Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita NasionalHacker Bjorka Muncul Lagi, Kali Ini Mengolok-olok Tindakan Pemerintah RI

Hacker Bjorka Muncul Lagi, Kali Ini Mengolok-olok Tindakan Pemerintah RI

Hacker Bjorka muncul lagi setelah sebelumnya membocorkan data pribadi sejumlah pejabat tinggi Pemerintah RI hingga viral melalui media sosial. Termasuk data Presiden RI Jokowi (Joko Widodo).

Kemunculan hacker Bjorka kali ini mengolok-olok tindakan pemerintah yang mengklaim berhasil mengidentifikasi dan menangkap orang yang disebut sebagai dirinya.

Pihak Pemerintah RI memang telah menangguhkan beberapa akun Twitter milik Bjorka. Sejauh ini sosok yang menamakan Bjorka sendiri belum membuat akun baru. Meski begitu, komentar hacker tersebut muncul pada forum Breached.

“Lol. Pemerintah Indonesia merasa sudah berhasil mengidentifikasi ku berdasarkan misinformasi Dark Tracer yang sudah memberi layanan palsu kepada Pemerintah Indonesia. Sekarang Pemerintah Indonesia menahan dan menginterogasi anak itu. Buat Dark Tracer, ini dosamu karena telah menyampaikan informasi yang salah kepada para idiot,” tulis Bjorka dalam Bahasa Inggris yang telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, seperti dikutip Kamis (15/09/2022).

Hacker Bjorka muncul lagi. Usai kasus tersebut beredar, memang ada dua orang pemuda terduga sebagai hacker Bjorka. Pemuda pertama merupakan orang Cirebon berdasarkan hasil analisis Volt Anonym yang menyebut Bjorka adalah ‘hacker wannabe’.

Kemudian, pemuda kedua yaitu orang Madiun. Polisi juga mengamankan pemuda tersebut dengan dugaan ada keterlibatan terkait hacker Bjorka. Namun, polisi sejauh ini belum memberikan keterangan soal penangkapan pemuda tersebut.

Baca Juga : Demo Tolak BBM Naik, Mahasiswa di Gorontalo Hina Presiden

“Hacker wannabe pun ngasih mins informasi melalui Instagram Volt_Anonym. Walaupun aku tidak pernah punya Instagram dan TikTok,” tulis Bjorka.

Hacker Bjorka Muncul Lagi Bocorkan Rencana Penggantian Menkominfo

Masih dalam forum yang sama, hacker Bjorka muncul lagi dan mengklaim dapat informasi kalau Presiden Jokowi bakal mengganti Johnny G Plate, Menkominfo RI.

Bjorka mengaku mendapatkan informasi tersebut dari temannya yang bekerja di Istana Negara bahwa Presiden Jokowi akan mengganti Menkominfo Johnny G Plate.

“Bagus Bapak Presiden, pastikan nanti penggantinya orang yang mahir dalam teknologi, bukan orang idiot yang berasal dari partai, tentara atau polisi. Karena semuanya tidak ada gunanya,” tulis hacker Bjorka.

Hacker Bjorka Bobol 679 Ribu Data Milik Presiden Jokowi

Hacker Bjorka muncul lagi setelah berhasil membobol 679 data milik Presiden RI. Meski Bjorka tidak menyebut nama, namun sepertinya itu menyasar ke Jokowi.

Baca Juga : Oknum ASN Sinjai Tendang Pengendara Berujung Dipolisikan, Netizen: Pecat!

Informasi mengenai bocornya data tersebut melalui Twitter pada Jumat (09/09/2022) lalu. Salah satu pengunggahnya adalah akun bernama darktracer_int.

“(Peringatan) Dokumen dan Transaksi Surat Presiden RI sebanyak 679 ribu telah dibocorkan oleh aktor jahat bernama Bjorka ke deep web,” tweet darktracerint.

Akun tersebut juga menyematkan satu tangkapan layar yang berhasil hacker Bjorka bobol dan menyebarkannya ke forum hacker. Tangkapan layar itu menunjukkan data-data Jokowi.

Keterangan dari gambar tangkapan layar itu menyebutkan bahwa data tersebut berisi transaksi dokumen dan surat yang dikirim kepada Presiden RI. Termasuk surat-surat yang dikirim BIN (Badan Intelijen Negara) dengan label rahasia.

Bjorka Bocorkan Data Presiden RI

Hacker Bjorka mengunggah data-data itu ke Breach Forums, Jumat (09/09/2022), pukul 13.21 WIB.

Sebelumnya Bjorka juga mengumumkan bahwa Presiden Indonesia yang akan menjadi target berikutnya. Hal itu ia lakukan melalui saluran telegramnya.

Sejauh ini Kominfo sendiri belum merespons pengumuman dari hacker Bjorka yang muncul lagi. Begitu pula dengan klaim yang sudah membocorkan 679 ribu data Presiden RI. (R3/HR-Online/Editor-Eva)