alat, sehingga mampu menghasilkan timing buka dan tutup.

Mengingat perannya yang cukup penting sebagai pemilik motor Anda perlu tahu setiap fungsi komponen. Hal ini juga termasuk pada komponen noken as. Ada baiknya jika Anda tahu fungsi noken as motor, cara kerja dan pengaruh pentingnya terhadap mesin kendaraan. (R10/HR-Online)