Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Sel Kersik yang Ada di Batang Tumbuhan, Apa Itu?

Fungsi Sel Kersik yang Ada di Batang Tumbuhan, Apa Itu?

Fungsi sel kersik terdapat di batang tumbuhan. Sel kersik ini memiliki fungsi yang sangat penting dan terdapat di jaringan epidermis. Keberadaan sel ini membuat tumbuhan dapat hidup dengan maksimal.

Tumbuhan memiliki struktur yang sangat baik di dalam tubuhnya. Mereka memiliki banyak sel dan juga jaringan yang akan membantu proses bertumbuh dan bertahan hidup mereka.

Salah satu sel tersebut bernama kersik. Sel ini berada di jaringan epidermis dan memiliki peran yang cukup penting. Apa itu? Simak di sini bersama-sama!

Baca Juga: Fungsi Tangkai Putik pada Bunga Beserta Struktur-strukturnya!

Pengertian dan Fungsi Sel Kersik

Tumbuhan hidup berdampingan dengan manusia. Kamu akan dengan mudah menemukan keberadaan tumbuhan di sekitar karena memang jumlah mereka yang berlimpah.

Jenis tanaman juga sangat banyak. Menariknya lagi, sebagian besar dari mereka memiliki struktur tubuh yang sama.

Mereka memiliki jaringan epidermis di tubuhnya. Di dalam jaringan tersebut, terdapat satu sel penting bernama kersik.

Sel kersik tersebut adalah bagian dari sel epidermis yang di dalamnya berisi silika. Kandungan silika pada sel kersik inilah yang menjadikannya sangat penting.

Baca Juga: Tumbuhan Berdaun Tunggal, Inilah Pengertian Hingga Contohnya!

Kandungan Silika untuk Menguatkan Batang

Jika kamu belum tahu, silika merupakan suatu jenis mineral. Penyusun utama dari silika adalah silikon dioksida (Si02).

Dua unsur yang menyusun silika adalah silikon (Si) dan juga oksigen (O2). Keduanya merupakan unsur yang paling banyak ditemukan di alam.

Unsur silika ternyata ada di dalam sel kersik. Hal itu membuat fungsi sel kersik adalah untuk membuat permukaan batang menjadi lebih keras.

Dengan kata lain, tanpa sel kersik yang mengandung silika di dalamnya, maka batang pada tumbuhan akan rapuh dan sangat rentan patah. Itulah yang menjadi alasan kenapa sel kersik ini sangat penting.

Baca Juga: Fungsi Gas Etilen pada Tumbuhan dan Industri Kimia, Ini Dia!

Mengenal Jaringan Epidermis

Sel kersik pada tumbuhan merupakan bagian dari jaringan epidermis mereka. Apakah kamu sudah mengetahui apa itu jaringan epidermis?

Jaringan epidermis berasal dari protoderm atau jaringan meristem. Epidermis merupakan lapisan terluar dari organ tumbuhan.

Keberadaan jaringan ini akan membentuk sebuah lapisan yang menutup semua permukaan luar tumbuhan.

Pada umumnya, lapisan epidermis terdiri dari satu lapis saja dengan bentuk dan ukuran yang beragam. Namun beberapa jaringan epidermis pada tumbuhan juga memiliki beberapa lapisan.

Fungsi utama dari jaringan epidermis adalah untuk melindungi jaringan di dalam tumbuhan. Epidermis akan melindungi jaringan tersebut dari kerusakan mekanik dan serangan hama serta berbagai penyebab penyakit.

Selain itu, epidermis juga berfungsi menjadi tempat pertukaran zat tumbuhan. Adapun epidermis dapat ditemukan di beberapa tempat yaitu seperti di akar, batang, dan juga daun.

Sel kersik menjadi salah satu dari komponen jaringan epidermis yang ada di bagian batang. Fungsi sel kersik ini adalah untuk menguatkan atau mengeraskan batang tumbuhan. (R10/HR-Online)