Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita BisnisInstrumen Investasi Jangka Menengah dan Contohnya

Instrumen Investasi Jangka Menengah dan Contohnya

Instrumen investasi jangka menengah cukup bervariasi. Investasi jangka menengah memiliki instrumen dengan berbagai macam pilihan. Perlu diingat jika kegiatan investasi cukup beragam.

Ada banyak varian investasi yang bisa Anda jadikan pilihan. Salah satunya jenis investasi jangka menengah. Lantas instrumen apa saja yang bisa Anda jadikan pilihan? Simak penjelasan yang kami berikan berikut ini.

Baca Juga: Pengertian Pialang Berjangka dan Jenisnya dalam Investasi

Mengenal Instrumen Investasi Jangka Menengah

Kegiatan investasi menjadi salah satu cara untuk membantu mempersiapkan kebutuhan finansial masa depan. Investasi adalah pembelian yang bertujuan untuk kebutuhan dalam bentuk produksi.

Tujuannya untuk mengembangkan modal usaha agar menghasilkan keuntungan. Mungkin ada yang beranggapan menabung menjadi solusi yang tepat.

Namun jika hanya mengandalkan tabungan saja rasanya belum cukup. Sehingga, dengan menjalankan investasi membantu mempersiapkan kebutuhan lebih aman dan menguntungkan.

Dalam berinvestasi ada jangka waktu yang membedakan kegiatan tersebut. Ada investasi jangka pendek, menengah, dan panjang. Kali ini kita akan membahas investasi jangka menengah.

Investasi ini memiliki jangka waktu yang tidak terlalu lama atau cepat. Investasi ini biasanya memiliki kurun waktu antara 1-5 tahun.

Untuk berbagai macam tujuan ada beberapa instrumen yang bisa Anda jadikan pilihan. Instrumen tersebut yang bisa Anda pilih antara lain:

Baca Juga: Cara Menghitung Holding Period Return dalam Investasi Saham

Emas

Salah satu jenis instrumen investasi jangka menengah yang cukup diminati yaitu emas. Emas menjadi instrumen yang mampu memberikan keuntungan cukup stabil.

Sebaiknya perhatikan jangka waktu investasi mengingat harga emas yang terus naik. Alangkah baiknya jika emas berupa logam mulia bisa dijadikan tujuan finansial 4-5 tahun mendatang.

Jika Anda memiliki dana cash ada baiknya segera belikan emas murni atau logam mulia. Beli dari nilai yang paling kecil sesuai kemampuan. Adapun platform yang bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk menabung emas, pilih yang terbaik dan terpercaya.

Baca Juga: Jenis Investasi Pribadi, Sesuaikan dengan Kemampuan Anda

Sukuk Ritel

Selain instrumen investasi jangka menengah yang pertama, masih banyak jenis lainnya. Jenis instrumen yang satu ini pemerintah terbitkan sesuai syariat agama Islam.

Sukuk ritel penerbitnya adalah pemerintah untuk seluruh WNI. Instrumen ini untuk mendukung pembangunan nasional dan pembangunan infrastruktur Indonesia.

Pemesanan sukuk ritel minimal 1 juta, namun mampu memperoleh keuntungan yang cukup besar. Imbal hasil akan dibayarkan setiap bulan dan sukuk ritel bisa diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik.

Selain kedua instrumen tersebut masih banyak jenis lainnya. Misalnya obligasi negara ritel (ORI), reksadana pendapatan tetap dan reksadana. Dengan mengetahui jenis instrumen yang tepat maka membantu Anda mendapatkan keuntungan sesuai kebutuhan.

Sebaiknya pilih jangka waktu dengan instrumen tepat. Sehingga Anda dapat menentukan hasil keuntungan sesuai kebutuhan. Instrumen investasi jangka menengah cukup beragam, tentukan pilihan instrumen dengan tahu pengertian dan tujuannya. (R10/HR-Online)