Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita BanjarIni Alasan Warga Bebaskan dan Kasih Ongkos Pulang Pelaku Pencurian Kotak Amal...

Ini Alasan Warga Bebaskan dan Kasih Ongkos Pulang Pelaku Pencurian Kotak Amal Masjid di Banjar

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Warga akhirnya membebaskan perempuan pelaku pencurian kotak amal Masjid Al-Mubarokah, Lingkungan Cibulan, RT 3/4, Kelurahan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat. Pasalnya, pelaku pencurian tersebut mengalami gangguan jiwa.

Hal itu dikatakan Kapolsek Banjar Kompol Sudi Hartono, saat dikonfirmasi perihal kasus pencurian kotak amal yang terjadi di Lingkungan Cibulan tersebut.

“Betul yang bersangkutan sudah kita amankan di Polsek Banjar,” kata Kompol Sudi Hartono kepada wartawan, Kamis (8/9/2022).

Kronologi Pelaku Pencurian Kotak Amal Masjid di Kota Banjar

Lanjutnya menjelaskan, dari keterangan kronologi berawal saat perempuan tersebut berjalan kaki dari arah Cidolog ke Cimaragas. Kemudian bertemu dua orang pria inisial D dan R.

Kedua pria itu lalu membonceng perempuan tersebut menuju ke arah alun-alun Kota Banjar.

Baca Juga: Sat Reskrim Polres Banjar Bekuk Pelaku Curanmor

Sesampainya di sana, kemudian berhenti dan perempuan itu disuruh masuk ke salah satu masjid untuk mengambil kotak amal masjid.

Perempuan itu masuk ke dalam masjid dengan cara mencongkel pintu masjid dengan menggunakan linggis yang D beri atau fasilitasi.

“Uang dalam kotak amal berisi sebanyak Rp 1.355.000. Warga memergoki pelaku pencurian kotak amal masjid, dan selanjutnya membawanya ke Polsek Banjar,” jelasnya.

Baca Juga: Pencurian Kotak Amal di Banjar, Terduga Pelaku Gangguan Jiwa?

Lebih lanjut ia menambahkan, perempuan tersebut merupakan warga Desa Sukarame Kabupaten Tasikmalaya. Sementara dari hasil pemeriksaan, perempuan tersebut mengalami gangguan kejiwaan.

Petugas, kata Kompol Sudi, sudah menerjunkan anggota ke Cidolog dan Cimaragas untuk mengejar dua orang pria yang membawa perempuan tersebut. Namun setelah mengecek ke pangkalan ojek, ternyata tidak ada dua nama orang itu.

“Untuk yang perempuan warga Kabupaten Tasikmalaya. Kondisi kejiwaannya agak terganggu (tidak normal),” katanya.

“Kami juga sudah cek ke wilayah Cidolog dan Cimaragas. Akan tetapi setelah kita cek ke pangkalan ojek, tidak ada nama D dan R,” imbuhnya.

Pelaku Pencurian Kotak Amal Masjid Dikasih Ongkos Pulang

Sementara itu, perwakilan DKM Al-Mubarokah, Yadi Mulyadi, mengatakan, pihaknya tidak mempermasalahkan aksi perempuan tersebut, karena memiliki gangguan kejiwaan.

Pihaknya justru memberikan sedikit ongkos untuk kepulangan perempuan tersebut. Sedangkan perempuan tersebut juga mengembalikan uang hasil curian dari kotak amal masjid.

“SDM-nya agak kurang. Pelaku pencurian juga sudah mengembalikan uang kotak amal masjid. Sementara untuk kepulangan, akan dibantu oleh petugas,” katanya saat di Mapolsek Banjar didampingi ketua RW setempat Entis Sutisna. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)