Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita CiamisJembatan Cidahu di Cipaku Ciamis Rusak Parah, Masyarakat Minta Pemkab Perbaiki

Jembatan Cidahu di Cipaku Ciamis Rusak Parah, Masyarakat Minta Pemkab Perbaiki

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Jembatan Cidahu di Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, saat ini kondisinya rusak parah dan sangat memprihatinkan. Keberadaan Jembatan Cidahu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena menjadi akses penghubung antara Desa Gereba dan Bangbayang, Kecamatan Cipaku.

Ironisnya, meski kerusakan jembatan sudah berlangsung lama, namun sampai sekarang tak kunjung mendapat perbaikan. Kondisi jembatan yang rusak kerap menjadi pemicu kecelakaan.

Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan, pengguna jalan minta Pemerintah Kabupaten Ciamis segera melakukan perbaikan.

Wardi, salah seorang pengguna jalan asal Desa Sukawening, Kecamatan Cipaku mengatakan, kondisi Jembatan Cidahu bukan hanya sebagai penghubung antar desa. Tapi juga sebagai penghubung antar kecamatan.

Selain itu, status Jembatan Cidahu di Cipaku ini masuk sebagai jalan kabupaten yang bisa tembus ke Kecamatan Sadananya. Sehingga akses jembatan tersebut setiap harinya ramai dilewati masyarakat pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat.

Baca Juga : Tebing Sungai Cilimus di Cipaku Ciamis Longsor, Jalan Desa Terancam Amblas

“Kerusakan jembatan yang sudah begitu lama belum ada pertanda pemerintah akan segera membangunnya. Kondisi kerusakan jembatan kini semakin parah dan menjadi sempit, makanya sering memicu terjadinya kecelakaan,” kata Wardi kepada harapanrakyat.com, Kamis (14/09/2022).

Didi, warga setempat membenarkan, bahwa kondisi Jembatan Cidahu semakin memprihatinkan. Ruas jalan jembatan yang menyempit mengakibatkan banyak pengendara motor mengalami kecelakaan.

“Untuk mengantisipasi hal yang tidak kita inginkan maka dipasang beril dan tali pembatas jalan. Tapi kecelakaan tetap saja terjadi,” ujarnya.

Berdasarkan informasi, lanjut Didi, Jembatan Cidahu akan segera dibangun. Namun entah apa sebabnya hingga saat ini belum juga terlaksana pembangunannya.

Keinginan tersedia fasilitas jembatan yang representatif bukan hanya dambaan pengguna jalan. Akan tetapi sebagai warga yang dekat dengan lokasi jembatan juga betul-betul mendambakannya.

“Semoga saja pada tahun ini Pemkab Ciamis dapat merealisasikan apa yang kita harapkan. Sebab, selama kondisi Jembatan Cidahu di Cipaku seperti ini, kecelakaan akan terus bertambah,” pungkasnya. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)