Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruHewan dengan Jam Tidur Paling Lama, Ada yang Sampai 20 Jam!

Hewan dengan Jam Tidur Paling Lama, Ada yang Sampai 20 Jam!

Hewan dengan jam tidur paling lama bukan berarti malas. Jam tidur lama pada hewan sudah menjadi gaya hidup mereka. Hal itu bahkan menjadi keunikan dari hewan tersebut.

Seperti manusia, hewan juga membutuhkan waktu tidur. Namun, setiap hewan memiliki waktu tidur yang berbeda.

Beberapa dari mereka membutuhkan waktu yang sebentar, namun ada juga yang sangat lama. Bahkan, mereka bisa menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk tidur.

Baca Juga: Fungsi Antena Kupu-Kupu Beragam, Ini Penjelasannya!

6 Hewan dengan Jam Tidur Paling Lama

Di Bumi ini hewan sangat beragam. Tingkah laku dan gaya hidup setiap jenis hewan juga berbeda-beda.

Seperti hewan mamalia. Mereka membutuhkan jam tidur yang terbilang lama, bahkan melebihi manusia yang biasanya hanya 6 hingga 8 jam sehari.

Waktu tidur hewan tersebut tergantung dari sejumlah faktor tertentu, seperti jenis makanan yang mereka konsumsi, pola makan, hingga cuaca.

Beberapa jenis hewan bahkan ada yang menghabiskan hari-hari dalam hidupnya sebagian besar untuk tidur karena waktunya yang sangat lama. Berikut ini beberapa daftarnya.

Kucing

Hewan lucu dan menggemaskan yang sering menjadi peliharaan manusia ini ternyata memiliki jam tidur yang cukup panjang.

Rata-rata kucing akan tidur selama 11 hingga 12 jam setiap harinya. Hewan menggemaskan ini biasanya akan tidur di siang hari dan aktif pada malam hari.

Harimau

Harimau sebenarnya memiliki banyak kesamaan dengan kucing rumahan dalam hal pola tidur mereka. Hewan buas ini rata-rata akan menghabiskan waktu 16 jam dalam sehari untuk tidur.

Biasanya tempat kesukaan mereka untuk tidur adalah lbang air dangkal karena suhu tersebut dingin sehingga tidak ada serangga yang mengganggu.

Baca Juga: Fungsi Ekor pada Hewan Ternyata Beragam, Ini Dia Daftarnya!

Tupai

Selanjutnya ada tupai yang lebih sering menghabiskan waktunya di atas pohon. Hewan mungil ini ternyata memiliki jam tidur yang cukup lama.

Tupai menghabiskan 13 hingga 14 jam sehari untuk tidur. Itulah kenapa tupai termasuk ke dalam jajaran hewan dengan jam tidur paling lama.

Babi

Mamalia ini juga memiliki jam tidur yang cukup lama. Waktu tidur babi mirip seperti tupai, yaitu 13 jam per harinya.

Adapun habitat babi tersebar hampir di seluruh dunia. Babi hutan, nenek moyang semua babi peliharaan banyak ditemukan di Eurasia, Jepang, India, Afrika, dan Irlandia.

Lemur

Selanjutnya ada hewan yang berasal dari Madagaskar, yaitu lemur. Hewan ini menjadi primata satu-satunya di dunia yang melakukan hibernasi.

Setiap harinya, lemur akan menghabiskan waktu untuk tidur hingga 16 jam. Lemur juga berkerabat dekat dengan manusia sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai bagaimana mereka tertidur.

Baca Juga: Ratu Semut Rangrang, Apa Perannya di Dalam Suatu Koloni?

Sloth

Pemegang tahta hewan dengan waktu tidur terlama adalah sloth. Bagaimana tidak, mamalia satu ini bisa tidur hingga 20 jam setiap harinya.

Namun begitu, durasi tidur sloth juga dapat bervariasi, menyesuaikan dengan keadaan lingkungan yang berubah kapan saja. Selain menjadi hewan dengan jam tidur paling lama, sloth juga terkenal sebagai hewan pemalas dan lambat. (R10/HR-Online)